window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Biaya Perawatan Lebih Murah, Suzuki Ertiga GL 2022 Bisa Jadi Pilihan Tepat Saat Ini

Enda · 21 Jun, 2022 20:00

Suzuki Ertiga GL 2022

Guna mengurangi pencemaran udara sekaligus menghemat penggunaan bahan bakar, beberapa waktu lalu PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) meluncurkan Suzuki Ertiga Hybird 2022 kehadapan publik. Ertiga dengan teknologi Suzuki Smart Hybrid yang belum lama ini diluncurkan hanya ditawarkan dalam dua model, yakni GX dan Suzuki Sport.

Untuk Suzuki Ertiga GL, pihaknya hingga kini masih menjualnya. Namun PT SIS tidak membekalinya dengan teknologi elektrifikasi berupa ISG (Integrated Starter Generator) dan Lithium-Ion Battery yang digabungkan dengan mesin konvensional. Bicara akan Ertiga GL, saat ini varian tersebut bisa jadi pilihan tepat untuk kalian yang menginginkan sebuah mobil keluarga baru dengan harga lebih terjangkau serta biaya perawatan lebih murah.

Mengetahui harga barunya, per Juni 2022 Suzuki Ertiga GL kini dibandrol Rp245,8 juta dengan transmisi manual dan Rp259,5 juta versi maticnya. Selain harganya terjangkau, untuk biaya perawatannya pun model ini juga lebih murah. Pasalnya untuk Ertiga GX dan SS yang telah menggunakan teknologi Suzuki Smart Hybrid dengan Battery Lithium-Ion berkapasitas 6 Ah 12 V yang diletakan di bawah jok depan, apabila mengalami kerusakan pemilik diharuskan menggantinya dengan estimasi biaya Rp15 jutaan.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Begitupun untuk akinya, biasanya dibandrol Rp700 ribu hingga Rp900 ribu, Ertiga dengan teknologi Suzuki Smart Hybird diharagai Rp3 jutaan setiap melakukan pergantian.

Baca juga: Masih Bingung Sama Teknologi Suzuki Ertiga Hybrid 2022? Simak 3 Jenis Hybrid yang Umum Dipakai Mobil

Perawatan Lebih Mudah dan Murah, Suzuki Ertiga GL Fiturnya Lengkap

Suzuki Ertiga GL 2022

Perawatan Suzuki Ertiga GL lebih mudah dan murah

Untuk bagian luarnya Suzuki Ertiga GL mendapatkan bohlamp berprojector dengan tambahan foglamp dibawahnya. Untuk tampilan belakangnya pun memperoleh list krom memanjang di atas plat nomor yang sama seperti kepunyaan GX.

Melihat ke bagian dalam, nuansa yang ditampilkan Suzuki Ertiga GL memadukan kombinasi warna black-grey. Berbeda dengan model sebelumnya, Ertiga GL baru kini mendapatkan fitur lebih lengkap guna memudahkan penggunanya dalam melakukan pengaturan. Dimana pihaknya kini melengkapinya dengan switch control steering yang dapat terhubung langsung dengan panel cluster serta head unitnya.

Untuk sistem hiburannya, Suzuki telah membekalinya dengan head unit layar sentuh berukuran 8 inci yang mendukung beberapa konektivitas seperti USB, menangkap sinyal radio FM dan AM, AUX, serta memutar musik yang dipancarkan melalui bluetooth. Sedangkan pada pusat informasi kendaraan, di bagian tengah antara tachometer dengan speedometer telah mendapatkan layar TFT MID yang pengaturannya dapat dikendalikan melalui lingkar kemudi.

Suzuki Ertiga GL 2022

Tampilan interior Suzuki Ertiga GL 2022

Mengenai sistem pendingin udaranya, untuk pengaturannya Ertiga GL sudah memakai model digital namun belum menggunakan teknologi auto climate with heater. Disisi lain, di dalam kalian juga bisa menjumpai adanya fitur seperti electric mirror yang mana memudahkan penggunanya ketika hendak melakukan penyetelan kaca spion dari dalam.

Lainnya, Suzuki Ertiga GL berhasil tersematkan power outlet hingga baris kedua, double blower, beberapa cup holder, serta AC double blower yang dapat mendisitribusikan udara sejuk hingga baris paling belakang.

Baca juga: Wajib Tahu, Ini Bedanya Cara Kerja Hybrid Suzuki Ertiga dan Toyota Corolla Cross

Fitur Keselamatan Suzuki Ertiga GL Beda Tipis dengan Versi Hybrid

Suzuki Ertiga GL 2022

Fifur keselamatan Suzuki Ertiga GL sedikit berbeda dengan versi hybrid

Melihat daripada fitur keselamatan yang dimiliki Suzuki Ertiga GL, mobil ini berhasil tersematkan ABS+EBD, dual SRS airbag, VSC (Vehicle Stability Control), seatbelt reminder, child safety lock, 2 point parking sensor, door open warning, ISOFIX, tilt steering, immobilizer, alarm dan APAR. Untuk versi hybridnya, Suzuki membekalinya dengan tambahan berupa cruise control, Electronic Stability Program (ESP), serta keyless entry.  

Jantung Pacu Sama, Performa Suzuki Ertiga GL Tak Kalah Responsif

Suzuki Ertiga GL 2022

Mesin K15B pada Suzuki Ertiga

Bicara jantung mekanis, Suzuki Ertiga GL dibenamkan mesin K15B berteknologi DOHC VVT 1.462 cc yang dapat merilis tenaga hingga 105 PS @6.000 rpm serta torsi puncak sebesar 138 Nm @4.400 rpm. Sebelum menyalurkan putaran tenaga ke roda depan, model ini ini ditawarkan dengan transmisi manual 5-percepatan dan otomatis 4-percepatan.

Sebagai informasi, Berdasarkan ujicoba tes BT2MP Ertiga dengan mesin bensin konvensional mampu mencatat angka konsumsi BBM 16,73 km/liter untuk transmisi automatic dan 18,09 km/liter untuk transmisi manual.

Kesimpulan

Memiliki budget terbatas serta lebih mudah dan murah dalam perawatan, Suzuki Ertiga GL bisa menjadi opsi yang tepat untuk saat ini. Selain biaya perawatan yang terjangkau, untuk model ini juga mendapatkan fitur yang semakin komplit.

Baca juga: Hadir Dalam Tiga Varian, Ini Perbedaan Suzuki Ertiga GA, GL dan GX

Enda

Reporter

Seorang pengagum otomotif sejak kecil, yang suka mengoprek kendaraan di akhir pekan, membuat penulis semakin cinta pada dunia otomotif. Yang pada akhirnya hoby tersebut membawanya ke dalam dunia pekerjaanya sebagai penulis hingga saat ini.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Harga tukar tambah yang adil

Suzuki Ertiga GA MT 2022

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil