window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Berikut Hal yang Membuat Mobil Hilang Tenaga Saat Menanjak

Enda · 9 Agu, 2021 19:00

Berikut Hal yang Membuat Mobil Hilang Tenaga Saat Menanjak 01

Penyebab mobil hilang tenaga saat menanjak

Mobil yang sudah berumur atau kurang perawatan, tanpa disadari akan mengalami penuruan performa mesin. Apabila tidak segera dilakukan pengecekan serta perawatan secara berkala, tentunya akan berakibat fatal salah satunya kehilangan tenaga terlebih saat menanjak.

Dengan begitu, kami ingin membagikan sedikit informasi mengenai penyebab apa saja yang mengakibatkan mobil merasa kehilangan tenaga ketika menanjak.

Baca juga: Begini Cara Melepas Emblem Mobil yang Benar, Jangan Sampai Meninggalkan Bekas Ya!

1. Kotoran Pada Filter Udara

Berikut Hal yang Membuat Mobil Hilang Tenaga Saat Menanjak 02

Filter udara kotor

Mesin mobil membutuhkan udara bersih untuk dicampur bersama bensin agar kondisi mesin tetap bertenaga. Apabila filter udara ini tersumbat kotoran, tentunya asupan udara yang masuk ke ruang bakar menjadi sedikit. Dengan begitu mesin tidak akan bisa bekerja secara maksimal yang mengakibatkan mobil tidak kuat untuk menanjak.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

2. Sistem Injektor Bahan Bakar Tersumbat Kotoran

Injektor bisa tersumbat karena usia atau kualitas bahan bakar yang buruk. Jika injektor tersumbat, maka bisa mempengaruhi pola semprotan dan kemampuan injektor untuk menyemprotkan bahan bakar. Bahkan jika berhenti bekerja, tidak ada bahan bakar yang akan mencapai ruang bakar dan mesin mobil akan mati secara tiba-tiba.

Baca juga: Ini Alasannya Bumper Mobil Kekinian Dirancang Gampang Penyok dan Ringsek

3. Kondisi Busi yang Kurang Baik

Berikut Hal yang Membuat Mobil Hilang Tenaga Saat Menanjak 01

Busi sudah mulai rusak

Seiring bertambahnya usia, busi mobil akan mengalami keausan yang mengakibatkan celah pada busi. Jika celah ini menjadi terlalu besar, percikan api yang dihasilkan tidak akan maksimal yang kemudian menyebabkan pembakar menjadi tidak sempurna sehingga tenaga mobil seperti kehilangan dayanya.

4. Tidak Mengganti Filter Bahan Bakar

Filter bahan bakar biasanya memiliki interval servis kapan harus diganti. Apabila filter bahan bakar tidak diganti dalam waktu yang cukup lama, pada akhirnya endapan kotoran dari tangki bensin akan menumpuk dan menyumbat filter, sehingga membatasi aliran bahan bakar menuju ruang bakar.

5. Saringan Knalpot yang Tersumbat

Berikut Hal yang Membuat Mobil Hilang Tenaga Saat Menanjak 02

Saringan knalpot tersumbat

Saringan knalpot ini mampu mengurangi kebisingan suara serta polusi udara. Jika filter pada knalpot tersumbat, maka secara otomatis tenaga mesin menjadi berkurang dan mengakibatkan mobil sulit untuk menanjak.

Baca juga: 7 Keuntungan Servis di Bengkel Resmi Walaupun Harganya Lebih Mahal

Enda

Reporter

Seorang pengagum otomotif sejak kecil, yang suka mengoprek kendaraan di akhir pekan, membuat penulis semakin cinta pada dunia otomotif. Yang pada akhirnya hoby tersebut membawanya ke dalam dunia pekerjaanya sebagai penulis hingga saat ini.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Harga tukar tambah yang adil

Daihatsu Rocky hybrid 2022

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil