window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Berpotensi Bikin Kecelakaan, Jangan Putar 5 Lagu Ini Ya Saat Menyetir Mobil

Adit · 30 Agu, 2021 14:00

Berpotensi Bikin Kecelakaan, Jangan Putar 5 Lagu Ini Ya Saat Menyetir Mobil 01

Mendengarkan musik yang temponya tinggi bisa berbahaya saat mengemudi.

Mendengarkan musik adalah teman berkendara yang ampuh guna melepas kepenatan dan kantuk. Lewat musik juga aktivitas mengemudi bisa semakin menyenangkan, terlebih ketika lagu favorit terdengar melalui head unit, sekaligus bisa berkaraoke ria. 

Sayangnya tak semua lagu ternyata aman untuk didengar saat mengemudi. Seperti yang dikemukakan penelitian oleh Moneybarn, bersumber studi 'The Effects of Music Tempo on Simulated Driving Performance and Vehicular Control' oleh Warren Brodsky. 

Berpotensi Bikin Kecelakaan, Jangan Putar 5 Lagu Ini Ya Saat Menyetir Mobil 02

Dengerin musik sambil menyetir memang asyik, tapi tak semua musik aman didengar.

Baca Juga: Pengen Cepet Bisa Nyetir Mobil? Perhatikan Hal Berikut Ini

Bahkan dalam pernyataannya, mayoritas 71 persen lagu yang populer dan menjadi favorit para pengemudi, rupanya berbahaya apabila didengar sambil mengendalikan mobil. Sebab bisa menimbulkan dampak negatif seperti memicu terjadinya kecelakaan

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Jadi begini. Saat pengemudi mendengarkan musik yang memiliki ketukan setiap menit atau beats per minute (BPM) tinggi, gaya berkendaranya bisa berubah. Cenderung memacu kendaraan hingga kecepatan tinggi mengikuti ketukan nada lagu hingga berperilaku keras di jalan.

Berpotensi Bikin Kecelakaan, Jangan Putar 5 Lagu Ini Ya Saat Menyetir Mobil 01

Musik yang temponya tinggi bisa mengubah gaya mengemudi lebih agresif.

"Ketukan yang cepat menimbulkan reaksi berlebih dan membuat konsentrasi terfokus pasa musik. Musik dengan tempo cepat juga membuat laju mobil lebih kencang sesuai tempo musik yang didengar," ungkap psikologi London University, Simon Moore. 

Kategori lagu yang dianggap berbahaya tadi temponya di atas 120 BPM. Kemudian semakin kencang volumenya bisa menimbulkan energi musik yang besar. Makin besar energinya juga termasuk yang membahayakan. 

Berpotensi Bikin Kecelakaan, Jangan Putar 5 Lagu Ini Ya Saat Menyetir Mobil 02

Bila gaya mengemudi telah berubah karena musik, segera ganti dengan musik yang lain.

Sebab volume lagu yang kencang berdampak buruk terhadap gaya mengemudi. Ini karena detak jantung terpacu dan waktu reaksi cenderung meningkat drastis. Khawatirnya dalam kondisi tersebut pengemudi melakukan manuver yang tidak perlu dilakukan dalam kecepatan tinggi.

Untuk memudahkan kategorisasi, Moneybarn sudah membaginya dalam klasifikasi musik yang aman, temponya berbahaya, energinya berbahaya, dan tempo beserta energinya yang berbahaya saat menyetir

Berpotensi Bikin Kecelakaan, Jangan Putar 5 Lagu Ini Ya Saat Menyetir Mobil 03

Kategorisasi lagu yang berbahaya oleh Moneybarn.

Musik metal sudah jelas termasuk. Namun hasil risetnya dikerucutkan pada 96 daftar lagu populer yang sering didengar melalui platform pemutar musik Spotify. 

Baca Juga: Baru Belajar Mengemudi Mobil? Begini Cara Aman Waktu Putar Balik

5 Daftar Lagu yang Dianggap Membahayakan Ketika Mengemudi

Dan hasilnya lagu yang terbilang paling tidak aman untuk menemani mengemudi, karena masuk kategori yang memiliki tempo dan energi yang berbahaya adalah Amerian Idiot dari Green Day. Selebihnya berikut ini daftar 5 lagu tersebut.
1. American Idiot-Green Day
2. Party in the USA-Miley Cyrus
3. Mr. Brightside-The Killers
4. Don't Let Me Down-The Chainsmokers
5. Born to Run-Bruce Springsteen

"Bila Anda mulai terdistraksi (perubahan gaya mengemudi menjadi agresif) dengan lagu yang terdengar dari radio atau dari daftar lagu Spotify, sudah saatnya mengganti lagu tersebut," rekomendasi Head of Marketing Moneybarn, Tims Schwarz. 

Berpotensi Bikin Kecelakaan, Jangan Putar 5 Lagu Ini Ya Saat Menyetir Mobil 04

Meskipun menambah adrenalin dan semangat, saat dengarkan musik sambil mengemudi harus tetap fokus ya!

5 Daftar Lagu yang Aman untuk Mengemudi

Tapi tidak semua lagu membahayakan. Sedikitnya sepertiga dari total lagu yang diteliti masuk kategori aman. Dibilang aman lantaran temponya rendah sekitar 60 hingga 80 BPM, tidak memicu perubahan gaya mengemudi yang membahayakan. Berikut daftarnya.

1. Stairway to Heaven-Led Zeppelin
2. Under the Bridge-Red Hot Chili Peppers
3. God's Plan-Drake
4. Africa-Toto
5. Location-Khalid.

Baca Juga: Jangan Menyetir Mobil Tanpa Alas Kaki Ya, Ini Bahayanya

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Cek penawaran terbaik dalam 24 Jam!

Daihatsu Rocky hybrid 2022

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil