window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Berapa Kali Maksimal Ban Mobil Boleh Ditambal? Sebaiknya Perhatikan Hal Ini

Prasetyo · 29 Jan, 2023 09:02

Berapa Kali Maksimal Ban Mobil Boleh Ditambal? Sebaiknya Perhatikan Hal Ini 01

Tambal ban mobil mungkin menjadi aktifitas yang sudah lazim dilakukan pemilik kendaraan. Biasanya akibat si karet bundar terkena paku atau benda tajam lainnya. Daripada beli baru, mending ditambal saja.

Harga tambal ban mobil yang relatif terjangkau merupakan alasan mengapa solusi "mereparasi" kondisi ban ini dipilih. Bandingkan jika harus membeli ban baru yang harganya bisa sampai ratusan ribu atau bahkan jutaan per pcs.

Berapa Kali Maksimal Ban Mobil Boleh Ditambal? Sebaiknya Perhatikan Hal Ini 02

Ban mobil kempis biasanya ditambal

Tapi sebenarnya, berapa kali maksimal sebuah ban mobil boleh ditambal? Apakah cukup satu, dua, atau boleh banyak selama kondisinya baik-baik saja?

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Baca juga: Hankook Sediakan Ban Mobil Listrik, Punya Spesifikasi Khusus

Tambal Ban Mobil Maksimal 2X

Dikutip dari buku Goodyear For Your Safety, pabrikan ban sebenarnya tidak pernah mengeluarkan kebijakan untuk penambalan. Namun demi keamanan penggunanya, maka sebaiknya ban tidak ditambal lebih dari dua kali.

Berapa Kali Maksimal Ban Mobil Boleh Ditambal? Sebaiknya Perhatikan Hal Ini 01

Lokasi tambalan juga jangan sampai berdekatan

Selain itu yang perlu diperhatikan adalah lokasi penambalan ban. Ban yang ditambal dua kali, sebaiknya jarak antar lobang tambalan tidak lebih pendek dari 25 cm. Kemudian ban yang sudah di tambal kemudian kembali berlubang di tempat yang sama, juga jangan ditambal ulang.

Baca juga: Punya Tampilan Kebiruan, Kaca Film Buat Mobil Listrik Ini Sanggup Tolak Panas Hingga 97%

Cara Tambal Ban Mobil yang Paling Aman

Sementra itu, dikutip dari laman Suzuki Indonesia, tambal ban dengan cara string merupakan cara paling umum dan simpel. Namun, cara ini berisiko membuat ban menjadi rusak karena menusuk bagian luar ban hingga tembus ke area dalam.

Berapa Kali Maksimal Ban Mobil Boleh Ditambal? Sebaiknya Perhatikan Hal Ini 02

Tambal ban tiptop dari dalam

Tambal ban string dapat dilakukan dengan tire repair kit, yang terdiri atas lem tambal, alat pelubang, pengait, tambal, dan amplas. Caranya cukup mudah. Setelah Anda mengetahui lokasi permukaan ban yang bocor, maka buat lubang pada area bocor tadi menggunakan alat tuusk seperti mur.

Selanjutnya Anda bisa menambal menggunakan karet khusus untuk menambal ban yang sudah tersedia. Sebelum itu, lumuri setengah bagian karet dengan menggunakan lem. Lalu, masukkan karet tersebut hingga setengah inci menggunakan pengait. 

Anda harus memastikan bahwa karet tidak keseluruhan masuk ke dalam ban. Setelah itu, tunggu hingga karet tambal mengering kurang lebih sepuluh menit. Selanjutnya, Anda bisa menggunting bagian karet yang tersisa.

Berapa Kali Maksimal Ban Mobil Boleh Ditambal? Sebaiknya Perhatikan Hal Ini 03

Tambal tiptop harus bukan ban dari velgnya

Cara menambal ban pakai tekni string dianggap tidak tepat karena pada dasarnya merusak permukaan ban. Adapun cara yang lebih aman adalah dengan teknik tip top. Namun, secara pengerjaan mungkin membutuhkan waktu yang lebih lama.

Tambal ban mobil tiptop sebenarnya bisa dilakukan sendiri, tetapi Anda harus memisahkan ban dengan velgnya. Kalau tak punya alat pembuka ban, Anda lebih baik serahkan pada bengkel yang bisa melakukan tambal ban tiptop.

Baca juga: Daftar Harga Ban Mobil Ring 15, Buat Toyota Avanza Mulai dari Rp600 Ribuan

Prasetyo

Editor

Menggeluti bidang jurnalistik otomotif sejak 2009 selaras dengan hobinya dalam memodifikasi mobil. Apalagi karakteristik yang berbeda dari setiap kendaraan yang dibuat oleh masing-masing pabrikan, terus menumbuhkan minatnya di dunia otomotif hingga saat ini.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Beli mobil lebih murah, jual mobil lebih cepat

Honda Brio Satya S M/T 2022

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil