window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Belum Banyak yang Tahu, Ternyata Ini Deretan Fungsi Fitur TSS dan T Intouch di Toyota Veloz 2022

Ilham · 1 Jul, 2022 17:07

Belum Banyak yang Tahu, Ternyata Ini Deretan Fungsi Fitur TSS dan T Intouch di Toyota Veloz 2022 01

  • Toyota Veloz 2022 memiliki fitur TSS dan T Intouch.
  • TSS memiliki sederet fitur keselamatan aktif.
  • Salah satu fungsi T Intouch mendukung navigasi mobil.

Meski sudah dirilis sejak akhir tahun lalu, namun belum banyak yang menyadari jika Low MPV Toyota Veloz 2022 disesaki dengan banyak teknologi baru. Diantaranya Toyota Safety Sense (TSS) dan T Intouch.

Hal ini yang coba dieksplorasi oleh PT Toyota Astra Motor (TAM) dalam menggelar media experience bertajuk SAFE JAKARTA, pada Kamis (30/6/2022). Formatnya berkeliling kota Jakarta sambil mengeksplorasi teknologi yang ada.

Dengan mengusung tagline "Taste The Advanced Technology Experience" ini, tim Autofun turut menguji dan mengeksplor cara kerja dan manfaat dari teknologi tersebut.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

"Toyota Safety Sense (TSS) dan T Intouch merupakah dua teknologi canggih yang menjadi wujud dari komitmen Toyota dalam menghadirkan mobilitas yang aman, mudah dan nyaman," kata Marketing Director PT Toyota-Astra Motor (TAM), Anton Jimmi Suwandy.

Baca Juga: Toyota Fortuner 2.8 GR Sport Nggak Cuma Jual Tampang Gahar, Segini Banyak Bedanya dengan Tipe VRZ

Ada Fitur Find My Car

Hal pertama yang digunakan dalam sesi ini adalah mencoba teknologi T Intouch yang dapat dimanfaatkan melalui aplikasi mToyota. Fitur Find My Car dipakai untuk mencari mobil yang akan digunakan.

Belum Banyak yang Tahu, Ternyata Ini Deretan Fungsi Fitur TSS dan T Intouch di Toyota Veloz 2022 01

Dimulai dari fitur Find My Car

Para peserta dari Plaza Blok M diarahkan menuju ke lokasi parkir Toyota Veloz di Ratu Plaza, Senayan sesuai titik yang ada di aplikasi mToyota. Fitur ini dapat membantu menemukan kendaraan yang parkir di area parkir mal atau perkantoran yang padat.

Setelah berhasil menemukan mobil yang akan dipakai, kami melakukan scan pada barcode yang ditampilkan oleh Rear Seat Entertainment untuk mendapatkan informasi dan petunjuk arah menuju lokasi berikutnya di Pantai Indah Kapuk, Jakarta Utara.

Belum Banyak yang Tahu, Ternyata Ini Deretan Fungsi Fitur TSS dan T Intouch di Toyota Veloz 2022 02

Kamera parkir sangat membantu

Untuk menuju ke sana, Autofun memanfaatkan fitur Android Auto untuk pairing aplikasi peta digital smartphone ke Integrated Head Unit 9 Inch Display sebagai penunjuk jalan.

Baca juga : Selisih Rp23 Jutaan, Toyota Veloz Q CVT Cuma Unggul Transmisi Dari Tipe MT?

Fitur TSS Sangat Membantu di Jalan Tol

Kemudian Autofun melewati jalan raya dan jalan tol dan teknologi Toyota Safety Sense (TSS) pada Toyota Veloz. Fitur keselamatan berkendara ini  cukup teruji dalam melewati jalan dengan lalu lintas yang padat.

Misalnya penggunaan All Round View Monitor yang aktif saat lampu sein diaktifkan. Kemudian, ada Lane Departure Assist untuk memperingatkan pengemudi tetap dijalurnya saat berkendara di jalan bebas hambatan.

Belum Banyak yang Tahu, Ternyata Ini Deretan Fungsi Fitur TSS dan T Intouch di Toyota Veloz 2022 03

Kamera menyala saat lampu sein diaktifkan

Kami juga menjajal fitur Lane Departure Prevention akan membantu memberikan koreksi ringan terhadap setir saat pengemudi belum juga mengubah arah setelah warning diberikan oleh sistem. Baik Lane Departure Warning and Lane Departure Prevention baru akan aktif saat Toyota Veloz melaju di atas kecepatan 60 km/jam.

Dari pihak Toyota, TSS sendiri dirancang untuk mendukung kewaspadaan pengemudi. Serta membantu mengambil keputusan yang tepat hingga mengoperasikan kendaraan pada rentang kecepatan yang luas dengan fokus pada 3 hal.

Diantaranya mencegah atau mengurangi dampak tabrakan dari depan, menjaga pengemudi tetap berada di lajurnya, dan meningkatkan keselamatan selama mengemudi.

Sarana Hiburan Lengkap

Bukan hanya fitur keselamatan di jalan, Toyota Veloz 2022 juga dibekali sistem hiburan yang menyenangkan. Semisal fitur Android Auto yang merupakan bagian dari Advanced Smartphone Connectivity.

Belum Banyak yang Tahu, Ternyata Ini Deretan Fungsi Fitur TSS dan T Intouch di Toyota Veloz 2022 04

Toyota Veloz 2022

Lalu ada teknologi Geofencing sendiri dapat dimanfaatkan untuk memantau obyek bergerak seperti kendaraan dengan menggunakan GPS dan memberikan peringatan ketika kendaraan berada di luar zona yang telah ditetapkan. Geofencing juga merupakan bagian dari teknologi T Intouch, di aplikasi mToyota.

Pengujian Fitur Pencegah Tabrakan

Bukan hanya merasakan teknologi dan fitur canggih pada Toyota Veloz di jalan umum, teknologi TSS juga diuji di special track yang telah disediakan.

Di sesi kali ini, fitur yang dirancang untuk membantu mengurangi risiko tabrakan dengan kendaraan lain di depan, yakni Pre-Collision Warning and Pre-Collision Braking diuji.

Belum Banyak yang Tahu, Ternyata Ini Deretan Fungsi Fitur TSS dan T Intouch di Toyota Veloz 2022 05

Ada sesi uji fitur TSS

Kedua fitur itu dites dengan cara menyimulasikan mobil melaju untuk menabrak tiruan bagian belakang mobil. Dalam kondisi pedal gas diinjek secara konstan, akan membuat fitur tersebut beroperasi dan membantu menghentikan mobil guna mencegah kecelakaan.

Di sesi ini, kami juga dapat mencoba fitur Pedal Missoperation Control. Fitur ini membantu mengurangi potensi kecelakaan akibat salah menginjak pedal gas seperti yang sempat marak terjadi akibat paniknya pengendara.

Belum Banyak yang Tahu, Ternyata Ini Deretan Fungsi Fitur TSS dan T Intouch di Toyota Veloz 2022 06

Tes fitur Pre-Colission Warning

Fitur Pedal Missoperation Control beroperasi ketika pedal gas diinjak dalam-dalam padahal tidak ada kebutuhan untuk itu, dengan cara mengurangi distribusi tenaga mesin sehingga mobil tetap dapat dikendalikan dengan aman.

Ada lagi simulasi dalam mencoba Front Departure Alert. Fitur ini akan memberikan peringatan yang dapat didengar ketika mobil di depan telah bergerak menjauh seperti pada saat beranjak dari lampu merah.

Challenge Parkir Tanpa Melihat Keluar

Ada pengujian di trek ini yang terbilang unik, yakni challenge parkir mundur Toyota Veloz tanpa boleh melihat kaca spion dan kaca ditutup.

Belum Banyak yang Tahu, Ternyata Ini Deretan Fungsi Fitur TSS dan T Intouch di Toyota Veloz 2022 07

Bisa parkir mundur hanya andalkan kamera

Caranya kami hanya mengandalkan All Round View Monitor sebagai alat bantu parkir. Selain itu, ada juga fitur keselamatan canggih lainnya seperti Rear Crossing Traffic Alert (RCTA) yang melakukan pendeteksian kendaraan lain di belakang untuk kemudian memberikan peringatan kepada pengemudi ketika mundur.

Termasuk fitur Blind Spot Monitor (BSM) yang memberikan peringatan kepada pengemudi ketika ada kendaraan berada di area blind spot untuk membantu menentukan arah manuver kendaraan.

Komplet kan!

Baca juga : 5 Hal Yang Harus Dipertimbangkan Sebelum Membeli Toyota Veloz Q CVT 2022

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Cek penawaran terbaik dalam 24 Jam!

Toyota Avanza Veloz 1.3 MT

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil