window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Berburu Hatchback Rp180 Jutaan, Toyota Agya GR Sport Baru Lebih Masuk Akal Dari Yaris Lele?

Yongki Sanjaya · 1 Feb, 2023 14:30

Berburu Hatchback Rp180 Jutaan, Toyota Agya GR Sport Baru Lebih Masuk Akal Dari Yaris Lele? 01

Masyarakat kini semakin membutuhkan mobil perkotaan untuk mobilitas tinggi sehari-hari. Tak heran bila mobil jenis hatchback alias sedan tanpa buntut semakin laris di pasaran. Dengan budget kisaran Rp180 jutaan, pilihan menarik yang tersedia ada Toyota Agya GR Sport baru atau Yaris lele bekas.

Keduanya sama-sama rilisan brand Toyota di Indonesia. Tentu nama besar pabrikan tiga oval ini jadi jaminan layanan aftersales dan sparepart yang prima. Dengan kisaran harga yang mirip, Yaris Lele atau Agya GR Sport jadi pilihan yang cukup dilematis.

Baca juga:

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Beda Harga Rp66 Juta, Apakah New Honda Brio RS Urbanite Edition Menang Banyak Daripada Toyota Agya GR Sport?

Kelebihan dan Kekurangan Toyota Yaris Lele yang Perlu Diketahui, City Car Kompak Rp170 Jutaan

 Harga Bekas Mulai Rp60 Jutaan, Ini Kelebihan dan Kekurangan Toyota Yaris Bakpao

Masing-masing model punya keunggulan tersendiri, semisal dimensi mungil dan mesin irit yang dimiliki Toyota Agya. Atau performa oke dengan desain lebih sporty ala Yaris lele. Namun, kelengkapan fitur bakal jadi deal breakers bagi kamu yang tak cuma butuh kendaraan untuk mobilitas harian.

Seperti apa keunggulan fitur dari masing-masing model tersebut? Mari kita bandingkan keduanya.

Toyota Agya GR Sport Baru, Paket Komplit di Mobil LCGC

Berburu Hatchback Rp180 Jutaan, Toyota Agya GR Sport Baru Lebih Masuk Akal Dari Yaris Lele? 01

Pada dasarnya varian GR Sport hadir untuk menggantikan varian TRD Sportivo yang sebelumnya juga menjadi pilihan tipe tertinggi di Toyota Agya. Menyandang nama GR Sport tentu terdapat keunggulan tersendiri dari sisi penampilan. 

Ubahan yang cukup banyak ini hadir pada aksen visual, terutama dari kombinasi corak warna baik di eksterior maupun eksterior yang terilhami identitas tim Gazoo Racing Toyota. Di beberapa bagian mobil memakai kombinasi corak warna hitam-silver-merah. 

Berburu Hatchback Rp180 Jutaan, Toyota Agya GR Sport Baru Lebih Masuk Akal Dari Yaris Lele? 02

Aksen tersebut terdapat di panel instrumen pengemudi seperti speedometer, menggunakan perpaduan warna hitam, silver dan juga ornamen aksen berwarna merah. Toyota Agya GR Sport memperoleh sentuhan warna hitam yang dikombinasikan warna merah dan abu-abu untuk mempertegas kesan sporty pada jok dan doortrim.

Pada sisi luar, aksen hitam digunakan untuk bagian spoiler belakang. Agya dipercantik dengan body kit meliputi  front bumper spoiler, rear roof spoiler, rear bumper spoiler, dan logo GR di pintu bagasi. 

Ornamen GR juga terpasang di bagian fender depan dekat spion. Pada bagian samping, Agya GR Sport dipercantik dengan side skirt dan velg dengan desain baru. 

Fitur Proporsional yang Value For Money

 

Di bagian depan, Toyota Agya memakai pencahayaan berupa Smoked Projector Headlamp with LED Light Guide. Agya GR Sport di sisi belakang kini memakai stop lamp New Impressive Design Rear dengan aksen“reverse L-shape”. Di sisi atas pintu terdapat spoiler dengan high mount stop lamp. 

Fitur kenyamanan di Agya GR Sport juga cukup oke, dilengkapi dengan head unit berteknologi layar sentuh, pengaturan AC digital, dan tombol engine start/stop. Interior Agya juga telah disematkan sambungan Bluetooth serta soket USB di bagian dashboard. Dengan begini, pengendara bisa mendengarkan musik sesuai selera, melalui koneksi dengan ponsel yang kita bawa. 

Interiornya tak kalah menarik dengan AC Knob Design dan New Audio 2DIN Advance Entertainment yang dilengkapi dengan sistem audio seperti, radio AM/FM, pemutar CD. Sistem entertainment juga dapat dikoneksikan secara langsung dengan smartphone melalui sistem Bluetooth. Pengaturan head unit bisa kita lakukan melalui tombol yang ada pada setir. 

Berburu Hatchback Rp180 Jutaan, Toyota Agya GR Sport Baru Lebih Masuk Akal Dari Yaris Lele? 03

Bicara soal fitur fitur keselamatan, Toyota Agya GR Sport berhasil disematkan dual SRS airbags, Anti-Lock Braking System (ABS), kursi ISOFIX, serta fitur Child Safety Locks sebagai fitur keselamatan standar. Rem depan sudah memakai cakram namun rem belakang masih tromol.  

Mesin Lawas Masih Jadi Andalan Toyota Agya GR Sport

Berburu Hatchback Rp180 Jutaan, Toyota Agya GR Sport Baru Lebih Masuk Akal Dari Yaris Lele? 04

Pada bagian mesin, Toyota Agya versi facelift masih menggunakan pilihan mesin yang sama dengan versi sebelumnya. Namun untuk edisi terkini hanya tersedia mesin berkapasitas 1.2 liter. Toyota Agya GR Sport ini hanya ditawarkan pilihan mesin 1,2L dengan kode 3NR-VE, DOHC Dual VVT-i 4-silinder segaris. 

Mesin berkubikasi 1.197 cc menurut data di atas kertas mampu memproduksi tenaga hingga 88 PS @6.000 rpm dengan torsi maksimal mencapai 107 Nm @4.200 rpm. Untuk transmisinya, varian ini memiliki dua pilihan, yaitu transmisi manual 5 percepatan dan automatic 4 percepatan.

Toyota Yaris Lele, Dimensi Lebih Besar dengan Mesin Lebih Bertenaga

Berburu Hatchback Rp180 Jutaan, Toyota Agya GR Sport Baru Lebih Masuk Akal Dari Yaris Lele? 05

Bagi kamu yang mobilitasnya harus menempuh jarak cukup jauh, mau tidak mau perlu mobil yang mesinnya lebih bertenaga. Toyota Yaris lele ini ideal buat kamu yang terbiasa mobilitas lintas provinsi semisal bekerja di Karawang dengan lokasi rumah di Tangerang atau Bogor.

Generasi kedua Yaris di bagian wajahnya terdapat garnish berkelir hitam yang seolah mempunyai sepasang kumis seperti lele. Toyota Yaris lele hadir dalam tiga varian, E, G dan TRD Sportivo. 

Secara dimensi, mobil ini memiliki panjang 4.115 mm, lebar 1.700 mm, serta tinggi 1.475 mm. Untuk wheelbasenya lebih panjang 110 mm dibanding model sebelumnya, sehingga membuat mobil ini dinobati sebagai hatchback terluas di kelasnya.

Fitur Oke di Kelas Hatchback

Berburu Hatchback Rp180 Jutaan, Toyota Agya GR Sport Baru Lebih Masuk Akal Dari Yaris Lele? 06

Fitur yang ada di eksteriornya terdapat sepasang headlamp yang sudah dilengkapi HID projector dengan fitur auto-leveling dan LED DRL. Selain itu pada bumpernya mendapatkan sepasang foglamp. Lebih lanjut, terdapat fitur electric mirror, retractable serta lampu sein pada covernya.

Masuk ke kabin, Toyota Yaris lele dibekali sistem multimedia berupa head unit 7 inci yang terhubung dengan audio switch control steering.

Head unit tersebut telah mendukung format DVD/MP3/WMA, USB serta konetivitas Bluetooth sebagai konektivitas tambahan. Pada varian G dan TRD diberikan fitur tambahan yakni Toyota Navigation (GPS) dan koneksi internet pada head unit melalui WiFi. 

Tak kalah dengan mobil Eropa lawas, Yaris Lele telah mengadopsi penyejuk udara dengan tampilan cluster digital yang mendukung dual zone autoclimate. Guna memberikan kenyamanan saat berkendara, terdapat fitur pendukung berupa defogger, power window, serta MID (Multi Information Display) pada panel instrument. 

Fitur Keselamatan dan Keamanan Kurang Melimpah

Berburu Hatchback Rp180 Jutaan, Toyota Agya GR Sport Baru Lebih Masuk Akal Dari Yaris Lele? 07

Karena Yaris hanya sebatas hatchback, membuat Toyota kurang royal dalam memberikan fitur perlindungan di mobil ini. Sebagai fitur keselamatan standar, mobil ini sudah dilengkapi struktur rangka GOA (Global Outstanding Assessment), dual airbags, ABS + EBD, BA (Brake Assist), dan rem cakram di semua roda.

Pada sabuk pengamannya lengkap dengan pretensioner dan force limiter, serta Whiplash injury Lessening (WIL). Bicara fitur keamanan di Yaris Lele, di varian G ke atas dilengkapi immobilizer, engine start/stop serta kayless entry yang memudahkan pengguna saat ingin membuka dan mengunci pintu.

Mesin yang Cukup Bertenaga dan Terbukti Tangguh! 

Berburu Hatchback Rp180 Jutaan, Toyota Agya GR Sport Baru Lebih Masuk Akal Dari Yaris Lele? 08

Toyota Yaris lele dibekali mesin 1NZ-FE DOHC VVT-i 4-silinder segaris, DOHC 16 valve 1.497 cc. Jantung pacu ini juga dipakai oleh Vios serta Limo gen satu hingga tiga yang digunakan untuk taksi, dan memiliki tingkat durabilitas tinggi. Terbukti dengan pemakaian di atas 300 ribu kilometer sebagai taksi, mesinnya sangat tangguh dan masih terasa begitu responsif. 

Di atas kertas, jantung pacu ini sanggup meletupkan tenaga hingga 109 PS pada 6.000 rpm dengan tenaga puncak mencapai 141 Nm di putaran 4.200 rpm. Mesinnya dikawinkan dengan transmisi manual 5-percepatan dan otomatis 4-percepatan untuk memutar roda depan.

Kesimpulan

Melihat spesifikasi maupun kelengkapan fitur yang tersedia, masing-masing model punya kelebihan tersendiri. Yaris lele unggul dari sisi mesin yang sudah terkenal bandel, namun untuk kelengkapan fiturnya hanya sedikit lebih baik dari Agya.

Sementara itu Toyota Agya punya mesin yang irit, dan fiturnya cukup oke untuk sebuah LCGC. Dan tak kalah penting, statusnya sebagai mobil baru tentu masih tercover garansi. Biaya perawatannya masih cukup terjangkau karena tercover garansi.

Yongki Sanjaya

Editor

Berpengalaman di beberapa media online. Bermula menjadi reporter otomotif di situs yang lain hingga kini menjadi Editor di Autofun Indonesia. Penghobi mobil lawas dan anak 90-an banget. FB:Yongki Sanjaya Putra

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Cek penawaran terbaik dalam 24 Jam!

Toyota Agya G 2023

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil