Biaya Servis Toyota Camry Lebih Mahal dari Honda Accord, Benarkah?

Yongki Sanjaya · 20 Agu, 2020 09:00

Biaya Servis Toyota Camry Lebih Mahal dari Honda Accord, Benarkah? 01

Nama Toyota Camry sejak lama menjadi simbol status sebagai mobilnya kalangan pejabat dan kalangan atas. Tidak hanya mewah, namun Camry juga kian canggih dengan hadirnya versi hybrid. Untuk layanan aftersales, PT Toyota Astra Motor memberikan garansi hingga tiga tahun atau jarak 100.000 kilometer, mana yang tercapai lebih dulu.

Selain varian G dan V yang menggunakan mesin 2AR-FE berkapasitas 2.500 cc, All New Camry juga hadir dengan varian Hybrid yang mengusung mesin terbaru A252-FXS.

Mobil Toyota Camry tersedia dalam 3 varian,yakni mobil Toyota Camry 2.5 V A/T, Toyota Camry 2.5 G A/T, dan Toyota Camry Hybrid A/T. Harga Toyota Camry berkisar dari Rp 642 juta, Rp 675 juta hingga Rp 842 jutaan. Ini merupakan harga Camry 2020. Kepopularitas mobil Toyota Camry sangat tinggi, saat ini masih banyak juga yang mengincar mobil Toyota Camry bekas. Harga Camry bekas bervarian dan tergantung dengan kondisi dari mobil tersebut.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/ID_Article_Middle_leaderboard', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1649907777923-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1649907777923-0'); });

Namun demikian, Toyota hanya memberikan garansi suku cadang saja. Untuk biaya perawatan rutin tetap dibebankan pada pemilik mobil. Lantas, seberapa mahal rincian biaya perawatan rutin pada Camry?

Biaya Servis Toyota Camry Lebih Mahal dari Honda Accord, Benarkah? 01

Ada perbedaan biaya perawatan antara mobil Toyota Camry biasa dan versi hybrid. Pada Camry Hybrid, total biaya perawatan hingga 150 ribu kilometer yaitu sebesar Rp 29.716.300 sedangkan untuk varian non-hybrid menghabiskan total Rp 29.626.300.

Biaya Perawatan Honda Accord Jauh Lebih Murah

Biaya Servis Toyota Camry Lebih Mahal dari Honda Accord, Benarkah? 02

Pada segmen sedan medium yang sama, ada Honda Accord yang menjadi rival utama mobil Toyota Camry. Mobil Honda Accord hanya tersedia dalam 1 varian. Harga mobil Honda Accord dibanderol dengan biaya sebesar Rp 734 jutaan. Ini merupakan harga mobil Honda Accord di tahun 2020.

Untuk New Accord ini tersedia dalam versi 2.4 liter dan yang terbaru ada 1.5 liter turbo. Honda Indonesia dalam hal ini PT Honda Prospect Motor juga memberikan garansi selama tiga tahun atau 100.000 kilometer untuk Accord.

Selama jangka waktu garansi tadi, apakah pemilik mobil sedan Honda Accord tetap dimintai biaya jasa untuk servis rutin? Ternyata tidak sama sekali karena Honda memberikan garansi secara menyeluruh baik itu jasa maupun suku cadang.

Selama tiga tahun atau hampir 100 ribu kilometer, biaya perawatannya benar-benar gratis. Berdasarkan website Honda Indonesia, biaya servis baru diminta saat melakukan servis di 100.000 kilometer.

Untuk estimasi biayanya, mobil Honda Accord 2.4 liter sebesar Rp 924.000. Sedangkan untuk Accord Turbo 1.5 liter biayanya tidak dicantumkan dalam website resmi. Sudah terbukti, biaya perawatan Accord 2.4 liter jauh lebih murah dan terjamin daripada Camry.

Biaya Servis Camry vs Accord Bekas

Biaya Servis Toyota Camry Lebih Mahal dari Honda Accord, Benarkah? 03

Perawatan sedan Accord untuk tahun yang lebih tua masih bersahabat. Untuk servis rutin dan scan saja, di bengkel spesialis Honda Clinic mematok biayanya lebih hemat. Untuk proses tune-up dan scan Honda Accord dikenai ongkos Rp 450 ribuan.

Kemudian biaya servis menyeluruh untuk mobil Honda Accord di bengkel tersebut sekitar Rp 700 ribu. Biaya tersebut sudah termasuk chemical untuk carbon clean dan penyetelan ulang mesin tapi belum termasuk ganti oli. Apabila biayanya ditambah dengan ganti oli, bisa sampai Rp 1,5 sampai 2 jutaan untuk membeli olinya.

Biaya Servis Toyota Camry Lebih Mahal dari Honda Accord, Benarkah? 04

Proses servis besar di bengkel spesialis untuk mobil sedan Honda Accord biasanya meliputi pembersihan injector hingga pengecekan kondisi motor extra fan radiator. Setelah itu, bagian intake manifold dilepas lalu injector dibersihkan.

Setelah melakukan tune-up, akan ada banyak perubahan penyetelan ulang. Oleh karena itu diperlukan proses scan demi memperbaiki kinerja dan performa mobil dari ECU agar seluruh sistemnya selaras dengan setelan mesin yang baru.

Biaya Servis Toyota Camry Bekas Lebih Murah

Biaya Servis Toyota Camry Lebih Mahal dari Honda Accord, Benarkah? 05

Untuk servis rutin atau tune up mobil Toyota Camry lawas di bengkel spesialis Toyota ternyata lebih murah. Di bengkel Anugerah Motor MGK Kemayoran, biaya jasanya itu Rp 300 ribu di luar biaya suku cadang atau oli yang diganti.

Untuk servis rutin atau tune up mobil Toyota Camry generasi keenam meliputi pengecekan dan pembersihan pada sektor pembakaran. Mulai dari membersihkan kerak pada lubang-lubang busi dan throttle body setiap 10 ribu kilometer. Kemudian, mobil akan dicek bagian koil dan ganti oli.

Ketika mobil Camry sudah mendekati usia 10 tahun, perlu untuk melakukan servis besar. Menurut buku panduan Toyota, servis besar dilakukan itu untuk mobil yang kilometernya sudah mencapai 80 ribu kilometer.

Biaya Servis Toyota Camry Lebih Mahal dari Honda Accord, Benarkah? 06

Untuk servis besar di bengkel Anugrah Motor MGK, perbaikan ditambah dengan pembersihan mesin dengan carbon cleaner, cek rem dan ganti oli transmisi. jasa servis besar Camry di Anugerah Motor dipatok Rp 650 ribu.

Apabila ditemui problem seperti rpm-nya kurang tinggi, ketinggian, atau bahkan check engine-nya menyala, setelah proses tune up, maka perlu melakukan scan ECU yang biayanya sekitar Rp 150 sampai 200 ribuan.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/ID_Article_Bottom_leaderboard', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1649907953835-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1649907953835-0'); });

Yongki Sanjaya

Editor

Berpengalaman di beberapa media online. Bermula menjadi reporter otomotif di situs yang lain hingga kini menjadi Editor di Autofun Indonesia. Penghobi mobil lawas dan anak 90-an banget. FB:Yongki Sanjaya Putra

Komentar

Mobil Terbaru