Berikut Kelebihan dan Kekurangan New New Toyota Agya 2020 yang Patut Anda Ketahui

Kurnia · 24 Mei, 2020 17:00

Sebagai salah satu punggawa segmen LCGC, New Toyota Agya 2020 kini mulai menyasar pasar anak muda yang dinamis.

Berikut Kelebihan dan Kekurangan New New Toyota Agya 2020 yang Patut Anda Ketahui 01

Pasar Low Cost Green Car (LCGC) di Indonesia terbukti cukup menggiurkan. Toyota meluncurkan Agya pada akhir 2012 lalu demi terjun di segmen mobil kompak yang efisien dan terjangkau tersebut. Toyota Agya sendiri memiliki saudara kembar, Daihatsu Ayla yang merupakan buah dari kolaborasi antara kedua raksasa otomotif asal Jepang tersebut.  Kehadiran duo Agya dan Ayla langsung membuat pasar LCGC menjadi lebih sengit. Salah satunya adalah Honda yang merilis Brio dan Datsun yang menghadirkan GO.

Toyota Agya memiliki 6 varian ini dibanderol dengan biaya termurah Rp 143.800.000 dan termahal di angka Rp 169.290.000. Untuk vers maticnya, harga mobil Agya matic berkisar dari Rp 157 juta hingga Rp 169 jutaan. Ini merupakan harga mobil Agya di tahun 2020 ini.

Toyota Agya ditawarkan dengan dua pilihan mesin. Pertama adalah mesin berkapasitas 1.000 cc dengan kode 1KR-DE. Mesin tiga silinder segaris ini mampu menghasilkan tenaga puncak sebesar 65 hp dan torsi sebesar 85 Nm. Empat tahun berselang, Toyota merilis varian mesin dengan kapasitas lebih besar, yakni 1.200 cc dengan kode 3NR-VE untuk tipe 1.2 G dan 1.2 TRD S. Mesin empat silinder segaris ini mampu menghasilkan tenaga sebesar 88 hp dan torsi 104 Nm.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/ID_Article_Middle_leaderboard', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1649907777923-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1649907777923-0'); });

Berikut Kelebihan dan Kekurangan New New Toyota Agya 2020 yang Patut Anda Ketahui 01

Pada facelift pertama yang dilakukan pada tahun 2017, mobil Agya dibekali dengan fitur lebih lengkap, sebut saja seperti rem ABS dan EBD, dua buah kantung udara, sensor parkir serta jok yang telah mengadopsi teknologi ISOFIX. Sementara pada tipe TRD S memiliki tampilan lebih sporty, yakni dengan penggunaan body kit add-on, rear roof spoiler hingga velg dengan desain lebih modis.

Setelah kehadiran Toyota Calya dan Daihatsu Sigra pada tahun 2016 lalu, membuat mobil Agya menjadi lebih tersegmentasi. Dengan model hatchback dan kompak, Toyota memposisikan Toyota Agya di segmen anak muda yang ingin memiliki mobil pertama mereka. Tak heran pada facelift kedua dan terakhir, tampilan dan aura New Agya menjadi lebih modern dan modis.

Berikut Kelebihan dan Kekurangan New New Toyota Agya 2020 yang Patut Anda Ketahui 02

Pada facelift terakhir yang dilakukan pada tahun 2020 misalnya, hatchback LCGC ini terlihat lebih cantik dengan lampu depan yang telah menggunakan teknologi proyektor lengkap dengan daytime running light-nya, lampu belakang LED hingga desain eksterior yang lebih agresif. Hal tersebut membuat New Toyota Agya 2020 masih menjadi favorit untuk segmen hatchback LCGC dengan penjualan yang cukup baik di pasar mobil baru hingga bekas. Jika tertarik untuk membawa mobil kompak satu ini ke garasi Anda, kami akan berikan review lewat kelebihan dan kekurangan dari New Toyota Agya 2020 yang bisa Anda jadikan rekomendasi sebelum memilihnya. Berikut ulasannya. 

Berikut Kelebihan dan Kekurangan New New Toyota Agya 2020 yang Patut Anda Ketahui 03

Kelebihan New Toyota Agya 2020

1. Desain yang atraktif

Harus diakui, Toyota sukses membuat mobil Agya keluar dari image ‘mobil murah’ lewat facelift yang dilakukan beberapa waktu lalu. Lampu depan proyektor dan LED pada lampu belakang, penggunaan body kit hingga kehadiran warna terang, membuat New Toyota Agya 2020 terlihat lebih atraktif, khususnya untuk calon konsumen anak muda.

2. Nama besar Toyota

Nama besar Toyota masih mampu memberikan nilai lebih bagi sebagian besar calon konsumen. Pelayanan aftersales yang baik dan tersebar di seluruh Indonesia hingga resale value yang stabil jelas membuat mobil Agya 2020 semakin diminati oleh calon konsumennya.

3. Kabin lega

Untuk sebuah mobil hatchback kompak perkotaan, New Agya 2020 memiliki dimensi kabin yang cukup lega baik untuk pengemudi hingga penumpang depan dan belakang. Lay-out dashboard dan interior serta posisi duduk yang cukup nyaman, merupakan kelebihan dari mobil Agya yang perlu Anda pertimbangkan.

4. Mesin responsif dan efisien

Baik mesin 1.000 cc atau 1.200 cc terbukti cukup responsif untuk penggunaan di dalam kota. Sementara itu konsumsi bahan bakarnya pun tergolong sangat efisien, yakni mampu mencapai angka 20 kilometer per liternya. Sehingga sangat pas untuk diandalkan sebagai alat transportasi harian yang efisien.

5. Fitur lengkap

Pada tipe mobil Agya 1.2 G A/T TRD yang merupakan tipe tertinggi di lini Toyota Agya yang di jual di Indonesia, sudah dilengkapi dengan sederet fitur keselamatan hingga hiburan terkini, mulai dari rem ABS dan EBD, dua buah kantung udara, ISOFIX, elektrik folding mirror, daytime running light, headunit 2 DIN dengan layar sentuh, pengaturan AC digital hingga hingga engine start/stop.

Berikut Kelebihan dan Kekurangan New New Toyota Agya 2020 yang Patut Anda Ketahui 04

Kekurangan New Toyota Agya 2020

1. Kualitas interior

Banyak yang mengeluhkan kualitas interior New Toyota Agya 2020 yang didominasi dengan lapisan plastik, sehingga terkesan murahan, khususnya pada bagian doortrim dan dashboard. 

2. Tidak tersedianya pengaturan ketinggian setir

Pengaturan ketinggian setir atau biasa dikenal dengan sebutan tilt-steering membuat pengemudi kurang nyaman dan sedikit kesulitan untuk mendapatkan posisi mengemudi yang nyaman dan ideal.

3. kapasitas bagasi yang terbatas

Memiliki dimensi yang kompak memang menyenangkan lantaran terasa gesit dan mudah saat parkir. Namun konsekuensinya adalah kapasitas bagasi mobil Agya yang cukup terbatas, terlebih ketika ingin bepergian jauh bersama keluarga.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/ID_Article_Bottom_leaderboard', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1649907953835-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1649907953835-0'); });

Kurnia

Anak muda penggemar otomotif yang senang menceritakan sisi unik dan menarik dari sebuah mobil.

window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Komentar

Mobil Terbaru