Berburu MPV Bensin Rp50 Jutaan, Mending Beli Chevrolet Tavera Daripada Mitsubishi Kuda?

Yongki Sanjaya · 15 Sep, 2021 19:00

Berburu MPV Bensin Rp50 Jutaan, Mending Beli Chevrolet Tavera Daripada Mitsubishi Kuda? 01

Segmen mobil bekas peminatnya semakin banyak, karena harga yang terjangkau dan perawatannya tak begitu sulit. Untuk segmen MPV, kita bisa membeli sebuah mobil seharga Rp50 Jutaan. Pilihan yang tersedia diantaranya Chevrolet Tavera dan Mitsubishi Kuda yang kisaran harga serupa.

Keduanya hadir sebagai MPV berkapasitas 7-8 penumpang, dan sama-sama memakai mesin bensin. Namun, nasib Tavera kalah mujur ketimbang Mitsubishi Kuda. Tavera dianggap sebagai produk gagal meskipun secara desain dan penampilannya identik dengan Isuzu Panther.

Mitsubishi Kuda ini cocok untuk angkutan keluarga besar yang murah meriah. Ini karena harganya yang untuk versi bensin mulai dari Rp38 jutaan. Sementara itu Tavera pasarannya stabil di kisaran Rp50 jutaan. Lantas, mengapa Tavera lebih menarik untuk dimiliki ketimbang Mitsubishi Kuda?

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Kabin Luas dan Hening, Tavera Lebih Baik Ketimbang Isuzu Panther

Berburu MPV Bensin Rp50 Jutaan, Mending Beli Chevrolet Tavera Daripada Mitsubishi Kuda? 01

Karena cuma berbeda jenis mesin, maka interior maupun eksterior Isuzu Tavera nyaris identik dengan Panther kapsul. Nah Isuzu Panther versi kapsul ini terkenal kabinnya cukup hening, sehingga suara kasar khas mesin diesel tak terlalu terdengar di dalam interiornya.

Keunggulan tadi jelas bisa semakin hening apabila pakai mesin bensin sebagaimana dilakukan pada Chevrolet Tavera. Dibandingkan Isuzu Panther, kesenyapan kabin Chevrolet Tavera jelas menjadi jauh lebih baik. Kabin Isuzu Panther pun terkenal luas dan cukup nyaman untuk 7-8 penumpang.

Baca juga:

Masih Ingat Mitsubishi Kuda? Ini 5 Alasan Mengapa MPV Keluarga ini Perlu Masuk Daftar Beli

Punya Banyak Opsi, Ini Varian Mitsubishi Kuda yang Sangat Cocok Untuk Dipilih

Layout jarak antar kursi membuat penumpang yang berada didalamnya merasa nyaman tanpa khawatir berdesak-desakan. Adanya AC tambahan di antara baris kedua dan ketiganya, membuat penumpang merasa lebih nyaman ketika melakukan perjalanan jauh.

Postur Tinggi Ala SUV, Membuat Berkendara di Jalan Berbatu Pedesaan Lebih Aman

Berburu MPV Bensin Rp50 Jutaan, Mending Beli Chevrolet Tavera Daripada Mitsubishi Kuda? 02

Keunggulan lainnya yang diturunkan oleh Panther kepada Tavera yaitu soal postur tinggi. Ini karena gaya dari Panther Touring ini mirip ala SUV, bahkan punya ban serep yang tergantung di pintu belakang. Menurut data, mobil ini memiliki tinggi 184 mm. Dengan begitu, pengendara tidak perlu takut mobilnya tersangkut ketika melewati jalan berbatu serta berkontur.

Bagaimana soal kenyamanannya? Jelas sama saja seperti kalau kita mengendarai Panther, karena spesifikasi kaki-kaki Tavera pun tak berubah. suspensi MacPherson Strut di roda depan serta Leaf Spring dibelakangnya, mampu menghasilkan tingkat durabilitas yang baik namun tetap nyaman. 

Chevrolet Tavera Kalah Tenaga dari Mitsubishi Kuda

Berburu MPV Bensin Rp50 Jutaan, Mending Beli Chevrolet Tavera Daripada Mitsubishi Kuda? 03

Membandingkan kedua model, ada satu hal yang membuat Tavera ini harus mengakui keunggulan Mitsubishi Kuda yaitu di sektor mesin. Chevrolet Tavera ini menggunakan mesin bensin warisan Blazer Montera, yang memang punya akselerasi lambat dan boros. 

Di atas kertas, jantung pacu 2.2 Liter GM Family II C22NE 4 Silinder Segaris SOHC berteknologi Multi Port Fuel Injection, mampu memeras tenaga 116 PS @5.000 rpm dengan torsi maksimal 180 Nm @3.600 rpm. Dengan kapasitas lebih besar, tenaga yang dihasilkan serupa dengan Mitsubishi Kuda bensin 2.0 liter. 

Mitsubishi Kuda Bensin, MPV yang Harga Bekasnya Bersahabat

Berburu MPV Bensin Rp50 Jutaan, Mending Beli Chevrolet Tavera Daripada Mitsubishi Kuda? 04

Kuda hadir dalam tiga varian, yaitu Super Exceed, GLX dan GLS. Selang tiga tahun kemudian, Kuda mendapatkan update tampilan serta penambahan varian yang lebih mewah yaitu Deluxe, Diamond dan Grandia.

Mitsubishi Kuda bensin tersedia dalam dua pilihan mesin, yaitu 1.6L bensin dan 2.0L bensin. Untuk versi 1.6L, mesin dengan kode 4G18 ini mampu memproduksi tenaga 105 PS @6.000 rpm dengan torsi maksimal 107 Nm @3.500 rpm. Jangan khawatir soal perawatan mesin karena varian ini memakai mesin yang sama seperti pick up T120SS yang cukup laris. 

Untuk powertrain lainnya yakni 2.0L, mesin berkodekan 4G63 berkombusi injeksi MPI ini mampu menghasilkan tenaga maksimal sebesar 116 PS @5.500 rpm dan torsi mencapai 165 Nm @3.000 rpm. Mesin ini konon serupa dengan yang digunakan oleh Mitsubishi Eterna, sedan kencang sebelum era Galant. 

Berburu MPV Bensin Rp50 Jutaan, Mending Beli Chevrolet Tavera Daripada Mitsubishi Kuda? 05

Untuk varian mesin bensin Mitsubishi Kuda sebenarnya memang kurang begitu diminati bila dibandingkan dengan mesin diesel. Ini karena karakter mesin bensinnya terbilang cukup boros dalam konsumsi bahan bakar. Namun sebenarnya, mesin dari Mitsubishi Kuda ini tak lebih boros dari Chevrolet Tavera kok. 

Meskipun Chevrolet Tavera Unggul dalam banyak hal, kita juga perlu mengulas kelebihan dari Mitsubishi Kuda ini. Sebab, Mitsubishi Kuda bensin dahulu sukses jadi alternatif Toyota Kijang Kapsul yang populer di era 2000-an. 

Mitsubishi Kuda, Sajikan Kenikmatan Berkendara Bagi Pengemudi dan Penumpang 

Berburu MPV Bensin Rp50 Jutaan, Mending Beli Chevrolet Tavera Daripada Mitsubishi Kuda? 06

Mitsubishi Kuda ditawarkan dengan dua pilihan bentuk, yaitu long dan short. Varian longnya memiliki panjang 4.375 mm, lebar 1.650 mm tinggi 1.800 mm. Kelebihan utama Kuda adalah pengendalian atau handling yang sangat oke saat diajak bermanuver. 

Seperti halnya Tavera yang juga jagokan suspensi, kenyamanan yang diberikan suspensi Kuda punya karakter bantingan yang pas, dan tidak terlalu keras. Mitsubishi merancang suspensi Kuda lebih empuk memalai jenis Independent Double Wishbone di bagian depan dan rigid axle/per daun di roda belakang. Kombinasi tersebut membuat ayunan mobil ini terasa cukup nyaman ketika melewati medan jalan berbatu.

Kenyamanan berkendara dari Mitsubishi Kuda juga punya nilai lebih pada desain kursi. Ini karena Mitsubishi Kuda memakai kursi dengan kualitas busa yang nyaman. 

Bentuk kursinya ini serasa memeluk badan lebih baik dan busanya lumayan empuk. Jadi masih layak untuk perjalanan jarak jauh keluarga besar karena tidak membuat badan mudah pegal. 

Kesimpulan

Berburu MPV Bensin Rp50 Jutaan, Mending Beli Chevrolet Tavera Daripada Mitsubishi Kuda? 07

Melihat kelebihan yang ditawarkan, Chevrolet Tavera sedikit lebih unggul dari sisi kenyamanan kabin dan postur kendaraan yang cukup tinggi. Kabinnya hening, luas, dan bantingan suspensi ala Panther yang empuk.

Namun jangan lupakan juga kalau mesin yang digunakan ini tetaplah bikinan Chevrolet. Ketersediaan sparepart tak semudah Mitsubishi Kuda bensin yang menjadi rivalnya.

Sebaliknya, Kuda bensin diuntungkan karena basis mesin 1.6 liter yang digunakan serupa dengan T120SS. Meskipun pick up ini sudah discontinue tapi populasinya masih cukup banyak. Tak perlu khawatir kesulitan dalam hal perawatan. Meskipun kalah luas di kabin, tapi Kuda bensin unggul di sisi perawatan dan konsumsi BBM yang sedikit lebih irit daripada Tavera. 

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Yongki Sanjaya

Editor

Berpengalaman di beberapa media online. Bermula menjadi reporter otomotif di situs yang lain hingga kini menjadi Editor di Autofun Indonesia. Penghobi mobil lawas dan anak 90-an banget. FB:Yongki Sanjaya Putra

Komentar

20% lebih tinggi dari harga jual rata-rata

2021 Honda Civic International Version

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Pemeriksaan mobil dan pelayanan transaksi hanya tersedia di Pulau Jawa

Mobil Terbaru