window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Beli Mobil Bekas dari Dealer Wajib Lakukan 3 Hal Ini, Biar Gak Rugi Dikemudian Hari

Prasetyo · 6 Jul, 2022 16:06

Beli Mobil Bekas dari Dealer Wajib Lakukan 3 Hal Ini, Biar Gak Rugi Dikemudian Hari 01

  • Beli mobil bekas sebaiknya pilih dealer yang memberikan garansi.
  • Anda bisa juga manfaatkan layanan jasa inspeksi mobil bekas.
  • Membeli mobil bekas yang bergaransi tentu lebih memberikan rasa aman di kemudian hari.

Membeli mobil bekas merupakan alternatif ketika Anda ingin memiliki kendaraan namun dana yang ada tak mencukupi membeli mobil baru. Pasar mobil bekas juga belakangan ini semakin tumbuh subur akibat adanya konsumen yang beralih dari kepemilikan roda dua ingin naik kelas memiliki mobil.

Saat membeli mobil bekas juga ada dua opsi, pertama membeli dari pemakai langsung, atau membeli dari dealer mobil bekas. Keduanya tentu mempunyai kelebihan dan kekurangan masing-masing.

Maraknya dealer-dealer mobil bekas memang memudahkan ketika hendak mencari kendaraan yang diinginkan dan sesuai budget. Ini lantaran ragam pilihannya jadi sangat banyak. Tapi perlu diingat, beli mobil bekas di dealer perlu memperhatikan beberapa hal penting. Jika tidak, malah menjadi beban bagi Anda di kemudian hari.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Baca juga : Risiko Gampang Tergiur Mobil Bekas dengan Kilometer Tinggi yang Harganya di Bawah Pasaran

1. Pastikan Cek Kondisi Mobil dengan Detail

Beli Mobil Bekas dari Dealer Wajib Lakukan 3 Hal Ini, Biar Gak Rugi Dikemudian Hari 01

Manfaatkan jasa inspeksi mobil bekas yang kini sudah semakin marak

Langkah awal sebelum membeli mobil bekas, sebaiknya lakukan pengecekan secara detail. Mulai bagian eksterior, interior, hingga mesin. Pengecekan lainnya yang juga perlu diperhatikan apakah mobil tersebut telah bebas dari terendam banjir dan tabrakan besar. Pastikan juga cek keabsahan dokumen kendaraan tersebut.

Jika Anda merasa kurang paham dalam menilai apakah mobil tersebut dalam kondisi baik, bukan bekas tabrakan atau banjir, maka bisa manfatakan jasa inspeksi mobil bekas. Misalnya yang disediakan Otospector atau penyedia jasa inspeksi mobil bekas lainnya.

2. Pilih Dealer Mobil Bekas Berkualitas

Beli Mobil Bekas dari Dealer Wajib Lakukan 3 Hal Ini, Biar Gak Rugi Dikemudian Hari 02

Pilih dealer yang sudah lakukan inspeksi ketat terhadap unit yang dijualnya

Apabila Anda ingin mendapat kepuasan saat membeli mobil bekas, maka manfaatkanlah jaringan deler mobil bekas berkualitas. Satu diantaranya melalui Carsome Experience Center yang sudah tersebar di beberapa daerah di Indonesia.

Atau bisa juga ke jaringan dealer rekanan Otospector yang tersebar di Jabodetabek, Bandung, Yogyakarta, dan Surabaya. Karena dealer seperti ini umumnya sudah melakukan inspeksi ketat di seluruh bagian unit mobil yang dijualnya. Misalnya Carsome yang melakukan inspeksi di 175 titik untuk memastikan unit mobil yang akan dijual dalam kondisi baik.

Baca juga : Berencana Beli Mobil Bekas Untuk Pertama Kali? Ketahui Biaya Tambahan yang Perlu Disiapkan

3. Beli Mobil Bekas Bergaransi

Beli Mobil Bekas dari Dealer Wajib Lakukan 3 Hal Ini, Biar Gak Rugi Dikemudian Hari 03

Pilih dealer yang berani memberikan garansi panjang

Nah ini yang juga penting, beli mobil bekas sebaiknya kini pilih yang bergaransi. Karena bukan cuma dealer mobil baru, dealer mobil bekas juga sudah banyak yang memberikan garansi terhadap unit yang dijualnya.

Antara lain Carsome yang memberikan garansi selama satu tahun untuk bagian mesin, transmisi, hingga AC. Carsome juga memberikan garansi uang kembali seutuhnya selama 5 hari jika ternyata ada kendala dan konsumen berubah pikiran mengenai mobil yang telah dibelinya.

Kemudian ada juga dealer rekanan Otospector yang memberikan garansi mulai dari 1 bulan hingga 1 tahun dengan sistem Paket Garansi yang bisa diklaim hingga Rp50 juta. Paket garansi ini bahkan mencangkup komponen ECU.

Baca juga : Carsome Experience Center Kini Hadir di Depok, Beli Mobil Bekas Berkualitas Lebih Mudah

Prasetyo

Editor

Menggeluti bidang jurnalistik otomotif sejak 2009 selaras dengan hobinya dalam memodifikasi mobil. Apalagi karakteristik yang berbeda dari setiap kendaraan yang dibuat oleh masing-masing pabrikan, terus menumbuhkan minatnya di dunia otomotif hingga saat ini.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Cek penawaran terbaik dalam 24 Jam!

Honda Jazz MT

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil