window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Bermodal 5 Kelebihan, Tata Xenon XT Double Cabin 4x4 Masih Kewalahan Hadapi Triton dan Hilux

Enda · 6 Jul, 2022 20:00

5 hal menarik Tata Xenon XT

Melihat adanya peluang di segmen kendaraan niaga kelas ringan jenis double cabin 4x4, pada tahun 2016 PT Tata Motors Distribusi Indonesia (TMDI) meluncurkan Xenon XT di Tanah Air. Setelah diluncurkan, pesaing dari Triton dan Hilux tersebut mendapatkan respon yang cukup baik.

Namun sayang, saat ini minat masyarakat Indonesia terhadap D-Cab jenama Negeri Vrindavan tersebut semakin berkurang dengan alasan layanan after sales terbatas, serta purnajualnya. Bicara soal harga bekasnya, sebenarnya Tata Xenon XT cukup menarik. Seperti yang bisa dilihat untuk lansiran 2017 mobil ini ditawarkan Rp160 jutaan. Padahal untuk harga barunya sendiri tembus di angka Rp390 jutaan.

Punya harga bekas yang menggiurkan, apa sih hal menarik yang dimiliki Tata Xenon XT? Daripada penasaran, simak ulasannya melalui parameter di bawah ini.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Baca juga: Jadi Pick Up Diesel Termurah, Tata Ace EX2 Punya Banyak Kelebihan Unik Dibanding Model Lain

1. Sekelas D-Cab, Kabin Tata Xenon HT Terasa Nyaman

5 hal menarik Tata Xenon XT

Punya wheelbase panjang, Tata Xenon XT terasa nyaman

Secara dimensi Tata Xenon XT memiliki panjang 5.125 mm, tinggi 1.860 mm dan tinggi 1.765. Untuk jarak sumbu roda berada di angka 3.150 mm. Memiliki wheelbase yang panjang, mobil ini terasa nyaman berkat keleluasan kabin yang dihasilkan.

Supaya penggunanya tetap merasa nyaman selama berkendara, di baris pertamanya baik jok pengemudi maupun penumpang depan sudah dibekali dengan arm rest. Untuk baris keduanya secara penampilan mobil ini sama seperti double cabin pada umumnya, hanya saja leg roomnya terasa sedikit lebih luas.

Selain itu pada lingkar kemudinya, mobil ini dibungkus dengan kulit berbahan sintetis yang mana sudah dilengkapi power steering fitur tiltable collapsible type steering, untuk memudahkan pengemudi mengatur posisi berkendara yang nyaman.

2. Fitur Tata Xenon XT Cukup Lengkap Untuk Double Cabin

5 hal menarik Tata Xenon XT

Sekelas double cabin fitur Tata Xenon XT cukup lengkap

Pada center clusternya Tata Xenon XT dilengkapi dengan beragam tombol pengaturan untuk menjalankan fitur, salah satunya kecepatan blower AC, arah semburuan serta suhu. Untuk sistem hiburannya, mobil menggunakan single din yang mendukung beberapa format, seperti; CD mp3, radio serta AUX.

Masih di bagian center cluster, mobil ini juga dilengkapi dengan power outlet di bawah pengaturan AC serta dua cup holder dibelakangnya. Di console tengahnya, tepat di depan tuas hand brake terdapat tombol power window yang bisa digunakan untuk menaikan serta menurunkan keempat kacanya.

Oh iya, untuk melakukan pengaturan kaca spion, mobil ini bisa dilakukan dengan cara menekan tombol yang diletakan di sebelah kanan pengemudi. Di bagian lainnya mobil ini berhasil tersematkan adjustable headlights yang bisa digunakan untuk mengatur tinggi rendahnya lampu guna menyesuaikan kebutuhan berkendara.

3. Fitur Keselamatan Lengkap, Bikin Penggunanya Merasa Nyaman

5 hal menarik Tata Xenon XT

Fitur keselamatan Tata Xenon XT

Bicara soal fitur keselamatan, Tata Xenon XT tidak bisa dipandang sebelah mata. Guna memberikan perlindungan kepada setiap penggunananya, mobil ini telah dibekali dengan ABS, Dual SRS Airbag, seatbelt di semua jok, side impact beam serta struktur rangka bodi ladder type. Dari sisi keamanan, mobil ini sudah dilengkapi immobilizer untuk mencegah pencurian kendaraan.

Baca juga: Keunggulan Tata Super Ace HT yang Tidak Dimiliki Pesaingnya Saat Dipakai Jadi Angkot Tangerang

4. Tata Xenon XT Berbekal Mesin Diesel Turbocharger 2.2, Kaya Akan Performa

5 hal menarik Tata Xenon XT

Mesin diesel 2.2L VVT DICOR Euro II Tata Xenon XT

Tata Xenon XT dibekali mesin diesel Tata 2.2L VVT DICOR Euro II Water-cooled Direct Injection Common Rail Turbocharged intercooled yang dapat memuntahkan tenaga 148 PS @4.000 rpm serta torsi puncak 320 Nm @1.700-2.700 rpm. Tenaga yang dihasilkan tersebut kemudian diatur menggunakan transmisi manual 5-percepatan dan fitur electric shift arrangement transmission. 

Teknologi gearbox GBS-76-5/4.1 dengan overdrive yang digunakan dirancang untuk memberikan kemudahan dalam perpindahan gigi. Membuat operasi transmisi manual nyaman dan menyenangkan dengan grade ability 90%. Dengan begitu mobil mampu dipacu hingga kecepatan tertinggi 160 km/jam yang mana efisiensi bahan bakar dianggap terbaik di kelasnya. 

5. Pengaturan Transfer Case Tata Xenon XT Cukup Mudah

5 hal menarik Tata Xenon XT

Pengaturan 4x4 Tata Xenon XT

Sebagai double cabin 4x4, Tata Xenon XT dilengkapi dengan transfer case untuk menyalurkan tenaga mesin ke roda depan sesuai dengan kebutuhan supaya dapat dengan mudah menakhlukan medan off road. Untuk pengaturan 4x4 nya sendiri terbilang mudah. Pengemudi cukup menggeser baik dengan cara menaikan atau menurunkan mode yang diinginkan menggunakan satu jari.

Baca juga: Adu Pick Up Diesel; Tata Super Ace Vs DFSK Super Cab, Mana yang Lebih Unggul?

Enda

Reporter

Seorang pengagum otomotif sejak kecil, yang suka mengoprek kendaraan di akhir pekan, membuat penulis semakin cinta pada dunia otomotif. Yang pada akhirnya hoby tersebut membawanya ke dalam dunia pekerjaanya sebagai penulis hingga saat ini.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Harga tukar tambah yang adil

Tata Xenon XT

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil