window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Bikin Rusak dan Kotor, Ini Cara Usir Tikus dari Mobil Anda

Dhoni · 2 Feb, 2021 12:00

Mungkin sebagian dari anda pernah merasakan mobil kesayangan tiba-tiba diserang oleh hewan pengerat. Bukan hanya menimbulkan bau tidak sedap karena menyisakan bekas makanan mereka tapi juga dapat menimbulkan kerusakan pada berbagai komponen di mobil, khususnya sistem kelistrikan.

Bikin Rusak dan Kotor, Ini Cara Usir Tikus dari Mobil Anda 01

Tikus bisa merusak bagian mesin mobil

Jujur saja, hal ini baru saya alami dan beberapa tetangga juga merasakan serangan dari hama tikus ini. Bahkan ada yang sampai menimbulkan kerusakan pada kabel-kabel untuk penerangan sehingga cukup menguras kantong untuk menggantinya. Lalu bagaimana cara untuk mengusir tikus dan membuatnya jera agar tidak memasuki area mobil kembali?

Tikus sebagai hewan pengerat yang hidup secara teritorial tidak menyukai aroma atau bau wangi yang menyengat.  Tikus sangat menyukai tempat bersarang yang dekat dengan sumber makanan. Dan tikus masuk dalam hewan nocturnal (beraktifitas di malam hari) sehingga lebih sering merusak mobil pada saat kita sedang tertidur.

Bikin Rusak dan Kotor, Ini Cara Usir Tikus dari Mobil Anda 02

Cara Usir Tikus dari Mobil Anda

Dari informasi tentang kebiasaan tikus itu, kita bisa melakukan hal yang membuat tikus menjauhi rumah atau mobil kesayangan. Namun untuk mengusir tikus dari mobil, Anda dapat melakukan hal ini:

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Mencuci mobil hindari serangan tikus

Maksud dari mencuci mobil, bukan sekedar mencuci pada umumnya. Aroma jejak yang ditinggalkan tikus harus sampai hilang agar tikus tidak kembali lagi ke area mesin. Semoga saja tikus hanya memasuki area mesin, jika telah measuki kabin pastikan tidak ada koloni mereka yang tertinggal.

Bikin Rusak dan Kotor, Ini Cara Usir Tikus dari Mobil Anda 01

Selalu jaga kebersihan mobil bisa menghindari tikus

Mencuci mobil harus sampai seluruh sudut mobil, jika sulit dijangkau Anda bisa menggunakan air sabun dengan menyemprotkan beberapa kali hingga yakin tidak ada aroma maupun jejak tikus yang tertinggal.

Cairan desinfektan pun dapat digunakan dengan menyemprotkan secara menyeluruh ke area mesin mobil. Namun sebelum melakukan, pastikan sistem kelistrikan mobil Anda tidak ada kendala dengan air atau paling tidak jangan menyemprot dengan tekanan tinggi.

Memberikan wewangian untuk usir tikus di mobil

Aroma wangi yang menyengat juga dapat mengusir tikus. Kapur barus atau kamper dapat anda gunakan dengan cara menumbuknya agar dapat disebarkan. Memang tidak serta merta dapat mengusir tikus, Anda harus rajin melakukannya karena sifat kabur barus yang akan menguap setelah terkena udara.

Bikin Rusak dan Kotor, Ini Cara Usir Tikus dari Mobil Anda 02

Kamper bisa jadi solusi awal mengusir tikus di kompartemen mobil (foto: kumparan.com)

Cairan anti tikus pada mesin mobil

Saat ini cukup banyak cairan pengusir hama tikus yang tersedia. Cairan ini memiliki fungsi untuk mengusir tikus agar tidak mendekati mobil. Selain bagian mobil, tidak ada salahnya anda menyemprotkan pada luar atau sekitar mobil agar tikus tidak mendekat. Namun karena sifatnya mengandung racun, jangan sampai hewan peliharaan anda seperti kucing terkena cairan pengusuir tikus.

Alat pengusir tikus pada mobil

Selain cairan pengusir tikus, alat untuk pengusir tikus dengan sistem mengeluarkan suara ultrasonic berfrekwensi rendah. Namun yang harus Anda ingat, hewan nocturnal ini akan menyerang mobil pada malam hari sehingga harus mengaktifkan di malam hari. Dengan menggunakan power dari aki mobil secara terus-menerus, maka kemampuan aki harus dalam kondisi yang bagus. Walau alat tersebut hanya membutuhkan asupan daya yang kecil, tetapi jika memungkinkan Anda menggunakan listrik rumah saja agar tidak beresiko pada baterai mobil anda.

Beri penerangan pada area mesin mobil

Tikus sebagai hewan nocturnal sangat tidak menyukai tempat yang terang. Memberi penerangan pada mesin mobil juga dianggap dapat mengusir tikus. Namun jika mobil anda tersimpan rapi di garasi rumah dan tidak akan terkena hujan atau minimal embun, tidak ada salahnya membuka kap mesin pada malam hari. Tujuannya selain memudahkan dalam mengusir tikus, cahaya yang terang dari rumah memberikan dampak bagi tikus.

Bikin Rusak dan Kotor, Ini Cara Usir Tikus dari Mobil Anda 03

Beri penerangan bagian mesin di malam hari

Jaga kebersihan di sekitar mobil

Tikus sangat menyukai tempat yang menyediakan makanan sehingga Anda harus selalu memastikan tidak ada sumber makanan di sekitar mobil. Tikus memiliki kebiasaan akan membawa makanan ke tempat yang tidak ada gangguan seperti di balik kap mesin mobil.

Jika sumber makanan terlalu jauh dari mobil, kemungkinan besar tikus akan memilih tempat lainnya untuk bersarang maupun menikmati santapannya.

Hindari memarkir mobil di dekat saluran air

Pada umumnya, habitat tikus saat ini berada saluran air sehingga sering disebut ‘Tikus Got’. Semakin mobil Anda terparkir jauh dari saluran pembuangan air, besar kemungkinan mobil anda tidak didekati oleh tikus. Namun jika terpaksa, anda harus selalu memastikan tikus tidak bersarang di mobil dalam waktu lama.

Bikin Rusak dan Kotor, Ini Cara Usir Tikus dari Mobil Anda 04

Hindari parkir dekat dengan sarang tikus yang biasanya di got

Memanaskan mobil usir tikus

Menghidupkan mobil setiap hari karena jarang digunakan bukan hanya memberikan dampak positif pada mesin hingga baterai mobil. Suhu yang panas di area mesin mobil juga dapat mengusir tikus. Paling dengan rajin memanaskan mobil, selain dapat mengusir tikus, baterai atau aki mobil dapat bertahan lebih lama.

Dengan berbagai cara untuk mengusir tikus, semoga mobil anda tidak kembali diserang hewan pengerat yang juga dapat membawa penyakit bagi manusia. Ingat, selalu memeriksa kondisi mobil sebelum melakukan perjalanan. Jangan sampai anda tidak sadar beberapa komponen mobil telah rusak akibat tikus.

 

 

 

Dhoni

Reporter

Telah menjadi jurnalis sejak 2008 dengan mengkhususkan diri ke dunia sepeda, namun mulai 2015 mulai menjalani karir sebagai wartawan di dunia otomotif. Namun lebih memilih motorsports sebagai prioritas. Dia tertarik pada teknologi mobil - mobil 4WD. Instagram: dhoni_bima

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Harga tukar tambah yang adil

Honda Brio Satya S M/T 2022

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil