Bergaya Crossover, Toyota Kijang Innova Zenix Tipe V Mampu Ungguli Honda CR-V 2.0?

Yongki Sanjaya · 22 Nov, 2022 14:30

Bergaya Crossover, Toyota Kijang Innova Zenix Tipe V Mampu Ungguli Honda CR-V 2.0? 01

Toyota Kijang Innova Zenix resmi meluncur dengan wajah dan platform baru. Mobil ini mengadopsi platform Toyota New Global Achitecture (TNGA): GA-C dengan struktur monocoque, sekaligus mengubah penampilannya jadi bergaya crossover. Dengan harga yang lebih murah, Kijang Innova Zenix tipe V fiturnya bisa bersaing dengan Honda CR-V 2.0.

Membandingkan keduanya, memang agak kurang sepadan karena Innova Zenix merupakan MPV sedangkan CR-V adalah SUV. Namun demikian, range harga serta karakter desain yang maskulin ala SUV membuat generasi ketujuh Kijang ini layak untuk bersanding dengan SUV monokok. 

Baca juga:

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/ID_Article_Middle_leaderboard', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1649907777923-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1649907777923-0'); });

Dirakit di Indonesia, Toyota Kijang Innova Zenix 2023 dengan Teknologi Hybrid Resmi Meluncur

Detail Spesifikasi Toyota Kijang Innova Hybrid, Pakai Mesin Voxy?

Toyota Kijang Innova Zenix Meluncur Sebentar Lagi, Versi Diesel Hilang dari Peredaran

Sebagai perbandingan, Kijang Innova Zenix 2.0 V CVT dijual seharga Rp497.000.000 sedangkan Honda CR-V 2.0 dijual Rp515.900.000. Lantas dengan harga lebih murah apakah Innova Zenix 2.0 V bisa menang banyak ketimbang CR-V 2.0? 

Honda CR-V 2.0 Facelift, Tipe Terbawah Tampil Mewah

Bergaya Crossover, Toyota Kijang Innova Zenix Tipe V Mampu Ungguli Honda CR-V 2.0? 01

Lawan terdekat dari Kijang Innova Zenix tipe V dari segmen SUV monokok ada Honda CR-V 2.0. Tidak seperti Innova Zenix dimana tipe V masuk kategori tipe menengah, CR-V 2.0 ini adalah tipe terbawah di CR-V. Meskipun demikian, CR-V 2.0 tetap tampil mewah karena secara harga juga lebih mahal. 

Pada versi facelift yang diluncurkan sejak 2021 terdapat cukup banyak upgrade dari sisi desain maupun fitur. Sebagai contoh, desain headlamp kini seperti tipe Prestige prefacelift dengan multi reflektor LED, namun  bedanya lampu sein belum sequential. 

Lebih lanjut, foglamp-nya di tipe 2.0 juga sudah LED dengan desain membulat. Pembaharuan desain juga terdapat di sisi grill dengan kombinasi black glossy dan chrome. Bumper desainnya juga baru dengan sisi blackout lebih tebal dan lis chrome yang tersambung dari kiri ke kanan.  

Velg juga tidak berubah, masih mempertahankan velg 18 inci two tone dengan profile ban 235/60 R18. 

Interior Honda CR-V 2.0 Tampil Bersahaja Untuk Mobil Rp500 Jutaan

Bergaya Crossover, Toyota Kijang Innova Zenix Tipe V Mampu Ungguli Honda CR-V 2.0? 02

Hal yang sedikit disayangkan yaitu pada sisi interior Honda CR-V ini kurang prestisius dari sisi desain maupun kelengkapan fitur, padahal harga jualnya di 2022 mencapai Rp515.900.000. Adapun pembaharuan yang dilakukan oleh Honda pada tipe ini dengan upgrade sistem keamanan memakai smart key dan tombol start stop. Selain itu, fitur keselamatannya telah didukung 6 airbag.

Untuk interior di CR-V 2.0 dominan warna hitam dengan bahan soft touch, yang dipermanis aksen warna silver. Material interior memakai bahan fabric untuk doortrim. Interiornya keren, tapi tidak istimewa karena speedometer juga belum full TFT dan head unit OEM seperti di tipe Prestige. Selain itu, AC masih analog dengan model knob putar dan pengaturan kursi depan juga masih manual memakai tuas. 

Hal menarik di tipe 2.0 telah didukung pengaturan setir tilt dan telescopic dan ada paddle shift. Headlamp juga sudah ada fitur auto dan electric parking brake dengan auto hold. Sebagai catatan, Honda CR-V 2.0 ini satu-satunya tipe yang berkonfigurasi 5-seater. Alhasil ruang bagasi jadi sangat luas di sisi belakang. 

Performa Mesin Non Turbo Tidak Jumawa

Bergaya Crossover, Toyota Kijang Innova Zenix Tipe V Mampu Ungguli Honda CR-V 2.0? 03

Untuk tipe 2.0 ini, pada bagian mesin jadi satu-satunya tipe dalam keluarga CR-V yang non turbo. Mesin 2.000 cc menghasilkan output 154 ps dan torsi 189 Nm. Pada versi facelift 2021, transmisi yang tersedia kini semuanya matic CVT dan tak ada lagi opsi manual di tipe terbawah. 

Toyota Kijang Innova Zenix tipe V, Mobil Keluarga yang Semakin Istimewa

Bergaya Crossover, Toyota Kijang Innova Zenix Tipe V Mampu Ungguli Honda CR-V 2.0? 04

Memasuki generasi ketujuh, Kijang Innova Zenix hadir dengan banyak pembaharuan. Mobil ini dibangun memakai platform TNGA: GA-C dengan membawa konsep “Glamorous and Tough” untuk tampilan luarnya. Agak disayangkan pada bumper tidak dilengkapi DRL LED maupun foglamp.

Toyota Kijang Innova Zenix 2023 hadir dengan membawa konsep “Glamorous and Tough” dengan  grill trapezoidal dan sistem pencahayaan menggunakan teknologi LED dengan bentuk pipih. Pada sisi belakang mendapatkan spoiler dengan high mount stoplamp, list krom membentang di bawah kaca, serta tambahan cover pada bumpernya yang dilabur warna hitam doff.

Interior Kijang Innova Zenix V Lebih Berkelas

Bergaya Crossover, Toyota Kijang Innova Zenix Tipe V Mampu Ungguli Honda CR-V 2.0? 05

Interior pada tipe ini dipadukan dengan warna coklat dan hitam yang terasa begitu nyaman dan prestisius. Lebih lanjut, tipe V dilapisi soft pad yang menampilkan kesan lebih nyaman ketika sedang berkendara. Zenix tipe ini juga sudah dilengkapi illumination light instrument panel pada dashboard serta di plafonnya.

Sebagai tipe menengah, Innova Zenix tipe V dibekali head unit layar sentuh berukuran 10 inci yang mendukung format smartphone connectivity serta NFC untuk mengecek jumlah saldo pada kartu elektronik. Hadirnya dual Rear Seat Entertaiment (RSE) yang dapat dikendalikan secara terpisah membuat kenyamanan bagi penumpang belakang lebih terkesan eksklusif.  gak disayangkan karena tipe 2.0 V tidak memperoleh panoramic sunroof sebagaimana di tipe 2.0 V HV.

Mesin Baru yang Tenaganya Melimpah

Bergaya Crossover, Toyota Kijang Innova Zenix Tipe V Mampu Ungguli Honda CR-V 2.0? 06

Arsitektur TNGA memberikan kesempatan kepada desainer Toyota untuk mengembangkan performa kendaraan di level terbaiknya. Mesin TNGA 2.0L menawarkan performa yang jauh lebih baik di segala dengan menghadirkan kombinasi yang pas dan optimal antara akselerasi dan konsumsi bahan bakar.
 
All New Kijang Innova Zenix menggunakan mesin TNGA 2.0L berkode M20A-FKS Dynamic Force Engine yang efisien dan powerful. Dapur pacu 1.987 cc 4 silinder Dual VVT-i ini menghasilkan tenaga 174 PS pada 6.600 rpm dan torsi 205 Nm pada 4.500-4.900 rpm. 

Kesimpulan

Melihat spesifikasi maupun kelengkapan fitur yang dimiliki, Kijang Innova Zenix tipe V terbukti lebih oke dengan harga lebih murah. MPV andalan Toyota ini sudah dibekali Rear Seat Entertainment, suatu fitur hiburan yang biasanya ada di mobl mewah untuk penumpang baris kedua. Tak cuma itu, performa mesin bensin konvensional pada Innova Zenix pun di atas kertas lebih jumawa ketimbang CR-V yang kubikasinya serupa.

Dengan segala kelebihan tadi, Innova generasi ketujuh diharapkan bisa sukses walau tak memiliki opsi mesin diesel. Performa oke dan konsumsi BBM yang diklaim jauh lebih irit menjadi senjata baru Innova Zenix untuk bertarung di segmen MPV. Harga yang semakin mahal dikompensasi dengan hadirnya berbagai kelebihan baru di sisi teknis maupun fitur. 

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/ID_Article_Bottom_leaderboard', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1649907953835-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1649907953835-0'); });

Yongki Sanjaya

Editor

Berpengalaman di beberapa media online. Bermula menjadi reporter otomotif di situs yang lain hingga kini menjadi Editor di Autofun Indonesia. Penghobi mobil lawas dan anak 90-an banget. FB:Yongki Sanjaya Putra

window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Komentar

Mobil Terbaru