Bikin Iri, Toyota Corolla Cross untuk Pasar AS Sudah Pakai Fitur TSS di Semua Varian

Prasetyo · 3 Jun, 2021 14:00

Toyota Corolla Cross USA

Setelah menuai penjualan cukup baik di wilayah ASEAN, Toyota Corolla Cross akhirnya menjajaki pasar di Amerika Serikat (AS). Model crossover ini secara resmi diperkenalkan Toyota USA, Rabu (02/06/2021) waktu setempat.

Toyota menyodorkan Toyota Corolla Cross USA dalam 6 varian. Ini sebagai bagian dari strategi Toyota dalam melawan Honda HR-V, Mazda CX-30, Nissan Rogue, Hyundai Kona, Kia Seltos, sampai Jeep Compass dan Ford Bronco.

Toyota Corolla Cross USA version

Ada 6 varian tipe untuk pasar di AS

Toyota Corolla Cross USA Pakai Mesin Dynamic Force 2.0

Corolla Cross versi AS mendapatkan mesin 2.0-liter Dynamic Force yang mampu menghasilkan tenaga puncak 169 PS dengan torsi 203 Nm. Mesin ini kemudian dikombinasikan dengan transmisi Direct-Shift CVT. Pelanggan juga disajikan pilihan tipe penggerak roda depan (FWD) dan All-Wheel Drive (AWD).

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Amerika adalah pasar kedua setelah Brasil yang mendapatkan varian Toyota Corolla Cross AWD. Sementara untuk pasar ASEAN termasuk Indonesia, Corolla Cross cuma hadir dengan tipe penggerak roda depan.

Tetapi untuk Indonesia, Corolla Cross dipasarkan Toyota dalam dua varian mesin. Yaitu mesin bensin 1.8-liter Dual VVT-i dan varian Toyota Corolla Cross Hybrid.

Toyota Corolla Cross 2.0

Mesin 2.0 Dynamic Force

Penggerak roda AWD menggunakan sistem suspensi fully-independent. Didukung dengan fitur Dynamic Torque Control, pembagian tenaga mencapai 50% ke roda belakang serta roda depan. Berbeda dengan tipe FWD yang memanfaatkan kinerja dari suspensi model MacPherson Strut dan Torsion Beam.

Spesifikasi Teknis Toyota Corolla Cross USA Toyota Corolla Cross Indonesia
Jenis mesin Dynamic Force 4 silinder Dual VVT-i 4 silinder DOHC Dual VVT-i
Kapasitas silinder 2.0-liter 1.8-liter
Daya maksimum 169 PS 140 PS
Torsi maksimum 203 Nm 172 Nm
Sistem penggerak roda FWD & AWD FWD
Suspensi depan Fully Independent McPherson Strut
Suspensi belakang Fully Independent Torsion Beam

Baca juga : Hasil Uji Akselerasi 0-100 Km/jam Toyota Raize Lebih Cepat dari Toyota Corolla Cross Hybrid, Nggak Percaya?

Headunit Toyota Corolla Cross di Amerika Terhubung 9 Speaker JBL

Lanjut soal fitur-fiturnya. Ternyata apa yang ada di Toyota Corolla Cross AS masih cukup familiar dengan yang ada di ASEAN namun ada beberapa tambahan fitur.

Misalnya pelapis kabin sudah menggunakan bahan SoftTex kulit sintetis. Lalu jok pengemudi punya 9 arah pengaturan elektrik. Perangkat lainnya adalah keberadaan panel instrumen serba digital berukuran 7 inci.

Toyota Corolla Cross USA Interior

Interiornya berwarna terang

Yang menarik, versi AS dari Corolla Cross ini sudah menggunakan fitur Electric Parking Brake. Sementara piranti hiburannya datang dari sistem infotainmen layar sentuh 7 inci hingga 8 inci yang sudah support Android Auto serta Apple CarPlay.

Sementara Toyota Corolla Cross di Indonesia gunakan monitor 9 inci. Walau begitu, versi AS ini sudah dipasangkan juga dengan 9 speaker JBL pada varian tertinggi Corolla Cross.

Baca juga : Harga Toyota Corolla Cross di Malaysia Lebih Murah, Apakah Lebih Unggul dari Versi Indonesia?

Sudah Ada Fitur TSS di Semua Varian Tipe

Toyota Corolla Cross 2021

Kepraktisan Corolla Cross

Hal menarik selanjutnya dari Corolla Cross spesifikasi di AS adalah keberadaan fitur TSS (Toyota Safety System). Fitur ini sudah menjadi perangkat keselamatan standar disemua varian Corolla Cross.

Fitur TSS yanga da di Corolla Cross ini termasuk juga Dynamic Radar Cruise Control (DRCC), Pre-Collision System (PCS), dan Lane Tracing Assist (LTA). Sementara tambahan fitur Blind Spot Monitoring, Rear-Cross Traffic Alert , serta 9 airbags ada di varian tipe tertinggi.

Sayangnya detil harga dari masing-masing tipe Toyota Corolla Cross di Negeri Paman Sam belum dirilis. Kalau harganya setara Corolla Cross di Indonesia sih bener-bener bikin iri ya!

Harga Toyota Corolla Cross di Indonesia:

  • 1.8 AT : Rp463.510.000
  • 1.8 Hybrid AT : Rp518.480.000

Baca juga : Rating: Toyota Corolla Cross – Percaya Diri Dengan Andalkan Teknologi Hybrid

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Prasetyo

Editor

Menggeluti bidang jurnalistik otomotif sejak 2009 selaras dengan hobinya dalam memodifikasi mobil. Apalagi karakteristik yang berbeda dari setiap kendaraan yang dibuat oleh masing-masing pabrikan, terus menumbuhkan minatnya di dunia otomotif hingga saat ini.

Komentar

20% lebih tinggi dari harga jual rata-rata

Toyota Corolla Cross Gasoline

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Pemeriksaan mobil dan pelayanan transaksi hanya tersedia di Pulau Jawa

Mobil Terbaru