window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Berburu Isuzu Panther Bekas, Ini Lho Tipe yang Paling Oke

Yongki Sanjaya · 21 Jul, 2021 13:00

Berburu Isuzu Panther Bekas, Ini Lho Tipe yang Paling Oke 01

Saat kalian berburu mobil bekas, aspek yang jadi perhatian ialah soal harga dan biaya perawatan. Dari sekian banyak model yang ada, Isuzu Panther bekas termasuk model yang cukup banyak dicari karena terkenal bandel. Lantas, mana tipe atau generasi Panther bekas yang paling oke?

Sebelum lebih jauh membahas pilihan yang pas, kita terlebih dahulu akan membahas soal sejarah perjalanan Panther terlebih dahulu. Sebab, dari sini kita bisa tahu mana Panther yang punya fitur paling lengkap yang harganya cukup murah.

Baca juga:

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Resmi Pensiun, Bagaimana Harga Bekas Isuzu Panther Saat Ini?

Tangguh di Segala Kondisi, Isuzu Panther Generasi Pertama Andalan Masyarakat Pedesaan

Sejarah Ketangguhan Mesin Isuzu, Mulai Dari Elf yang Disiksa di Antartika Hingga Panther Melegenda di Indonesia

Isuzu Panther pertama kali dikembangkan di Jepang dengan kode Asian Utility Vehicle (AUV). Isuzu Panther dirancang sesuai dengan kondisi iklim, kondisi jalan, serta cocok dengan budaya kebanyakan negara Asia yang bersifat kekeluargaan.

MPV ini hadir sejak 1991 dan resmi pensiun pada 2021. Selama kurang lebih 30 tahun, Panther hadir dalam dua generasi dimana masing-masing generasi mengalami sekali masa facelift.

Supaya tidak makin penasaran, mari kita bahas Isuzu Panther dari awal hingga tutup usia.

Isuzu Panther Generasi Pertama (Panther Kotak 1991-2000)

Berburu Isuzu Panther Bekas, Ini Lho Tipe yang Paling Oke 01

Panther pertama kali muncul di tahun 1991 dalam 6 varian terdiri dari Panther Hi-Grade, Grand Deluxe, Deluxe, Standart, Bravo dan Miyabi. Panther generasi pertama ini dibekali mesin berkode C223 berkapasitas 2,2 liter (2.238cc) OHV berteknologi indirect injection yang mampu mengeluarkan tenaga sebesar 58 hp/4.500 rpm.

Masih dalam generasi pertama, Isuzu kemudian melakukan facelift pada 1996. Pada generasi ini spesifikasi mesin berubah memakai kode 4JA1berkapasitas 2.5 liter (2.500cc) OHV Direct Injection. Tenaga yang bisa dihasilkan meningkat jadi sebesar 86 hp/3.900 rpm.

Tak hanya mesin, tampilan eksteriornya pun ikut berubah namun tetap mempertahankan ciri khas Panther di bagian lampu depannya. Pada facelift generasi pertama, Panther hadir dalam 8 varian; Panther Hi-Grade, Grand Royal, Royal, Deluxe, Hi-Sporty, New Hi-Grade, New Royal dan Hi-Sporty.

Panther Generasi Kedua (Panther Kapsul 2000-2021)

Berburu Isuzu Panther Bekas, Ini Lho Tipe yang Paling Oke 02

Pada pergantian millennium, Isuzu mengubah penampilan Panther secara keseluruhan mengikuti tren saat itu. Isuzu Panther hadir dalam wujud agak membulat yang juga dijuluki Panther kapsul. Generasi kedua ini Panther sarat dengan evolusi terutama di mesin dan desain luar.

New Panther versi awal masih dibekali mesin dari generasi sebelumnya. New Panther bertahan hingga tahun 2005 dengan menawarkan 8 varian yakni Panther Touring, Grand Touring, SS, SV, LV, SM dan LM.

Pada 2005, Isuzu Panther generasi kedua mengalami facelift, dengan pembenahan pada desain luarnya seperti desain lampu, grill, juga interior. Tak hanya soal tampilan, pada varian LS selain Touring telah dibekali turbo untuk pemenuhan standar EURO 2.

Berburu Isuzu Panther Bekas, Ini Lho Tipe yang Paling Oke 03

Variannya ini terdiri dari Grand Touring, Touring, LS Turbo, LS Hi-Grade, Adventure, LV, LV FF, Smart dan Smart FF. New Panther juga menjadi MPV modern karena menyediakan pilihan dengan transmisi otomatis dan mesin turbo diesel pada generasi ini.

Isuzu kembali melakukan facelift dari produk andalannya ini di tahun 2009. Tidak banyak perubahan yang dilakukan Isuzu, hanya perubahan minor pada tampilannya. Ini membuat supaya Panther lebih terlihat muda dan elegan.

Berburu Isuzu Panther Bekas, Ini Lho Tipe yang Paling Oke 04

Memasuki tahun 2013, Isuzu kembali melakukan facelift pada Panther dan bertahan hingga pensiun tahun ini. Variannya Grand Touring, Touring, LS Turbo, LV Turbo, Smart Turbo dan Smart Turbo FF.

Perubahan yang terlihat di Panther facelift ini adalah pada bagian desain speedometer, rear tow hook, pintu belakang (kecuali Smart dan LV), dan menambahkan model dengan ban serep (Smart, LV dan LS).

Perubahan yang dilakukan Panther ini mengikuti tren pasar dimana SUV semakin naik daun. Panther facelift terakhir tetap mempertahankan ciri khasnya sebagai mobil tangguh dan kokoh.

Isuzu Panther Bekas Paling Oke, Generasi Panther Kapsul

Berburu Isuzu Panther Bekas, Ini Lho Tipe yang Paling Oke 05

Dari sekian banyak varian yang hadir, kami menyoroti dua tipe Isuzu Panther bekas yang paling oke untuk kalian miliki. Tipe pertama yaitu Panther LM dari generasi kedua pre facelift dan tipe LS pada facelift pertama.

Mengapa kami memilih dua tipe tadi? Karena untuk menyesuaikan kebutuhan dan kemampuan dari calon pembeli mobil bekas. Bila mencari MPV diesel murah meriah tanpa begitu memperdulikan fitur, maka Panther LM perlu masuk daftar incaran.

Apabila kamu mencari mobil diesel yang tangguh dan fiturnya keren maka Touring LS perlu masuk pertimbangan. Kami akan membahas keunggulan dan kisaran harga dari kedua tipe tersebut.

Panther LM, MPV Bandel dan Ekonomis Tapi Minim Fitur

Berburu Isuzu Panther Bekas, Ini Lho Tipe yang Paling Oke 06

Untuk kamu yang butuh mobil untuk angkutan keluarga besar, atau mungkin antar rombongan yang tidak begitu butuh banyak fitur, maka Panther LM ini perlu dilirik. Pasalnya, tipe terbawah ini kursi paling belakangnya masih berhadapan alias bangku angkot.

Dengan konfigurasi kursi tersebut, bagian belakangnya saja bisa mengangkut 4 penumpang. Bila ditotal maka normalnya bisa menampung 9 penumpang. Jelas sangat praktis dan ekonomis untuk bawa rombongan nikahan atau keluarga untuk mudik.

Soal mesin, Panther LS pre facelift belum memakai turbo. Soal tenaga jelas kalah tapi menang tarikan awal karena naturally aspirated. Tidak ada gejala turbo lag sehingga pengemudi bisa 'stut gas' supaya akselerasi lebih narik.

LM selain non turbo juga masih memakai AC single blower sehingga membuat harga barunya dulu juga murah. Jadi, solusi bila penumpang belakang kegerahan yaitu terpaksa buka jendela pintu tengah.

Untuk kisaran harganya, Isuzu Panther LM dijual mulai dari Rp63 juta sampai dengan Rp140 juta. Jadi dengan budget senilai motor sport 250 cc, kita bisa beli mobil untuk memuat 9 orang. Wow!

Panther LS, Mewah Tapi Tetap Murah

Berburu Isuzu Panther Bekas, Ini Lho Tipe yang Paling Oke 07

Kalau mencari mobil diesel yang cukup nyaman, fiturnya lumayan lengkap tapi harganya bersahabat, mungkin kamu perlu melihat Panther LS. Pada masanya, Touring LS ini masuk sebagai tipe kelas atas Isuzu Panther namun bukan termewah seperti tipe Touring Series.

Tipe ini cukup menarik karena mendapat tambahan turbo sebagai dopping stamina dapur pacu. Ini membuat tenaganya makin besar namun konsumsi bahan bakarnya irit, berkisar 10-14 km/liter. Mesin diesel tersebut memiliki power 80 dk pada 3.500 rpm dengan torsi 191 Nm pada 1.800 rpm.

Memang tidak terlalu istimewa pada sisi performa, namun lain soal pada sisi kenyamanan kabin dan penampilannya. Pada sisi eksterior, grill dibalut dengan krom begitu juga pada side body moulding list.

Tipe LS juga memiliki pijakan kaki untuk memudahkan penumpang naik-turun kendaraan. Kaki-kakinya juga dibekali dengan velg polish alloy berukuran 15 inci.

Berburu Isuzu Panther Bekas, Ini Lho Tipe yang Paling Oke 08

Sementara itu interior Panther LS bergaya elegan dengan aksen jok dan door trim bermotif ala maskapai penerbangan. Namun karena usia dan selera, banyak yang sudah diganti alias diretrim.

Dashboard juga terasa mewah berkat lapisan aluminium di konsol boks dan AC, kemudian setirnya juga menggunakan model baru four spoke.

Bicara soal harga, Isuzu Panther LS bekas dijual mulai dari Rp104 juta sampai dengan Rp120 juta. Cukup terjangkau bila dibandingkan Kijang Innova Diesel pre facelift yang dijual mulai dari kisaran angka Rp130 jutaan.

Isuzu Panther Bekas, Alternatif Murah Dari Toyota Kijang Innova Diesel

Berburu Isuzu Panther Bekas, Ini Lho Tipe yang Paling Oke 09

Isuzu Panther masih memiliki harga bekas yang cukup stabil. Namun sedikit disayangkan kalau secara tampilan, fitur, serta teknologi agak tertinggal dari Toyota Kijang Innova diesel di tahun yang sama.

Bila dibandingkan dengan Kijang Innova diesel generasi pertama dengan mesin 2KD-FTV turbo non intercooler maka Panther ini bisa jadi alternatif pilihan yang murah meriah.

Sebagai perbandingan, pasaran Kijang Innova diesel manual 2005 di angka Rp135 juta, sementara itu Isuzu Panther di tahun yang sama di angka Rp 104 juta. Mungkin, ini adalah bentuk kompensasi dari fitur dan dimensi mobil yang lebih kecil.

Selisih harganya, bisa kamu manfaatkan untuk upgrade fitur yang lebih modern, misalnya ganti head unit dengan layar monitor berikut sound system, hingga ganti velg berikut ban. Jadi, Isuzu Panther milikmu bisa lebih nyaman dan keren kan?

Baca Juga: Diklaim Irit Bahan Bakar, Berapa Konsumsi Bahan Bakar Isuzu Panther?

Yongki Sanjaya

Editor

Berpengalaman di beberapa media online. Bermula menjadi reporter otomotif di situs yang lain hingga kini menjadi Editor di Autofun Indonesia. Penghobi mobil lawas dan anak 90-an banget. FB:Yongki Sanjaya Putra

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Beli mobil lebih mudah dan tak perlu nunggu lama

Isuzu Panther SMART

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil