Bingung Pilih Civic Hatchback atau Sedan? Simak Panduannya 

Alex · 1 Okt 2020 11:00

Honda Civic merupakan salah satu medium sedan yang namanya cukup harum di Indonesia. Sepertinya tak ada penggemar otomotif yang tidak kenal dengan sedan Honda satu ini.

Di Indonesia sendiri Civic memasuki generasi sepuluh dan tersedia dalam beberapa varian. Eksistensinya di Indonesia cukup sukses merebut hati masyarakat.

Bahkan tak cuma terkenal akan kenyamanannya untuk penggunaan harian, Honda Civic juga tergolong sukses di lintasan balap. Maka tak heran Civic punya reputasi cukup gemilang di tanah air.

PT Honda Prospect Motor sendiri terakhir merilis penyegaran pada Civic di awal tahun 2020 ini. Saat itu yang disegarkan adalah Civic varian hatchback. 

Nah, bagi Anda yang hendak meminang Honda Civic harus mengetahui terlebih dahulu variannya. Mobil ini terbagi dua varian, yakni sedan dan hatchback.

Mana yang harus Anda pilih sesuai kebutuhan? Untuk itu mari kita kupas tuntas dalam panduan membeli Honda Civic generasi sepuluh berikut ini.

Pilih Varian Honda Civic

Sejatinya, Honda Civic kini tersedia dalam tiga varian. Ada New Honda Civic Hatchback RS, Honda Civic Turbo sedan dan Civic Type R. Varian yang disebut terakhir itu bisa digolongkan ke dalam sportcar karena mengusung mesin powerful dan memang dirancang untuk memenuhi kebutuhan konsumen kalangan atas.

Nah, dengan demikian kita fokuskan pembahasan pada dua model, yakni Civic Turbo sedan dan Civic Hatchback. Dari namanya saja tentu kita mudah ketahui perbedaannya bukan?

Tentunya Anda akan mendapati sejumlah perbedaan besar pada varian hatchback dan sedan. Dari segi eksterior saja misalnya, Anda akan mendapatkan keunikan yang berbeda-beda.

Tentunya desain yang lebih compact disodorkan oleh Civic Hatchback RS. Tak ada "buntut" yang menjadi bagasi. Namun Anda akan mendapati pintu hatchback yang berdesain sporty.

Keunggulan bagasi hatchback sendiri adalah akesabilitasnya yang cukup baik. Barang berukuran besar dapat mudah dimasukkan ke bagasi. Hal yang cukup berbeda dengan Civic varian sedan.

Sebagi sedan sejati, Civic sedan menawarkan kapasitas bagasi dengan buntut yang khusus menampung berang-barang dan terpartisi dengan kabin tengah. Secara dimensi tentunya lebih panjang Civic sedan yang membuatnya kalah lincah dibanding varian hatchback.

Namun kedua mobil ini punya lebar yang sama. Artinya keleluasaan kabin keduanya sama saja. Hanya panjang totalnya saja yang berbeda. 

Ukuran lingkar roda keduanya pun juga sama. Honda membekali Civic Hatchback dan sedan dengan pelek lingkar 17 inci. Kedunya juga dibekali rem cakram di keempat roda.

  Hatchback Sedan
Panjang 4.501 mm 4.548 mm
Lebar 2.076 mm 2.076 mm
Tinggi 1.434 mm 1.416 mm

Kelengkapan Fitur Civic Sedan dan Hatchback

Dari sektor eksterior, kelengkapan fitur keduanya bisa dibilang seimbang. Mulai dari penggunaan lampu full LED, auto head light dan DRL berteknologi LED sudah jadi kelengkapan standar keduanya.

Untuk manuver parkir mundur pun duo Civic ini juga dibekali dengan kamera mundur berikut sensornya. Sepasang lampu sein LED juga mewarnai di tiap spion.

Sepasang kaca spion Civic Hatchback dan sedan juga menggunakan fitur autoretracable yang dapat dioperasikan dari tombol di kabin. Namun ada satu perbedaan di bagian wiper kaca depan.

Pada Honda Civic RS Hatchback sudah menganut teknologi rain sensing. Artinya, jika sedang berkendara tiba-tiba hujan, otomatis wiper akan bekerja walau pengemudi belum menekan tuasnya.

Selebihnya di eksterior soal selera. Sebab secara keseluruhan, Civic Hatchback RS sangat kental akan aura sporty di eksterior. Penggunaan aerokit di bumper depan dan diffuser di bagian buritan membuat mobil ini cukup sangar.

Lain halnya dengan desain eksterior Civic Turbo sedan. Bahasa desain solid wing di bagian moncong dilanjutkan dengan sangat baik hingga sampai ke bagian belakang. Secara keseluruhannya desain Civic sedan sangat tepat disebut elegan dengan karakter dinamis.

Pada fitur di interior, lagi-lagi nyaris tak ada bedanya kedua mobil beda varian ini. Hanya saja walau keduanya sama-sama menggunakan layar sentuh 7 inci pada infotainment, namun milik Civic Turbo sedan sedikit lebih lengkap fiturnya.

Pasalnya WiFi thetering, layanan navigasi dan port HDMI tak bisa ditemukan pada infotainment system Honda Civic Hatchback RS. Namun keduanya sama-sama dibekali handsfree telephone switch.

Untuk sisi penunjang keselamatan Honda juga sama-sama membekali dua varian ini dengan jumlah kantung udara berjumlah enam titik. Hill Start Assist dan Vehicle Stability Assist juga dimiliki keduanya dalam memastikan manuver yang aman.

Mesin Masing-masing Varian

Untuk urusan dapur pacu alias mesin, keduanya sama-sama kembar. Jadi, Honda memang membuat satu mesin yang sama untuk dijejali pada dua model body Civic. 

Outputnya pun tak ada bedanya. Kubikasi mesin mobil Honda Civic tercatat sebesar 1.498 cc dengan konfigurasi empat silinder segaris.

Highlight dan sekaligus point kebanggaan pad asektor mesin ada di teknologi dan perangkat forced induction yang digunakan Civic. Mesin Civic sudah menggunakan perangkat turbocharger dan mengusung teknologi VTEC.

Sumber tenaga Civic Hatchback RS dan sedan tersebut sanggup merilis tenaga puncak hingga 173 PS dan torsi mencapai 220 Nm. Semuanya disalurkan dengan transmisi otomatis berteknologi CVT ke roda depan.

Kesimpulan

Dari desain eksetrior saja sudah bisa jadi pertimbangan terbesar dalam memilih Honda Civic. Jika Anda butuh mobil yang punya karakter sporty kuat tentu pilihannya adalah Civic Hatchback RS.

Sedangkan Civic Turbo sedan sangat pas bagi konsumen yang butuh mobil bercitra elegan dan dinamis. Namun kedunya bisa dibilang punya performa serupa yang siap memberikan pengalaman fun to drive bagi pengemudinya.

Komentar

Mobil Terbaru