Beli Toyota Sienta Baru, Konsumen Dapat Kemewahan dan Kenyamanan

Samuel Tito · 27 Okt 2020 18:00

Setahun lalu tanpa perayaan, PT Toyota Astra Motor (TAM) menghadirkan penyegaran model dari Toyota Sienta. Kendaraan berjenis Multi Activity Vehicle (MAV) andalan Toyota hadir dengan sentuhan baru pada eksterior dan interior.

Penyegaran Toyota Sienta ini didasari masukan dari konsumen yang kebutuhannya terus bertambah. Lalu apa yang bisa didapatkan konsumen saat membeli Toyota Sienta baru? Simak ulasan tentang mobil ini.

Konsumen setia Toyota menginginkan tampilan Sienta yang lebih sporty dan stylish, sehingga tampil sebagai kendaraan yang tidak hanya dapat menampung segala jenis aktivitas, terutama aktivitas perkotaan bersama teman atau keluarga, tetapi juga mampu tampil lebih menarik.

Toyota Sienta baru tampil lebih sporty dan stylish dengan tampilan gril yang telah diupgrade dengan desain baru. Sementara itu, desain interiornya hadir dengan penambahan arm rest alias sandaran tangan, baik pada jok depan (CVT) maupun jok belakang sehingga pengemudi dan penumpang lebih nyaman untuk varian V dan Q.

Untuk menyegarkan kabin, semua varian Sienta tampil dengan warna hitam dan merah anggur untuk varian V dan Q, dan hitam untuk varian G.

Fitur Keamanan Toyota Sienta Baru

Fitur keselamatan tetap tidak berubah, dengan tetap mempertahankan fitur Vehicle Stability Control (VSC). Semua varian Toyota Sienta telah dilengkapi dengan 3 airbag. Lalu ada juga fitur keamanan ABS dengan Electronic Brake Distribution serta Brake Assist. Ada juga Pre-tensioner Seatbelt with Force Limiter, Parking Sensor, GOA Body, dan Head Impact Mitigating Structure.

Khusus untuk varian Q, fitur keselamatan juga dibekali dengan Hill Start Assist (HSA) dan Vehicle Stability Control (VSC). Peningkatan ini mempertimbangkan masukan dari pelanggan yang sudah menggunakan Sienta, dan mereka yang berencana untuk memilikinya dalam waktu dekat. Selain itu, kami juga akan menjaga nilai model ini, salah satunya kami pastikan level harganya akan sama.

Toyota Sienta pertama kali diluncurkan dan hadir di dunia pada tahun 2003, tepatnya di Jepang. Pertama kali dikenalkan langsung mendapat sambutan hangat dari konsumen. Pada 2015, Sienta generasi kedua diluncurkan dan mulai memasuki pasar Indonesia pada 2016.

Seperti halnya di Jepang, kehadiran mobil ini pun mendapat sambutan luas dari konsumen. Sebagai kendaraan MAV pertama dari Toyota yang dipasarkan di Indonesia, kehadiran Sienta berhasil membangun segmen baru di pasar otomotif nasional.

Toyota Sienta Varian Rendah

 

Sedangkan kasta terendah Toyota Sienta (tipe G) nampaknya jarang terlihat di jalanan. Dari segi harga, varian terendah, Sienta, masih lebih mahal ketimbang Toyota Veloz.

Tapi tentu ada imbalannya. Kepraktisan MPV keluarga lebih baik dilayani. Juga menonjolkan keunikan Jepang asli. Belum terlalu paham? Mari simak detailnya.

Soal desain, Sienta bisa dibilang paling segar di jajaran MPV Toyota. Kami pertama kali bertemu dengannya melalui Indonesia International Motor Show 2016. Kemudian awal September tahun lalu, versi penyegaran kecil datang. Dibandingkan dengan dua saudara terdekatnya, MPV ini jelas terbaru. Bodi familiar Avanza generasi kedua sudah dipamerkan sejak 2011, sedangkan Innova Reborn sudah ada sejak 2015.

Tidak hanya usia, desain juga penting. Ini memulai debutnya di negara asalnya, bukan sebagai edisi regional di luar Jepang. Digurat tidak konvensional, unik dan dinamis.

Silakan menilai diri sendiri. Aksen hitam pada desain eksteriornya memancarkan kesan aktif layaknya sepatu lari. Profil bodi membulat dengan garis lurus kaku minimal. Coba lihat eksekusi pada desain Sienta eksentrik di sisi belakang, jarang ditemukan di model lain di jalan raya.

Desain Unik Toyota Sienta Baru

Mungkin tidak semua orang bisa menerima desain unik Toyota Sienta. Apalagi fitur eksterior tipe G terdengar biasa saja. Headlampnya masih berupa proyektor halogen. Meski sudah dilengkapi fog lamp, namun tetap kurang laku saat LED mulai dijadikan standar. Tidak ada perangkat tanpa kunci atau entri pintar yang ditemukan dalam varian terendah ini.

Namun perlu diingat, Sienta menawarkan nilai lebih jika menyangkut esensi sebuah mobil keluarga. Pasalnya, pintu belakang dibuka dengan cara digeser. Membuat akses ke kabin belakang menjadi sangat fleksibel. Keunggulan lainnya, tidak perlu khawatir akan menabrak mobil berikutnya saat parkir di pusat perbelanjaan. Tak hanya itu, terdapat fungsi otomatis untuk sisi kiri sehingga Anda bisa menjaga bayi Anda tetap aman saat drop off di depan sekolah, misalnya.

Kepraktisan mobil keluarga juga terasa di kabinnya. Akomodasinya untuk tujuh penumpang didukung dengan fleksibilitas bangku lipat untuk menyimpan barang. Tergolong pintar karena menganut jok baris ketiga model dive-in seat.

Jika sedang tidak digunakan, tersembunyi di bawah jok tengah agar ruang bagasi tidak terganggu dengan keberadaan jok. Juga mendukung kenyamanan penumpang belakang karena recess lipat menawarkan area pijakan kaki yang lebih rendah.

Fitur Toyota Sienta Baru

Penawaran fitur Toyota Sienta untuk pembeli cukup untuk memenuhi kebutuhan. Ini pun tanpa membebani siapa pun. Yang paling menonjol hanya head unit touchscreen dengan berbagai kemampuan.

Termasuk konektivitas USB dengan fungsi mirroring T-Link, konektivitas iPod / iPhone, Bluetooth, DVD, dan enam speaker. Area kabin belakang bisa didinginkan dengan double blower.  Sisanya? Moderat. Pengoperasian AC mengadopsi tombol putar, dan tidak ada tombol putar tambahan seperti sakelar di roda kemudi atau tombol start / stop.

Jika Anda mengutamakan keselamatan, Sienta layak dipertimbangkan. Tak hanya dual SRS Airbags, Toyota memberikan ekstra airbag untuk kaki pengemudi. Komponen ini melengkapi daftar perlengkapan keselamatan seperti ABS + EBD + BA, sabuk pengaman tiga titik untuk semua penumpang, dan jangkar ISOFIX.

Jangan meremehkan performa dan nuansa berkendara Sienta. Sasis monokok menjanjikan bantingan lembut. Tentu berbeda dengan sasis semi monocoque Toyota Avanza. Selain itu, mesin dan transmisinya berbeda. Unit 1.500 cc 4-silinder 2NR-FE Dual VVT-i menghasilkan tenaga 107 PS bersama dengan torsi 140 Nm.

Tenaga disalurkan ke roda depan melalui gearbox manual enam percepatan atau transmisi CVT yang mulus. Keunggulan dari komposisi penggerak depan (FWD): lantai interior lebih rata karena tidak terganggu lonjakan pada ruang poros baling-baling.

Kesimpulan

Harga Toyota Sienta Type G di atas Veloz. Model manual dibanderol Rp 257,75 juta sedangkan CVT Rp275,75 juta. Sebagai referensi, Veloz termahal dibanderol Rp 248,5 juta. Nah, sekarang Anda mungkin lebih paham dengan ciri-ciri Sienta.

Tidak salah kan, jika dianggap mampu mengakomodir kepraktisan sekaligus kenyamanan dalam mengangkut penumpang? Mungkin inilah saatnya untuk naik sedikit dan berpaling dari pilihan konservatif.

Spesifikasi Toyota Sienta

Mengacaukan spesifikasi Toyota Sienta 2020
Tipe Mesin 4 silinder 2NR-FE, 16 Valve, DOHC, Dual VVT-i
Kapasitas Silinder 1.497 cc
Tenaga Maksimal 105 Hp@ 6.000 rpm
Torsi Maksimal 140 Nm @ 4.200 rpm
Transmisi Manual 6 percepatan/CVT with sport sequential shiftmatic 7 percepatan
Kapasitas Tangki 42 L
Bahan Bakar Bensin

Komentar

Mobil Terbaru