window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Berburu Motuba Untuk Keluarga; Pilih Isuzu Panther, Toyota Kijang Kapsul atau Mitsubishi Kuda?

Yongki Sanjaya · 23 Jul, 2021 15:00

Berburu Motuba Untuk Keluarga; Pilih Isuzu Panther, Toyota Kijang Kapsul atau Mitsubishi Kuda? 01

Di tengah situasi pandemi sekarang ini, membeli mobil baru adalah pilihan yang sulit. Bahkan banyak orang yang terpaksa menjual mobil mereka dan menukarnya dengan motuba alias mobil tua bangka demi alasan ekonomi. Bila mencari mobil keluarga, kamu akan pilih Isuzu Panther, Toyota Kijang Kapsul, atau Mitsubishi Kuda?

Ketiga model ini menawarkan kelebihannya masing-masing. Isuzu Panther terkenal nyaman suspensinya dan irit. Kuda juga mirip Panther kenyamanannya tapi larinya lebih gesit. 

Baca juga:

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Resmi Pensiun, Bagaimana Harga Bekas Isuzu Panther Saat Ini?

Tangguh di Segala Kondisi, Isuzu Panther Generasi Pertama Andalan Masyarakat Pedesaan

Sejarah Ketangguhan Mesin Isuzu, Mulai Dari Elf yang Disiksa di Antartika Hingga Panther Melegenda di Indonesia

Sementara itu Kijang Kapsul berada di peralihan keduanya. Kijang kabinnya lega, suspensi nyaman walau tak seempuk Panther dan solarnya juga kalah irit, kemudian untuk larinya tak sekencang Kuda. Sebab, era Kijang Kapsul diesel saat itu tak sepopuler versi bensinnya.

Apa saja kelebihan masing-masing model itu? Mari kita ulas lebih mendalam tentang motuba yang sempat eksis di era awal 2000-an ini. 

Cari MPV Murah, Mitsubishi Kuda Juaranya

Berburu Motuba Untuk Keluarga; Pilih Isuzu Panther, Toyota Kijang Kapsul atau Mitsubishi Kuda? 01

Ketika model ini juga terbagi ke dalam tiga segmentasi harga, sehingga kamu bisa menyesuaikan kebutuhan dan anggaran yang dimiliki. Apabila budgetnya minim sekali, ada Mitsubishi Kuda mulai dari Rp38 juta sampai dengan Rp65 juta. Apalagi yang varian bensin 1.6 liter, yang bisa kalian beli dengan harga di bawah Rp50 juta. 

Bandingkan dengan harga pasaran Kijang Kapsul, terutama model Krista yang tembus angka Rp120 jutaan. Harga pasaran Kijang Kapsul ini mirip dengan Panther berkisar antara Rp46 juta sampai dengan Rp117 juta. Selisih lumayan jauh bila dibandingkan Mitsubishi Kuda.

Segmen harga Isuzu Panther berada paling tinggi di antara Kuda dan Kijang. Untul pasaran mobil bekas keluaran 2005 ke bawah, Isuzu Panther dijual berkisar antara Rp60 juta sampai dengan Rp120 jutaan. 

Kelebihan Mitsubishi Kuda, Mesin yang Karakter Tenaganya Oke Untuk Berlari

Berburu Motuba Untuk Keluarga; Pilih Isuzu Panther, Toyota Kijang Kapsul atau Mitsubishi Kuda? 02

Kuda hadir dalam tiga varian, yaitu Super Exceed, GLX dan GLS. Selang tiga tahun kemudian, Kuda mendapatkan update tampilan serta penambahan varian yang lebih mewah yaitu Deluxe, Diamond dan Grandia.

Untuk pilihan mesin diesel, Mitsubishi Kuda ini paling bertenaga. Mesinnya memakai basis yang sama seperti Mitsubishi L300 tapi dengan tenaga yang sudah di-upgrade. Sebagai perbandingan, Mitsubishi Kuda punya tenaga sebesar 86 ps @4.200 rpm sedangkan L300 75ps.

Kijang Kapsul dan Panther Spesialis Jalur Tanjakan

Berburu Motuba Untuk Keluarga; Pilih Isuzu Panther, Toyota Kijang Kapsul atau Mitsubishi Kuda? 03

Bila dibandingkan rivalnya, masih kalah besar daripada Kijang Kapsul diesel. Mesin diesel 2L di Toyota Kijang menghasilkan tenaga 88 ps/4.200 rpm dan torsi maksimum 162 Nm/2.400 rpm. 

Bicara karakter mesin, Kuda dirancang untuk lebih galak pada putaran atas. Sementara untuk Kijang diesel galak torsinya di putaran bawah. 

Untuk kamu yang hidup di kota besar dengan jalanan relatif datar, Kuda ini sangat cocok. Tapi kalau di pegunungan, maka Kijang lebih perkasa di medan tanjakan. 

Bagaimana dengan Panther? 

Berburu Motuba Untuk Keluarga; Pilih Isuzu Panther, Toyota Kijang Kapsul atau Mitsubishi Kuda? 04

Isuzu Panther berbekal turbo membuat tenaganya meningkat dari edisi sebelumnya. Turbo ini dibuat supaya konsumsi bahan bakarnya irit, berkisar 10-14 km/liter. Mesin diesel tersebut memiliki power 80 dk pada 3.500 rpm dengan torsi 191 Nm pada 1.800 rpm.

Tenaganya tak istimewa, namun torsinya paling hebat dibandingkan Kijang Kapsul dan Kuda. Itulah mengapa Panther jadi andalan di kota-kota kecil karena akselerasi awal yang responsif di jalur pegunungan.

Bagaimana soal kenyamanan tiga mobil tua ini? Mana paling manusiawi dan tidak membuat lelah untuk perjalanan jauh khas orang Indonesia? 

Adu Kenyamanan, Toyota Kijang Kapsul LGX Paling Lega dan Kabinnya Tidak Bising

Berburu Motuba Untuk Keluarga; Pilih Isuzu Panther, Toyota Kijang Kapsul atau Mitsubishi Kuda? 05

Urusan kenyamanan, Kijang paling ideal di antara ketiga model. Sebab ukuran kabinnya paling lega dan kesenyapannya cukup hening. Mungkin kalah lari tapi mesinnya tak sebising Panther. 

Berburu Motuba Untuk Keluarga; Pilih Isuzu Panther, Toyota Kijang Kapsul atau Mitsubishi Kuda? 06

Urusan kenyamanan kabin, mesin Panther ini sedikit lebih bising dan kabinnya tak seluas Kijang Kapsul LGX. Untungnya, Isuzu mengkompensasi dengan peredaman kabin yang baik dan suspensi nyaman. 

Berburu Motuba Untuk Keluarga; Pilih Isuzu Panther, Toyota Kijang Kapsul atau Mitsubishi Kuda? 07

Bicara soal kenyamanan memang hampir berimbang, terutama Kuda dan Panther. Bila Panther jagokan suspensi maka Kuda punya kursi dengan kualitas busa yang nyaman. MPV ini cocok untuk kondisi jalan perkotaan di dataran rendah karena karakter putaran atas yang bertenaga. 

Kesimpulan 

Berburu Motuba Untuk Keluarga; Pilih Isuzu Panther, Toyota Kijang Kapsul atau Mitsubishi Kuda? 08

Kalau kalian mencari MPV bermesin diesel yang paling ekonomis, maka saran kami ialah pilih Kuda untuk yang tinggal di kota dataran rendah. Kuda unggul dari sisi biaya perawatan mesin karena serupa dengan L300. Untuk mobil pelari, Kuda ini benar-benar mencerminkan nama yang disandang. 

Berburu Motuba Untuk Keluarga; Pilih Isuzu Panther, Toyota Kijang Kapsul atau Mitsubishi Kuda? 09

Sementara Panther unggul dari sisi konsumsi bahan bakar yang irit dan torsi yang paling oke, sementara harga spare part cukup mahal. Untuk wilayah pegunungan, kota-kota yang kontur jalanannya banyak naik turun, karakter Panther ini mesinnya pas di kondisi tersebut. 

Berburu Motuba Untuk Keluarga; Pilih Isuzu Panther, Toyota Kijang Kapsul atau Mitsubishi Kuda? 10

Namun urusan nama besar, keduanya sulit menandingi Kijang Kapsul. Kijang kabinnya luas, tenaganya lumayan untuk kondisi medan pegunungan. 

Toyota juga punya jaringan aftersales paling luas. Memang harus diakui, ketersediaan sparepart Kijang Kapsul diesel tak sebanyak Kuda atau Panther karena penjualannya dulu sedikit kalah pamor dengan versi bensin. 

Yongki Sanjaya

Editor

Berpengalaman di beberapa media online. Bermula menjadi reporter otomotif di situs yang lain hingga kini menjadi Editor di Autofun Indonesia. Penghobi mobil lawas dan anak 90-an banget. FB:Yongki Sanjaya Putra

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Beli mobil lebih murah, jual mobil lebih cepat

2021 Toyota Raize 1.0T G MT

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil