Bentuk Utuh Toyota GR Corolla Lebih Kalem Ketimbang GR Yaris, Siap Tantang Honda Civic Type-R

Karim · 31 Des, 2021 18:00

Bentuk Utuh Toyota GR Corolla Lebih Kalem Ketimbang GR Yaris, Siap Tantang Honda Civic Type-R 01

  • Toyota sebar cukup banyak teaser GR Corolla yang penuh teka-teki
  •  Ubahan desain sekilas tidak berbeda jauh dari model standar
  • Toyota GR Corolla memanfaatkan mesin GR Yaris

Bukan rahasia lagi kalau Toyota bakal hadirkan Corolla racikan Gazoo Racing. Teka-teki dan teaser yang cukup perlu diulik sudah pernah disebar sebelumnya lewat akun Instagram resmi @toyotausa. Berdasarkan hal ini, boleh dibilang ia bakal jadi kakak dari GR Yaris sebab mengandalkan basis Corolla Sport alias model hatchback. 

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Toyota USA (@toyotausa)

Pun bukan itu saja. Baru-baru ini mereka juga mempertontonkan sekilas wajah GR Corolla dalam postingan terkait GR86 teranyar. Terselubung dan bikin penasaran, memang. Meski begitu, ternyata calon hot-hatch baru Toyota sempat diunggah selama sekitar 12 menit sebelum postingan diturunkan kembali. Menampilkan gambar utuh sebagaimana berhasil ditangkap oleh akun @phoenix_phox.

Terlihat Lebih Kalem Ketimbang GR Yaris

Bentuk Utuh Toyota GR Corolla Lebih Kalem Ketimbang GR Yaris, Siap Tantang Honda Civic Type-R 01

Diduga kuat sebagai bentuk utuh Toyota GR Corolla (sumber: instagram @phoenix_phox)

Perbedaan antara model standar dan versi GR di Corolla mungkin tidak segila transformasi Yaris global ke GR Yaris. Tidak berubah bak lahir sebagai spesies baru. Secara keseluruhan, bentuk Corolla hatchback tetap mudah dikenali. 

Juga kalau melihat aransemen bumper, tidak terlihat perbedaan signifikan dari versi standar. Kalau kita lihat Yaris kencang mengusung elemen serbakotak dan apron yang terbuka lebar, GR Corolla justru seakan mempertahankan aransemen bawaan. Tetap mengadopsi bukaan rongga melebar ke bawah. Tidak menjadi lebih gondrong pula. Sekilas, ubahan ini terkesan biasa saja.

Bentuk Utuh Toyota GR Corolla Lebih Kalem Ketimbang GR Yaris, Siap Tantang Honda Civic Type-R 02

Sekilas, perbedaan mungkin tidak terlihat signifikan 

Tapi tunggu dulu, kalau diteliti lagi, ada probabilitas tubuh GR Corolla lebih melar. Boleh jadi mengenakan wide body atau memang panel sengaja dibuat lebar. Yang jelas, bisa diekspektasikan bahwa GR Corolla sama mengisyaratkan nuansa dunia reli. 

Selain wide body, kuda-kudanya terlihat agak jangkung. Ada jarak antara bibir sepatbor ke pelek lima palang bermotif huruf Y. Membuat arahan desain cenderung berbeda dari hatchback kencang lain semisal Renault Megane RS Trophy R atau VW Golf R yang cenderung berpostur rendah. Menguatkan karakter, besar kemungkinan sepatunya terbuat dari forged aluminium nan ringan dibungkus ban berprofil tipis sesuai arah rancangan di Yaris.

Baca juga: Siapkan Kocekmu, Toyota GR Yaris Versi Lebih Kencang Dirilis Januari 2022

Mengandalkan Sistem Penggerak GR-Four 

Bentuk Utuh Toyota GR Corolla Lebih Kalem Ketimbang GR Yaris, Siap Tantang Honda Civic Type-R 03

Dapat diekspektasikan ia mengandalkan sumber potensi memacu dari sang adik. Contoh sistem penggerak empat roda GR-Four yang jelas-jelas terpampang di bodi bagian samping. Teknologinya memungkinkan fleksibilitas distribusi tenaga antara depan dan belakang lewat pelat kopling berlapis (multi-plate clutch). Pengantaran bisa dibuat lebih fokus ke depan, cenderung mengarah ke belakang, atau terbagi rata tergantung mode berkendara.

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Toyota USA (@toyotausa)

Sementara itu, teaser lewat foto interior sebelumnya juga sempat mengindikasikan penggunaan mesin tiga silinder turbo G16-GTE. Dari foto tersebut, ada informasi-informasi tersembunyi semisal kode G16 di panel instrumen dan angka 2 dan 68 dalam layar kontrol AC.

Hal ini bisa menggambarkan kalau GR Corolla setidaknya mendapatkan versi mesin G16 yang lebih bertenaga. Angka 268 merupakan total output GR Yaris spek JDM dalam satuan tenaga kuda. Sebagai gambaran, unit tiga silinder ini sanggup gelontorkan tenaga 268 hp dan torsi 370 Nm. Dikirim lewat transmisi manual enam percepatan, sangat menjanjikan sebagai sebuah hatchback yang fun-to drive.

Tampaknya Toyota masih memiliki beberapa teaser lagi sebelum GR Corolla diluncurkan. Tinggal menunggu waktu, boleh jadi berkenalan paling cepat awal 2022 atau selambatnya di pertengahan tahun. Akankah ia juga diboyong masuk ke Tanah Air sebagaimana GR Yaris? Kita nantikan saja, yang jelas untuk saat ini ia ditujukan untuk pasar Amerika terlebih dahulu.

Sumber: Creative311, Road and Track

Baca juga: First Drive Toyota GR Yaris: Sensasi Mendebarkan Saat Menjinakkan Si Hatchback Seksi Pelahap Medan Reli


 

Komentar

20% lebih tinggi dari harga jual rata-rata

Toyota Corolla Altis G AT

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Pemeriksaan mobil dan pelayanan transaksi hanya tersedia di Pulau Jawa

Mobil Terbaru