window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Beli Mobil Bekas Tiba-tiba AC Bermasalah, Pilih Servis Apa Pasang Baru?

Herdi · 7 Des, 2022 19:02

Ilustrasi posisi AC mobil BMW lama

Ketika beli mobil bekas, sudah jadi hal lumrah bagi kita melakukan berbagai pengecekan. Tak terkecuali Air Conditioning atau AC, yang sudah jadi fitur wajib pada sebuah mobil. 

Hal ini tak lepas dari fungsi AC yang selalu dibutuhkan, baik saat kondisi cuaca panas maupun hujan. Apalagi saat bepergian, keberadaan AC akan membuat penumpang maupun pengemudi lebih nyaman, karena udara di kabin jadi tetap segar.

Ilustrasi posisi AC mobil BMW lama

Motuba juga wajib AC normal 

Oleh karena itu, meski saat beli mobil bekas kondisi AC terasa normal, bisa saja seiring waktu pemakaian, AC mengalami masalah. Lalu bagaimana solusinya? 

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Tentu saja, pertanyaan ini bisa saja terjadi. Untuk jawabannya ada dua opsi, yaitu melakukan perbaikan atau servis, bisa juga dengan pemasangan ulang.

Baca juga: Perbedaan AC Single Blower dan Double Blower, Gak Cuma Bikin Lebih Dingin

Service AC Mobil

Ilustrasi AC mobil tidak dingin

AC mobil tidak dingin jangan dibiarkan terlalu lama

Service AC jadi hal yang perlu dilakukan ketika membeli mobil bekas. Sebab, kita memang tidak tahu bagaimana cara si pemilik mobil terdahulu memperlakukan bagian AC. Apakah memang sering dipakai atau tidak. Atau, rajin di service atau tidak. 

Namun masalah yang mungkin saja terjadi yaitu AC kurang dingin, atau hanya keluar angin. Bahkan bisa juga tidak lagi menyala sama sekali. 

Ilustrasi pengecekan freon AC mobil

Pengisian freon AC mobil

Untuk mengatasinya, ada beberapa komponen AC yang perlu dicek maupun service, seperti bagian blower, kondensor, filter, evaporator dan lainnya. Jika masih bisa diservis maka sebaiknya filter AC ganti baru, kemudian evaporator dibersihkan, dan freon diisi ulang.

Jika diperlukan, bisa juga dilakukan vacum oli kompresor. Lebih jauh lagi, bisa juga diperiksa flushing system saluran AC, dan beberapa bagian dilakukan pengganti, tergantung kebutuhan dan usia komponen.

Ilustrasi pengecekan freon AC mobil

Pengecekan freon AC mobil

Untuk service AC sendiri sejatinya tergantung bagian mana saja yang dicek. Sebab, jika hanya sekadar diperiksa atau dibersihkan, estimasi waktu bisa 15-60 menit, tergantung kerumitan. Sedangkan jika dilakukan berbagai penggantian komponen, maka dapat memakan waktu hitungan jam atau 1-2 hari kerja.

Baca juga: Ketahui Penyebab AC Mobil dan Kabin Muncul Bau Tak Sedap, Bikin Nggak Nyaman

Pasang AC Mobil

Ilustrasi head unit dan AC mobil pada dashboard

Tombol kontrol AC mobil biasanya di bawah head unit

Nah, jika Anda merasa AC pada mobil perlu diganti alias pasang baru, maka harus lebih sabar, karena perlu dipersiapkan terlebih dahulu berbagai macam komponen yang akan digunakan. Belum lagi waktu pemasangan akan lebih lama dibandingkan sekadar service.

Adapun beberapa komponen yang perlu dipersiapkan yaitu, mulai dari blower, kondensor, filter, evaporator, pipa, selang, lebel, high pressure switch – low pressure switch atau HPS-LPS, expansion valve, dan yang lainnya. 

Ilustrasi head unit dan AC mobil pada dashboard

Tuas AC mobil ada juga yang berbentuk knop potar

Tentu saja sebaiknya lakukan pemasangan di bengkel spesialsi AC mobil yang sudah Anda percaya. Mengingat proses pemasangan sangat rumit dan butuh biaya tak sedikit.

Baca juga: AC Mobil Harus Tetap Menyala Saat Turun Hujan Lebat, Apa Alasannya?

Biaya Service dan Pasang AC Mobil

Hal yang harus dipersiapkan ketika melakukan service atau pasang AC di mobil bekas tentu saja budget yang wajib perhitungkan. Selain itu, baik service maupun pasang AC mobil, Anda juga harus membayar jasa si teknisi. 

Ilustrasi pemutar AC mobil

AC mobil dingin bikin kabin makin sejuk

Perlu diketahui juga, untuk service AC mobil, biasanya harganya bisa berbeda-beda karena dilihat dari jenis dan dimensi mobilnya. 

Seperti halnya biaya service AC mobil di bengkel Rotary Bintaro, untuk service AC mobil-mobil kecil seperti city car, harganya mulai dari Rp300 ribu sampai Rp800 ribu. Sedangkan mobil berjenis MPV atau SUV, harganya sekitar Rp350 ribu hingga Rp450 ribu.

Sedangkan jika service besar, seperti banyak yang diganti, untuk city car bisa berkisar Rp1 juta sampai Rp1,5 juta. Sementara MPV atau SUV, antara Rp1,5 juta sampai Rp2 juta. 

Adapun ketika service AC mobil Eropa, biasanya akan lebih mahal dibandingkan mobil-mobil Jepang, dimana harganya bisa mulai dari Rp1,5 juta sampai Rp2,5 juta. Bahkan bisa saja lebih dari itu. 

Ilustrasi AC Double Blower

AC Double Blower juga wajib dirawat berkala

Sementera itu, untuk pasang AC mobil, harganya mulai dari Rp4 juta sampai Rp5 juta. Harga tersebut akan berbeda tergantung komponen yang digunakan. Selain itu, jika AC ingin double blower, tentunya saja ada tambahan kompoen dan harganya jadi lebih mahal. 

Sedangkan untuk komponen original Denso, harganya sekitar Rp9 jutaan. Dan itu belum termasuk pengisian Freon, untuk single blower dibanderol Rp150 ribu dan double blower di kisaran Rp175 ribu. 

Ya, ini masih sebuah estimasi harga, kadang bisa kurang atau lebih mahal. Nah, selamat mencoba!
 

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Harga tukar tambah yang adil

Daihatsu Rocky hybrid 2022

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil