Bikin Sedih, Sepanjang 2021 Suzuki Karimun Wagon R Ternyata Cuma Terjual Segini

Prasetyo · 16 Des, 2021 12:01

Bikin Sedih, Sepanjang 2021 Suzuki Karimun Wagon R Ternyata Cuma Terjual Segini 01

  • Penjualan Suzuki Karimun Wagon R paling rendah di segmen LCGC
  • Karimun Wagon R tipe GX sama sekali tak diminati

Suzuki Indonesia akhir bulan lalu sudah memutuskan tak lagi menjual Karimun Wagon R. Meski begitu mobil yang masuk kategori LCGC ini tetap diproduksi tapi buat kebutuhan ekspor. Lalu berapa penjualan Suzuki Karimun Wagon R selama 2021?

Donny Saputra, 4W Marketing Director PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) pernah berucap alasan Suzuki Karimun Wagon R dihentikan penjualannya lantaran perusahaan sedang mempersiapkan diri menyongsong era elektrifikasi.

Bikin Sedih, Sepanjang 2021 Suzuki Karimun Wagon R Ternyata Cuma Terjual Segini 02

Suzuki juga produksi Karimun Wagon R Blind Van untuk ekspor

Namun data GAIKINDO yang belum lama kami terima menunjukkan kalau penjualan Karimun Wagon R sepanjang Januari - November 2021 tidak terlalu sukses. Dibanding kompetitornya di segmen kendaraan harga terjangkau ramah lingkungan, terlihat sekali jika penjualan Karimun Wagon R menempati posisi paling buncit.

Baca juga : Resmi, Suzuki Indonesia Stop Jualan Karimun Wagon R!

Ada Tipe Suzuki Karimun Wagon R yang Sama Sekali Gak Laku

Bikin Sedih, Sepanjang 2021 Suzuki Karimun Wagon R Ternyata Cuma Terjual Segini 01

Sempat muncul Karimun Wagon R edisi khusus

Berdasarkan data wholesales (dari pabrik ke dealer), penjualan Suzuki Karimun Wagon R secara total 2.510 unit. Namun angka ini terhimpun dalam kurun waktu 11 bulan, mulai dari Januari 2021 hingga November 2021.

Adapun unit Karimun Wagon R paling laris adalah yang tipe GS AGS dengan pencapaian 1.284 unit atau lebih dari setengah dari total Karimun yang terjual di Indonesia sepanjang 2021. Di posisi kedua ada tipe GL MT yang penjualannya untuk periode yang sama sebanyak 904 unit.

Bikin Sedih, Sepanjang 2021 Suzuki Karimun Wagon R Ternyata Cuma Terjual Segini 02

Karimun juga tersedia dalam transmisi AGS

Namun ternyata ada varian Wagon R yang sama sekali tidak diminati konsumen Indonesia. Yaitu tipe GX baik yang transmisi manual (MT) maupun yang varian transmisi AGS. Karena keduanya tercatat angka penjualan nol.

Penjualan Karimun Wagon R Paling Buncit dari LCGC Lain

Perbandingan Penjualan LCGC 5-seater Januari-November 2021
Honda Brio Satya 26.308 unit
Daihatsu Ayla 20.159 unit
Toyota Agya 15.306 unit
Suzuki Karimun Wagon R 2.510 unit

Masih dari data yang sama, kami pun melihat kalau Suzuki seperti kurang beruntung bermain di segmen LCGC. Buktinya penjualan Karimun Wagon R kalah jauh dari kompetitornya seperti Ayla-Agya dan juga Honda Brio.

Bikin Sedih, Sepanjang 2021 Suzuki Karimun Wagon R Ternyata Cuma Terjual Segini 03

Brio Satya LCGC 5-seater terlaris di Indonesia

Karimun Wagon R memang tidak bisa disandingkan dengan Toyota Calya maupun Daihatsu Sigra. Sebab kedua mobil ini masuk dalam kategori LCGC namun berjenis 7 penumpang. Sementara Wagon R hanya berkapasitas 5 penumpang, sama seperti Toyota Agya, Daihatsu Ayla, dan juga Honda Brio.

Baca juga : Suzuki Karimun Wagon R Sudah Waktunya Bersolek Biar Bisa Lawan Mobil LCGC Lain

Lama Tak Bersolek Jadi Penyebab Suzuki Karimun Wagon R Kurang Diminati

Bikin Sedih, Sepanjang 2021 Suzuki Karimun Wagon R Ternyata Cuma Terjual Segini 04

Sejak 2017, Karimun Wagon R tak pernah muncul generasi barunya

Jika sedikit kilas balik ke belakang, SIS pertama kali memperkenalkan mobil ini di tahun 2013. Tepatnya saat gelaran Indonesia International Motor Show (IIMS) di Jakarta. Nama resmi mobil ini sebenarnya adalah Suzuki Indomobil Karimun Wagon R. Dimana emblem bagian depan berbentuk burung Garuda bukan logo "S" layaknya mobil Suzuki lain.

Awal muncul, mobil ini hanya menggunakan transmisi manual 5 percepatan. Namun di tahun 2015 SIS memperkenalkan versi transmisi AMT yang disebut Auto Gear Shift (AGS). Dan selama beredar di Indonesia, Suzuki baru sekali melakukan peremajaan pada Karimun Wagon R yakni di tahun 2017.

Faktor jenuh dari masyarakat akan sosok Karimun Wagon R sepertinya membuat penjualan mobil ini kian hari kian merosot. Padahal mobil mungil yang satu ini terkenal karena hemat BBM dan biaya perawatannya sangat murah.

Baca juga : City Car Rp35 Jutaan Antara Hyundai Atoz Vs Suzuki Karimun Kotak, Mana yang Lebih Unggul Soal Spesifikasi?

Prasetyo

Editor

Menggeluti bidang jurnalistik otomotif sejak 2009 selaras dengan hobinya dalam memodifikasi mobil. Apalagi karakteristik yang berbeda dari setiap kendaraan yang dibuat oleh masing-masing pabrikan, terus menumbuhkan minatnya di dunia otomotif hingga saat ini.

Komentar

20% lebih tinggi dari harga jual rata-rata

2020 Suzuki Karimun Wagon R MPV 7-Seater

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Pemeriksaan mobil dan pelayanan transaksi hanya tersedia di Pulau Jawa

Mobil Terbaru