Berkendara di Perkotaan, Apakah Mitsubishi Xpander Cross 2021 Lebih Stabil dibanding Toyota Rush 2021?

Enda · 18 Des 2020 14:00

Mitsubishi Xpander Cross 2021

Mengambil basis dari Xpander, PT Mitsubihsi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) melahirkan lini Xpander Cross dengan memberikan beberapa ubahan spesifik untuk mendapatkan tampilan adventure. Hal ini juga dilakukan demi menghilangkan stigma Xpander yang ditinggikan pada mobil ini.

Mobil yang masuk dalam segmen Low Sport Utility Vehicle (LSUV) 7-seater di bawah Rp300 juta, Mitsubishi Xpander Cross 2021 dibandrol mulai dari Rp272.7 juta – Rp295.7 juta. Terkesan lebih mahal memang dari para kompetitornya yang ada saat ini.

Akan tetapi, LSUV flagship Mitsubishi ini mampu memberikan kenyamanan berkendara tidak hanya di medan yang berkontur. Di jalur perkotaan, LSUV ini digadang-gadang bisa memberikan kenyamanan layaknya Xpander yang bermain di kelas LMPV.

Lantas, berkendara di perkotaan apakah Mitsubishi Xpander Cross 2021 lebih baik dibandingkan Toyota Rush 2021?

Center of Grafity Mitsubishi Xpander Cross 2021 dirasa lebih seimbang dibanding Toyota Rush 2021?

Tampilan depan Mitsibishi Xpander Cross 2021

Berkendara menggunakan Mitsubishi Xpander Cross 2021 di jalur perkotaan terbilang cukup nyaman. Hal tersebut dikarenakan, LSUV ini mendapat ubahan suspensi dari kepunyaan Xpander yang dirancang lebih baik.

Mitsubishi Xpander Cross menggunakan model MacPherson Strut wih Coil Spring di bagian depan, juga Torsion Beam di belakangnya.

Suspensi Mitsubishi Xpander Cross 2021

Suspensinya sudah dilengkapi katup peredam guncangan suspensi baru rebound spring. Meski terlihat lebih tinggi, karakter suspensi yang diberikan memiliki bantingan terkesan halus dan empuk.

Prinsipalnya juga menitik beratkan Center of Grafity secara seimbang, sehingga dapat dapat memberikan kestabilan cukup baik. Hal ini tentunya mengurangi gejala body roll ketika mobil melakukan handling pada kecepatan tinggi.

Tidak dengan Toyota Rush 2021 sekarang ini, gejala body roll masih dapat dirasakan ketika menikung dikecepatan tinggi.

Mesin ditanamkan melintang, memberikan kestabilan berkendara?

Mesin melintang Mitsubishi Xpander Cross

Mitsubishi Xpander Cross 2021 mendapatkan mesin model transverse (melintang) yang mana untuk menggerakan mobil agar bisa berjalan, memakai penggerak roda depan.

Model struktur melintang seperti ini dapat memberikan tingkat keseimbangan pada kendaraan.

Tak heran bila di jalur perkotaan Mitsubishi Xpander Cross 2021 dirasa stabil ketimbang mobil penggerak belakang atau Rear Wheel Drive (RWD) yang dianut Toyota Rush 2021.

Punya dimensi paling besar, membuat Mitsubishi Xpander Cross 2021 lebih stabil?

Tampilan samping Mitsubishi Xpander Cross 2021

Dibandingkan dengan rivalnya, Toyota Rush 2021, Mitsubishi Xpander Cross 2021 memiliki ukuran lebih besar, jarak kabin dengan permukan aspal yang lebih tinggi serta lebih lebar.

Menurut data, Mitsubishi Xpander Cross 2021 mempunyai panjang 4.500 mm, lebar 1.800 mm dan tinggi 1.750 mm. Sedangkan Ground Clearancenya 255 mm.

Sementara Toyota Rush 2021 memiliki panjang 4.435 mm, lebar 1.695 mm dan tinggi 1.706 mm. Jarak antara kabin luar dengan permukaan aspal setinggi 220 mm.

Dimensi paling besar di kelasnya, membuat Mitsubishi Xpander Cross 2021 terkesan lebih stabil ketika diajak berkendara. Dengan begitu, mengemudikan LSUV garapan tiga berlian ini terasa lebih nyaman.

Mitsubishi Xpander Cross vs Toyota Rush

Selain itu membuat tapakan mobil ke aspal lebih presisi yang menghasilkan kestabilan lebih baik.

Mitsubishi Xpander Cross 2021 lebih stabil karena sudah mendapatkan fitur ASC?

Demi menjaga kestabilan berkendara, Mitsubishi Xpander Cross 2021 sudah dilengkapi fitur berupa ASC (Active Stability Control).

ASC (Active Stability Control) Mitsubishi Xpander Cross 2021

ASC ini berfungsi untuk menjaga stabilitas mobil ketika menikung dan bermanuver. Selain itu juga dapat menjaga kendaraan agar tidak oversteer maupun understeer dan dapat digerakan sesuai dengan kemauan pengemudi.

Begitu juga dengan pengendalian ketika menikung, ASC akan membaca adanya gejala oversteer maupun understeer. Dengan begitu fitur ini berusaha untuk mengembalikan mobil ke posisi yang seharusnya sesuai dengan perintah setir pengemudi.

Hill Start Assist (HSA) Mitsubishi Xpander Cross

Lain dari ASC, Mitsubishi Xpander Cross 2021 juga dilengkapi fitur keselamatan ESS (Emergency Stop Signal), Anti-lock Braking System), EBD (Electronic Brake Distribution), Dual SRS Airbags, BA (Brake Assist), Criuse Control dan Hill Start Assist (HSA) yang dapat menjamin keselamatan berkendara ketika berhenti di jalur menanjak.

Sedikit informasi tambahan, Mitsubishi Xpander Cross 2021 ditanamkan jantung mekanik 1.5L berteknologi MIVEC DOHC 16 Valve dengan volume silinder 1499 cc. Tenaga yang dihasilkan sebesar 106 PS @6.000 Rpm serta torsi maksimal 141 Nm @4.000 Rpm. Mitsubishi Xpander Cross sendiri ditawarkan dua pilihan transmisi, otomatis 4-perepatan dan manual 5-percepatan.

Kesimpulan

Memiliki suspensi yang lebih tinggi dan dirancang lebih halus, Center of Grafity yang baik, dimensi paling besar di kelasnya, mesin melintang, serta adanya ASC (Active Stability Control), Mitsubishi Xpander Cross 2021 dirasa lebih stabil dibandingkan Toyota Rush 2021 ketika dibawa berkendara di perkotaan.

 

 

 

Komentar