Berkonfigurasi 7-Seater dan Fitur Oke, Mending Kia Sonet 7 Daripada Toyota Rush 2021?

Yongki Sanjaya · 19 Apr, 2021 14:00

Berkonfigurasi 7-Seater dan Fitur Oke, Mending Kia Sonet 7 Daripada Toyota Rush 2021? 01

Sosok Kia Sonet 7 yang meluncur beberapa waktu lalu memang cukup fenomenal. Dengan dimensi yang compact, Sonet dimodifikasi dari versi 5-seater jadi 7-seater. Harganya pun relatif terjangkau bila melihat fiturnya, apakah Kia Sonet 7 2021 bisa menggoda mantan pengguna Toyota Rush?

Bisa iya bisa enggak, tergantung kebutuhan dari konsumen terhadap kursi baris ketiga. Sebab, Rush generasi kedua ini kursi baris ketiga cukup lega dan masih menyisakan ruang untuk bagasi. Sementara untuk Sonet 7, tidak ada lagi ruang untuk penyimpanan barang apabila kursi baris ketiga digunakan.

Baca juga:

FAQ: Pertanyaan Seputar Kia Sonet 7, Pemain Tunggal Crossover 7-Seater Saat Ini

Ada Kia Sonet 7, Posisi Toyota Raize dan Daihatsu Rocky Terancam Kalah Laris?

Kia Sonet 7-Seater Meluncur Dalam 5 Varian, Harga Termurah Mulai Rp199,5 Juta

Bila kalian adalah keluarga muda yang anggota keluarganya sedikit, mungkin bisa pindah haluan dari Rush ke Sonet 7. Sebab, kursi baris ketiga perannya hanya jadi pelengkap saja. Beda cerita kalau kamu adalah keluarga besar yang perlu bawa orang tua sekaligus anak, kursi baris ketiga tidak bisa mengakomodirnya.

Perbandingan Harga Sonet 7 vs Toyota Rush 

Berkonfigurasi 7-Seater dan Fitur Oke, Mending Kia Sonet 7 Daripada Toyota Rush 2021? 02

Sonet 7 ini menjadi compact crossover dengan rentang harga yang cukup luas. Hal ini bisa jadi opsi untuk kamu yang ingin beralih dari pengguna motor ke mobil. Kia Sonet 7 Seater ditawarkan dalam lima varian antara lain:

  • Kia Sonet Premiere 7 iVT Rp296.000.000,-
  • Kia Sonet Dynamic 7 iVT Rp272.000.000,-
  • Kia Sonet Smart 7 iVT Rp258.500.000,-
  • Kia Sonet Smart 7 MT Rp245.500.000,-
  • Kia Sonet Standard 7 MT Rp199.500.000

Berkonfigurasi 7-Seater dan Fitur Oke, Mending Kia Sonet 7 Daripada Toyota Rush 2021? 03

Sayangnya, Kia Sonet 7 tidak mendapatkan relaksasi PPNBM karena diimpor langsung dari Indonesia. Sementara itu, Toyota Rush jadi lebih terjangkau karena dapat relaksasi tersebut. Berikut ini daftar harga Toyota Rush sebelum dan sesudah relaksasi PPNBM:

  • Toyota Rush 1.5 G M/T, Harga saat ini: Rp 257.700.000. Harga PPnBM 0 persen: Rp237.435.000
  • Toyota Rush 1.5 G A/T, harga saat ini: Rp 267.700.000. Harga PPnBM 0 persen: Rp 246.595.000
  • Toyota Rush 1.5 S M/T TRD, harga saat ini: Rp 269.100.000. Harga PPnBM 0 persen: Rp 247.890.000
  • Toyota Rush 1.5 S A/T TRD, harga saat ini: Rp 279.100.000. Harga PPnBM 0 persen: Rp 257.050.000

Untuk melawan Rush, Sonet memiliki tipe Smart dan Dynamic. Walaupun cuma dua tipe, namun pilihan transmisi yang tersedia juga lengkap. 

Perbandingan Kursi Belakang Toyota Rush vs Kia Sonet 7, Mobil Korea Cuma Kursi Tambahan? 

Berkonfigurasi 7-Seater dan Fitur Oke, Mending Kia Sonet 7 Daripada Toyota Rush 2021? 04

Pada generasi kedua, Toyota Rush resmi berkonfigurasi 7-seater, tidak lagi 5+2 seperti pada generasi pertama. Dengan berpindahnya ban serep dari pintu ke kolong, membuat Toyota bisa memaksimalkan panjang kendaraan ini. Artinya baris ketiga pun lebih manusiawi, dan masih menyisakan ruang untuk bagasi. 

Generasi terbaru dari Rush kini lebih panjang 230 mm, alhasil berpengaruh terhadap ruang kabin yang lebih panjang. Ruang di jok baris kedua kini bertambah 45 mm, namun bagaimana ruang di baris ketiganya?

Akses masuk ke baris ketiga melalui mekanisme pelipatan kursi baris kedua sudah one touch tumble. Ini berarti , membuatnya tetap mudah untuk masuk ke baris ketiga.

Sensasi Duduk di Kursi Baris Ketiga Toyota Rush 2021 

Berkonfigurasi 7-Seater dan Fitur Oke, Mending Kia Sonet 7 Daripada Toyota Rush 2021? 05

Rasanya duduk di baris ketiga cukup sempit dan bila ingin lebih lega maka perlu mengorbankan kursi baris kedua. Maksudnya, baris kedua harus dimajukan sedikit supaya ruang kaki di baris ketiga tidak mentok. 

Untuk kondisi penuh orang dewasa,   kondisinya kurang layak apabila kursi baris kedua dimundurkan paling mentok. Tidak ada ruang, dengkul sudah mentok dengan sisi belakang sandaran kursi baris kedua untuk penumpang yang berpostur 170 cm.

Terpaksa kursi depannya harus dimajukan. Dengan begini lutut akhirnya bisa bernapas dengan kelegaan sekitar tiga jari atau 8cm. Untuk baris ketiga all new Rush ini sebenarnya dibuat untuk anak-anak saja.

Kia Sonet 7, Kursi Belakangnya Cuma Tambahan 

Berkonfigurasi 7-Seater dan Fitur Oke, Mending Kia Sonet 7 Daripada Toyota Rush 2021? 06

Namun, keluhan yang dirasakan oleh pengguna Rush tidak separah apa yang dirasakan pada Kia Sonet 7. 

Keluhannya mirip seperti Rush generasi pertama, ruang kaki yang sangat sempit. Saat kita duduk di baris paling belakang Kia Sonet 7 untuk orang dewasa sulit untuk dikatakan nyaman. 

Posisi sudut kaki cenderung jongkok, paha bagian bawah tidak tertopang dengan baik oleh jok membuat cepat pegal. Tidak cuma itu, ruang kepalanya juga sempit dan mentok atap. 

Adu Fitur Sonet 7 Smart Vs Rush 1.5 G

Berkonfigurasi 7-Seater dan Fitur Oke, Mending Kia Sonet 7 Daripada Toyota Rush 2021? 07

Tampilan dashboard di Kia Sonet 7 Smart MT

Untuk kelas di kisaran Rp250 jutaan, ada Sonet 7 Smart dari kubu Korea Selatan dan Rush 1.5 G dari merek Jepang. Bicara soal fitur, brand Korea bisa memberikan banyak peranti menarik. 

Pertama kita mulai dengan Toyota Rush G, dimana sistem pengaturan AC pada tipe G menggunakan model instrumen digital yang sangat ramah pengguna.

Masuk ke interior, panel dashboard pada Rush tipe G berbahan plastik dengan cetakan jahitan yang rapi. Panel pada bagian dasbor dipisahkan dengan lis silver. 

Berkonfigurasi 7-Seater dan Fitur Oke, Mending Kia Sonet 7 Daripada Toyota Rush 2021? 08

Namun pada tipe G, tidak sepenuhnya memanfaatkan pengaturan digital. Melainkan hanya tampilannya saja yang digital dan pengaturan AC-nya masih dilakukan manual.

Head Unit berukuran 7 inci tanpa ada tambahan fitur akses internet, multitasking, dan smartphone remote app pada tipe TRD Sportivo. Selain itu, Toyota Rush G hanya dibekali dengan 6 speaker. 

Toyota Rush G mempunyai tampilan eksterior yang cenderung lebih polos dan elegan. Pilar pada Rush 2021 tipe G sewarna dengan warna bodi mobil tanpa cover plastik black out.

Ban yang dipakai berukuran 16 inci 215/65 Dunlop Enasave. Pada tipe G, tidak ada yang spesial karena belum dilengkapi passive keyless entry. Headlamp di tipe G juga belum dilengkapi auto headlight sebagaimana di tipe TRD Sportivo. 

Fitur Sonet 7 Smart, Suguhi Crossover Value for Money 

Berkonfigurasi 7-Seater dan Fitur Oke, Mending Kia Sonet 7 Daripada Toyota Rush 2021? 09

Kia berusaha tidak pelit fitur dalam menghadirkan Sonet 7 di Indonesia. Untuk tipe menengahnya ini kelengkapan fitur Sonet 7 Smart patut kita acungi jempol. 

Pada eksteriornya, Sonet 7 Smart telah memakai headlamp LED auto light berikut foglamp. Kemudian velgnya berbahan alloy two tone215/60 R16. Makin keren lagi, door handle telah memakai chrome dari tipe Smart ke atas. 

Masuk ke interior, tipe Smart telah dilengkapi dengan head unit 8” LCD with Multiple Bluetooth Connection, Voice Recognition, USBand Auxiliary Connection, Android Auto & Wireless Apple Car. Speakernya sebanyak empat buah ditambah dua tweeter. 

Kesimpulan

Membandingkan kedua model ini, seolah langsung mengerucut segmentasi konsumennya. Toyota Rush cocok untuk mobil keluarga besar yang sering bepergian bersama dan Kia Sonet 7 condong ke keluarga muda yang aktif, sehingga kursi baris ketiga hanya jadi pelengkap.

Melihat harganya, Sonet Smart bisa menjadi alternatif menarik yang bisa kamu pilih bila sudah bosan dengan Rush. Fiturnya tak kalah lengkap, dan sama-sama memiliki transmisi manual dan otomatis. Sebagai catatan, kamu yang fanatik penggerak roda belakang mungkin akan sulit melepaskan sosok Toyota Rush walaupun tergoda dengan desain maupun fitur di Kia Sonet 7.

Komentar