window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Bingung Pilih Mobil Keluarga? Ini Perbandingan Spesifikasi Mitsubishi Xpander Vs Kompetitor

Franky · 7 Jun, 2020 11:00

Bingung Pilih Mobil Keluarga? Ini Perbandingan Spesifikasi Mitsubishi Xpander Vs Kompetitor 01

Seperti dikutip pada situs resmi Gaikindo, Yohannes Nangoi selaku Ketua Umum Gaikindo, memaparkan mengenai prediksi segmen mobil yang bakal paling dominan penjualannya di tahun 2020. Nangoi memperkirakan penjualan tetap akan didominasi oleh jenis mobil serbaguna kecil Low Multi Purpose Vehicle (LMPV) dan jip kecil Low Sport Utility Vehicle (LSUV).

Segmen LMPV memang masih menjadi segmen pasar yang menjadi primadona dalam penjualan mobil di Indonesia. Terbukti dari sumbangan penjualan segmen LMPV di kisaran 20 persen dari total penjualan mobil di Indonesia tahun 2019.

Mitsubishi Xpander menjadi salah satu mobil segmen LMPV yang menjadi pendobrak baru di segmen tersebut. Mulai dari desain eksterior dan berbagai fitur yang melimpah seakan menjadi pesaing baru melawan kompetitornya.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Mobil Mitsubishi Xpander memiliki total 8 tipe dengan Mitsubishi Xpander GLX sebagai varian terendah. Harga Mitsubshi Xpander 2020 berkisar dari Rp 243 juta hingga Rp 275 jutaan. Harga mobil Xpander ini tidak beda jauh dengan charga expander 2019.

Hal tersebut seakan memberikan pengaruh besar bagi kompetitornya untuk segera memperbaiki dan meningkatkan berbagai fitur dan desain agar dapat terus bisa bersaing di kelasnya. Seperti halnya Toyota Avanza dengan seri Facelift dan Suzuki Ertiga dengan seri sportnya siap bersaing di kelas mobil keluarga serbaguna.

Mobil Mitsubishi Xpander memiliki total 8 tipe dengan Mitsubishi Xpander GLX yang menjadi varian terendahnya. Harga Mitsubshi Xpander 2020 berkisar dari Rp 243 juta hingga Rp 275 jutaan. Harga mobil Xpander ini tidak beda jauh dengan charga expander 2019. Saudara Mitsubishi Xpander, yakni mobil Xpander Cross. Mobil Mitsubishi Xpander Cross memiliki 3 tipe. Harga Mitsubishi Xpander Cross berkisar dari Rp 273 juta hingga Rp 393 jutaan. Ini merupakan harga mobil Xpander Cross di tahun 2020.

Bicara mengenai mobil persaingan segmen LMPV, Mitsubishi Xpander telah memberikan spesifikasi yang maksimal bagi kenyamanan mobil keluarga. Tapi bagaimana perbandingan spesifikasi Mitsubishi Xpander dengan para kompetitornya seperti Toyota Avanza dan Suzuki Ertiga?

Sekilas info, mobil Suzuki Ertiga terbaru memiliki total 7 tipe. Harga Suzuki Ertiga berkisar dari Rp 207 juta hingga Rp 263 jutaan. Ini merupakan harga mobil Suzuki terbaru di tahun 2020. Sedangkan tipe mobil Toyota Avanza berjumlah 5 tipe. Harga Toyota Avanza berkisar dari Rp 200 juta hingga Rp 230 jutaan. Ini merupakan harga new Avanza di tahun 2020 dan tidak beda jauh dengan harga mobil Avanza 2019. Saudara Toyota Avanza, Toyota Veloz memiliki 4 tipe. Harga Toyota Veloz 2020 berkisar dari Rp 225 juta hingga Rp 249 jutaan.

Kali ini akan diulas mengenai perbandingan spesifikasi Mitsubishi Xpander dan kompetitornya.

Perbandingan Spesifikasi Mitsubishi Xpander vs Kompetitor

Bingung Pilih Mobil Keluarga? Ini Perbandingan Spesifikasi Mitsubishi Xpander Vs Kompetitor 01

Toyota New Avanza (kiri) dan Suzuki Ertiga (kanan) siap bersaing di kelas LMPV

Spesifikasi Mitsubishi Xpander mobil ini seakan menjadi kelas baru dalam mobil segmen Low-MPV. Hal ini terbukti dari antusiasme pembeli saat mobil ini diluncurkan di 2017 lalu. Belum genap 2 bulan mobil X pander ini diluncurkan Mitsubishi Xpander telah mengantongi sekitar 23.000 pemesanan. Hingga saat ini di tahun 2020 Mitsubishi Xpander terus mendapatkan penjualan yang stabil dan masih menempati kategori mobil terlaris.

Hal ini tak luput dari spesifikasi yang diberikan mobil Xpander mulai dari performa, tampilan, dimensi dan berbagai fitur yang diberikan di dalamnya. Berbagai spesifikasi ini terbilang cukup melimpah dan siap bersaing dengan para kompetitor di kelas mobil LMPV.

Walaupun mobil eXpander memiliki harga yang lebih mahal dari para kompetitornya, tetapi hal ini masih terbilang kompetitif dikarenakan berbagai fitur yang ditawarkan Mitsubishi Xpander terbilang sangat komplit dibanding para kompetitornya seperti Toyota Avanza dan Suzuki Ertiga. Hal ini bisa terlihat dari varian tertinggi dari masing-masing mobil ini.

Eksterior Mitsubishi Xpander vs Kompetitor

Bingung Pilih Mobil Keluarga? Ini Perbandingan Spesifikasi Mitsubishi Xpander Vs Kompetitor 02

Persaingan desain eksterior Mitsubishi Xpander (kiri), Toyota New Avanza (tengah) dan Suzuki Ertiga (kanan)

Salah satu yang menjadi perhatian Mitsubishi Xpander tak luput dari tampilan eksterior yang gagah dan sporty. Desain gagah serba futuristis dan proporsional dari berbagai sudut pandang dan memiliki ukuran kabin yang luas, bisa menjadi kelebihan dari berbagai kompetitornya. Pada varian termahalnya yaitu Mitsubishi Xpander Ultimate, memiliki tampilan berbeda di bagian aksen krom pada bagian Grill, gagang pintu dan spion.

1. Tampilan Depan

Bingung Pilih Mobil Keluarga? Ini Perbandingan Spesifikasi Mitsubishi Xpander Vs Kompetitor 03

Perbandingan tampak depan Mitsubishi Xpander, Toyota Avanza dan Suzuki Ertiga

Tampilan depan Mitsubishi Xpander mobil ini memiliki desain Dynamic Shield berbentuk X yang terlihat lebih maskulin ala SUV dibanding para kompetitornya seperti contohnya pada Toyota Avanza dan Suzuki Ertiga terbaru. Walaupun Toyota Avanza mengubah tampilan depannya dengan lampu bertingkat ala Vellfire, tetapi selebihnya bodynya masih bergaya kapsul. Sedangkan pada Suzuki Ertiga yang merupakan mobil Suzuki terbaru dengan varian Sportnya terbarunya sudah banyak menambahkan berbagai elemen yang membuatnya semakin apik, dengan tampilan mobil casual yang lebih dinamis.

Masih di bagian depan, lampu utama yang dimiliki mobil Xpander masih menggunakan lampu jenis halogen yang cukup terang sebagai lampu utama. Pada Toyota Avanza sudah menempatkan lampu LED yang menurut beberapa review lampu jenis ini dinilai lebih terang sedangkan pada mobil Suzuki Indonesia Suzuki Ertiga menggunakan jenis lampu Projector Halogen yang setingkat lebih keren dari Mitsubishi Xpander.

Fitur Day-time Running Light (DRL) sudah terpasang di bagian atas dengan bentuk sipit menggunakan LED. tak ingin ketinggalan, Suzuki Indonesia Suzuki Ertiga Sport  juga sudah menempatkan DRL di bagian tengah samping kanan-kiri dengan bentuk boomerang. Sayangnya pada Toyota Avanza Veloz 2019 terbaru masih belum terdapat fitur yang satu ini.

2. Tampilan Samping

Bingung Pilih Mobil Keluarga? Ini Perbandingan Spesifikasi Mitsubishi Xpander Vs Kompetitor 04

Tampak samping Mitsubishi Xpander (kanan), Toyota New Avanza (tengah) dan Suzuki Ertiga Sport (kiri)

Mitsubishi Xpander memiliki postur body yang terlihat lebih besar dan proporsional dari para kompetitornya. Wheelbase 2.775 mm dengan yang terpanjang di kelasnya, Ground Clearance 205 mm membuatnya memiliki postur jangkung, ditambah pada versi Ultimate hadir dengan ukuran ban 205/55 R16. Ukuran Velg 16 mm ini lebih mendukung tampilannya supaya menjadi lebih proporsional. Hal ini tidak ditemui pada Toyota Avanza Facelift 2019 terbaru dan Suzuki Ertiga Sport terbarunya.

Perbedaan lainnya yaitu jenis antena terpadu dengan model sirip hiu sudah terpasang di Mitsubishi Xpander dan Toyota Avanza. Sedangkan pada Suzuki Ertiga terbaru, fitur antena tersebut masih absen.

3. Tampilan Belakang

Bingung Pilih Mobil Keluarga? Ini Perbandingan Spesifikasi Mitsubishi Xpander Vs Kompetitor 05

Mitsubishi Xpander (kiri), Toyota Avanza (tengah) dan Suzuki Ertiga (kanan)

Pada bagian belakang mobil Xpander sudah memberikan estetika yang sporty sejak pertama kali mobil ini diluncurkan. Kombinasi dari fitur Stop Lamp LED berbentuk huruf L, kehadiran Spoiler belakang dan ciri khas bentuk kekarnya, sukses membuat mobil ini mendapat nilai tambah dibanding para kompetitornya. 

Interior Mitsubishi Xpander vs Kompetitor

Bingung Pilih Mobil Keluarga? Ini Perbandingan Spesifikasi Mitsubishi Xpander Vs Kompetitor 06

Perbandingan Interior depan Mitsubishi Xpander, Toyota Avanza dan Suzuki Ertiga

Beberapa keunggulan Mitsubishi Xpander juga terdapat pada bagian interiornya. Hal ini bisa diamati pada aspek keluasan kabin, desain dan berbagai fitur yang ada di dalamnya. Jika Anda ingin membandingkannya, disini akan diulas secara ringkas mengenai perbandingan sisi interior Mitsubishi Xpander dengan para kompetitornya.

1. Kenyamanan

Bingung Pilih Mobil Keluarga? Ini Perbandingan Spesifikasi Mitsubishi Xpander Vs Kompetitor 07

Kenyamanan Mitsubishi Xpander yang Siap Bersaing di kelas LMPV

Berbagai macam fitur telah disematkan Mitsubishi Xpander untuk mendukung kenyamanan Anda sekeluarga. Mulai dari Head Unit dengan tampilan MID berwarna dengan sistem Touchscreen yang memberikan kesan yang mewah, walaupun Toyota Avanza sudah memiliki Head Unit dengan sistem yang sama, hanya saja tampilannya masih Monochrome.

Terdapat fitur Bluetooth Telephony Steering Switch pada mobil Xpander, yang membuat pengemudi bisa ngobrol via telepon menggunakan system audio mobilnya dengan tombol jawab yang ada di kemudi. Fitur ini juga dimiliki oleh kompetitornya, Suzuki Ertiga pada tipe sport terbarunya dan masih belum terdapat pada Toyota Avanza Veloz.

Tipe mobil Toyota Avanza memiliki kelebihan pada panel AC Digital dengan pengaturan tombol hingga terkesan lebih modern dari pesaingnya Mitsubishi Xpander dan Suzuki Ertiga yang masih menggunakan sistem knop putar.

Kelebihan fitur lainnya juga terdapat pada pengaturan Stir kemudi mobil Xpander yang sudah Tilt (naik-turun) dan Telescopic (maju-mundur) Steering yang sudah dimiliki Mitsubishi Xpander. Sedangkan 2 kompetitor lainnya, Toyota Avanza dan Suzuki Ertiga terbaru hanya memiliki Tilt saja pada pengaturan kemudinya.

Bingung Pilih Mobil Keluarga? Ini Perbandingan Spesifikasi Mitsubishi Xpander Vs Kompetitor 08

Tilt dan Telescopic Steering yang sudah dimiliki Mitsubishi Xpander

Perbandingan ruang penyimpanan yang sangat melimpah pada Mitsubishi Xpander dengan 16 Cup Holder dan total 35 ruang penyimpanan. Para kompetitornya yakni Toyota Avanza, dibekali dengan 15 Cup Holder dan total memiliki 27 ruang penyimpanan, sedangkan Suzuki Ertiga salah satu mobil Suzuki Indonesia memiliki hanya 8 Cup Holder dan total 24 ruang penyimpanan dengan keunikan 1 Cup Holder berventilasi untuk menyimpan minuman agar tetap dingin lebih lama.

Bingung Pilih Mobil Keluarga? Ini Perbandingan Spesifikasi Mitsubishi Xpander Vs Kompetitor 09

Ruang penyimpanan yang melimpah pada Mitsubishi Xpander

Adanya Arm Rest di baris kedua yang fleksibel juga menjadi kelebihan Mitsubishi Xpander dan Suzuki Ertiga terbaru dibanding Toyota Avanza.

Mitsubishi Xpander dan Toyota Avanza memiliki kesamaan pada fitur One Touch Tumble, yakni pelipatan kursi baris kedua dengan mode pelipatan penuh ke depan. Sedangkan Suzuki Ertiga terbaru masih menggunakan tipe geser untuk mengakses ke kabin belakang.

Perbandingan lainnya terdapat pada Socket Power untuk mengisi daya Smartphone, Mobil Xpander memiliki 3 Socket Power, sedangkan pada Toyota Avanza dan Suzuki Ertiga hanya memiliki 2 Socket Power.

Bingung Pilih Mobil Keluarga? Ini Perbandingan Spesifikasi Mitsubishi Xpander Vs Kompetitor 10

Tiga Socket Power pada Mitsubishi Xpander

Kini, pada varian tertinggi dari Toyota Avanza dan Suzuki Ertiga terbaru sudah menerapkan tombol Start-stop Engine untuk menyaingi fitur yang telah ada sejak lama di Mitsubishi Xpander di varian tertingginya.

2. Fitur Keselamatan

Bingung Pilih Mobil Keluarga? Ini Perbandingan Spesifikasi Mitsubishi Xpander Vs Kompetitor 11

Fitur keselamatan Xpander yang maksimal

Fitur keselamatan aktif maupun pasif yang terdapat pada Mitsubishi Xpander juga lebih lengkap jika dibandingkan Toyota Avanza dan Suzuki Ertiga. Pada Mitsubishi Xpander Ultimate A/T dibekali fitur keselamatan aktif seperti Antilock Braking System (ABS), Emergency Stop Signal (ESS), Active Stability Control (ASC), dan Hill Start Assist (HSA) yang juga membantu saat mobil menanjak. Adapun fitur keselamatan pasif di antaranya Supplemental Restraint System (SRS) Airbag, sabuk keselamatan dengan Pretension dan Force Limiter. Tidak ketinggalan, ISOFIX untuk bangku anak-anak.

Bingung Pilih Mobil Keluarga? Ini Perbandingan Spesifikasi Mitsubishi Xpander Vs Kompetitor 12

Salah satu fitur keselamatan Hill Start Assist (HSA) pada Mitsubishi Xpander

Tak mau ketinggalan, Suzuki Ertiga kembali mengadopsi fitur ESP (Electronic Stability Program) pada Ertiga Sport 2019. Fitur ini juga memberikan kenyamanan berkendara yang stabil saat bermanuver  dalam keadaan tinggi. Fitur Assist Grip Foldable tetap dipertahankan pada baris pertama dan kedua. Sementara baris ketiga menggunakan Fixed Assist Grip agar penumpang tetap nyaman ketika melalui jalan yang rusak. Sedangkan untuk fitur lainnya, terbilang hampir sama dengan Mitsubishi Xpander.

Bingung Pilih Mobil Keluarga? Ini Perbandingan Spesifikasi Mitsubishi Xpander Vs Kompetitor 13

Beberapa fitur keselamatan pada Suzuki Ertiga dalam persaingan LMPV

Sedangkan pada Toyota Avanza spesifikasi model terbaru, Toyota Avanza Veloz 1.5 A/T hanya memiliki beberapa fitur keselamatan saja baik itu aktif maupun pasif. Fitur keselamatan pada Veloz antara lain Dual SRS Airbags, Seatbelt dengan Pretensioner dan Force Limiter, ABS, Isofix, 3-Points Seat Belt, Side Impact Beam dan Front Passenger Seat-belt Warning. Hanya saja harapan mengenai fitur Vehicle Stability Control (VSC) dan Hill Start Assist (HSA) belum ditemukan pada Toyota Avanza.

3. Performa Mesin

Perbandingan performa antara Mitsubishi Xpander, Toyota Avanza dan Suzuki Ertiga di seri tertinggi masing-masing akan dijelaskan di bawah ini.

Bingung Pilih Mobil Keluarga? Ini Perbandingan Spesifikasi Mitsubishi Xpander Vs Kompetitor 14

Tipe mesin Mitsubishi Xpander Matic 1.5L

Ketiga mobil memiliki jenis bahan bakar bensin dengan perbandingan kapasitas mesin 1.499 cc untuk Mitsubishi Xpander Ultimate A/T, 1.496 cc untuk Toyota Avanza Veloz 1.5 A/T dan 1.462 cc untuk Suzuki Ertiga Sport A/T. Ketiga mobil ini juga memiliki tenaga mesin yang hampir berimbang yaitu di angka 103 HP, hanya dibedakan dari torsi di masing-masing mobil. Mitsubishi Xpander memiliki torsi yang paling besar diantara keduanya yaitu dengan 141 Nm. Hal ini akan berpengaruh pada tingkat akselerasi Mitsubishi Xpander dan lebih bertenaga di jalan tanjakan.

Bingung Pilih Mobil Keluarga? Ini Perbandingan Spesifikasi Mitsubishi Xpander Vs Kompetitor 15

Pembaruan pada performa mesin Suzuki Ertiga

Ketiganya juga mempunyai Mesin yang hampir sama yaitu 1.5 Liter Petrol Engine, 4 Cylinder 16 Valve DOHC di seri Matic tertingginya. Perbedaan yang paling besar antara ketiganya hanya terletak di bagian tipe penggerak rodanya. Mitsubishi Xpander dan Suzuki Ertiga memiliki sistem penggerak Front Wheel Drive (FWD), penggerak roda depan, sedangkan Toyota Avanza memiliki sistem penggerak Rear Wheel Drive (RWD) penggerak roda belakang. Kedua sistem tersebut diklaim sama-sama lebih unggul untuk jenis kendaraan LMPV.

Kesimpulan

Dengan perbandingan harga yang sedikit lebih mahal Mitsubishi Xpander memiliki berbagai spesifikasi yang masih lebih unggul dari kompetitornya yaitu Toyota Avanza dan Suzuki Ertiga terbaru jika dilihat pada varian tertingginya. Jika anda menginginkan spesifikasi dan kepuasan yang maksimal, Mitsubishi Xpander bisa dijadikan pilihan untuk mobil anda. Namun Toyota Avanza dan Suzuki Ertiga terbaru juga memiliki spesifikasi yang sangat cukup untuk sekelas mobil LMPV. Di satu sisi bisa menjadi mobil keluarga idaman Anda dan sisi lain sosoknya menjadi Value of Money yang baik.

Franky

Berhati-hatilah dalam membuat keputusan yang benar di hadapan semua orang

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Harga tukar tambah yang adil

Mitsubishi Xpander Upcoming 2023

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil