window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Beragam Cara Unik Masyarakat Jakarta Untuk Bisa Mudik Selama PSBB

Yongki Sanjaya · 14 Mei, 2020 16:00

Beragam Cara Unik Masyarakat Jakarta Untuk Bisa Mudik Selama PSBB 01

Jakarta - Pemerintah melalui Kementerian Kesehatan dan Pemprov DKI Jakarta resmi memberlakukan kebijakan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB). Karantina wilayah ini membatasi mobilitas masyarakat Jakarta supaya tidak mudik ke kampung halaman atau pergi ke luar kota. Namun demikian, para perantau tetap berusaha untuk bisa pulang kampung selama masa PSBB.

Mereka beralasan, pulang kampung menjadi langkah terakhir untuk bertahan hidup karena sudah tidak memiliki pekerjaan di ibukota. Berbagai macam cara mereka lakukan untuk bisa kembali pulang ke kampung halaman, sekalipun harus kucing-kucingan dengan aparat kepolisian yang berjaga di check point perbatasan kota.

Ada yang naik travel atau bus secara ilegal, hingga naik di mobil yang kemudian diangkut dengan truk. Sayangnya, upaya mereka berhasil dihentikan oleh petugas yang berjaga. Travel gelap tersebut mempromosikan jasa mereka melalui media sosial Facebook dengan tarif 4 kali lipat lebih mahal dari tarif normal.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

“Modusnya sebagian menawarkan melalui media sosial, ada yang (promosi) di Facebook, Instagram dan sebagainya dan sebagian dari mulut ke mulut,” kata Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Kombes Sambodo Purnomo Yogo, sebagaimana dikutip dari laman NTMC Polri. 

Tujuan para pemudik hampir ke seluruh kota di Jawa Barat, Jawa Tengah, dan Jawa Timur, seperti ke Cirebon, Pekalongan, Brebes, Tuban, Gresik, Madiun, Yogya, Pemalang, dan Malang. Travel gelap ini memanfaatkan momen pandemi Corona dengan menjual tiket yang sangat mahal.

“Ada beberapa yang sudah bisa sekali-dua kali antar ke Jawa, balik ke Jakarta, antar lagi tapi bisa kita amankan. Harga tiket cukup mahal bisa 3-4 kali di atas harga normal. Contoh ke Brebes Rp 500 ribu, ke Cirebon 300 ribu, ada yang sampai Rp 750 ribu dan sebagainya,” jelasnya. 

Cara Unik Orang 'Kabur' ke Kampung Halaman

Beragam Cara Unik Masyarakat Jakarta Untuk Bisa Mudik Selama PSBB 01

Polda Metro Jaya terus melaksanakan Operasi Ketupat 2020 hingga H+7 Lebaran untuk menghalau pemudik demi memutus mata rantai penyebaran virus Corona (COVID-19). Untuk wilayah di luar Jakarta, jajaran Polri bersama TNI terus memperketat penjagaan akses jalan menuju pelabuhan dan jalur lintas provinsi. 

Sebelumnya, Sambodo mengatakan, ada beberapa modus yang digunakan warga yang tetap nekat mudik. Baik yang menggunakan kendaraan umum seperti travel dan bus, maupun kendaraan pengangkut barang. Bahkan, beberapa waktu lalu sempat viral bila pemudik nekat bersembunyi di dalam bagasi bus supaya bisa lolos dari pemeriksaan petugas. 

Sopir bus bersekongkol dengan berbohong kepada petugas bahwa bus yang diangkut kosong dan bertujuan untuk kembali ke pool. Ia juga pernah menemukan pemudik yang sembunyi di dump truck untuk mengelabui petugas.

“Modus pemudik seringkali mereka sembunyi dalam kendaraan. Ada yang masuk dalam truk, masuk ke mobil yang di-towing, atau sembunyi dalam angkutan barang,” kata Sambodo

Mudik Pakai Mobil Diangkut Truk

Beragam Cara Unik Masyarakat Jakarta Untuk Bisa Mudik Selama PSBB 02

Cara lain yang dilakukan oleh pemudik agar bisa melewati titik penjagaan aparat yaitu dengan nebeng truk pengangkut sembako. Suryono warga Lampung Timur, nekat menyeberang ke pulau Sumatera dengan cara menaikan mobil miliknya ke atas sebuah truk. Sejauh ini, kendaraan logistik dan angkutan kebutuhan pokok memang diperbolehkan melintas antar provinsi. 

Modus Suryono mengakali petugas polisi yang tengah melakukan penyekatan terbongkar saat melintasi di pospam cek Poin Gerem Kota Cilegon. Menurut pengakuan sopir, truk itu membawa nanas untuk ke Lampung. Saat dibuka oleh petugas, ternyata sebuah mobil mobil APV nopol B 1886 TRH, dengan seorang sopir dan seorang penumpang di dalamnya.

Pemilik APV yang akan menuju Lampung timur dari Jakarta, mengaku membayar Rp 2 juta kepada sopir truk. Cara ini dilakukan agar dapat truk mau mengangkut kendaraannya dan menyeberang melalui pelabuhan Merak.

Sembunyi di Dalam Tumpukan Kerupuk

Beragam Cara Unik Masyarakat Jakarta Untuk Bisa Mudik Selama PSBB 03

Masih dari Cilegon, Polisi menghentikan mobil Pick-up karena terlihat kelebihan muatan padahal membuat kerupuk. Mobil terlihat dari kejauhan membuat kerupuk di bagian atas bak. Bak belakang ditutup terpal untuk mengelabui polisi. 

Petugas kemudian memberhentikan pikap untuk diperiksa, hasilnya terdapat 2 orang di dalam bak 1 perempuan dan 1 laki-laki. Kepada polisi, penumpang belakang bak itu mengaku berasal dari Semarang.

Kita curiga karena kok muatan kerupuk kelihatannya muatan lebih. Di dalamnya ada 2 orang, pas kita tanya dari Semarang mau ke Bengkulu,” kata Kapolsek Pulomerak AKP Rifki Seftirian. 

Polisi tidak memperpanjang perkara penumpang gelap di truk dan melarang truk untuk melanjutkan perjalanan ke Bengkulu. Akhirnya, petugas hanya memaksa mobil tersebut putar balik karena sudah menyalahi aturan yang ditetapkan pemerintah.

Yongki Sanjaya

Editor

Berpengalaman di beberapa media online. Bermula menjadi reporter otomotif di situs yang lain hingga kini menjadi Editor di Autofun Indonesia. Penghobi mobil lawas dan anak 90-an banget. FB:Yongki Sanjaya Putra

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Cek penawaran terbaik dalam 24 Jam!

Daihatsu Rocky hybrid 2022

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil