window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Bingung Pilih Suzuki Ertiga Diesel Hybrid Bekas atau Daihatsu Sigra 1.2 R AT Baru di Budget Rp150 Jutaan? Ini Jawabannya!

Enda · 1 Jul, 2021 13:30

Bingung Pilih Suzuki Ertiga Diesel Hybrid Bekas atau Daihatsu Sigra 1.2 R AT Baru di Budget Rp150 Jutaan? Ini Jawabannya! 01

Suzuki Ertiga Diesel Hybrid Bekas vs Daihatsu Sigra 1.2 R AT

Apabila kalian saat ini sedang mencari sebuah mobil keluarga di harga Rp150 jutaan, maka akan terdapat banyak opsi yang ditawarkan. Bicara mobil bekas dengan harga yang disebutkan, Suzuki Ertiga diesel hybrid lansiran 2017-2018 merupakan salah satunya. Sedangkan untuk mobil baru, Daihatsu Sigra 1.2 R AT bisa jadi pilihan lainnya.

Baik Suzuki Ertiga diesel hybrid bekas maupun Daihatsu Sigra 1.2 R AT baru, tentunya bisa membuat para calon konsumen dilema ketika diharuskan untuk memilih. Pasalnya, keduanya ini sama-sama memiliki kelebihan dan kekurangan.

Bingung antara pilih Suzuki Ertiga diesel hybrid bekas atau Daihatsu Sigra 1.2 R AT baru sebagai mobil keluarga? Sebaiknya simak terus ulasannya di bawah ini.

Baca juga: Suzuki XL7 2022 Akan Disuntik Mesin Diesel 1.500 Cc Terbaru, Masuk Indonesia Juga?

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Suzuki Ertiga Diesel Hybrid Cukup Nyaman Karena Punya Dimensi yang Lebih Besar

Bingung Pilih Suzuki Ertiga Diesel Hybrid Bekas atau Daihatsu Sigra 1.2 R AT Baru di Budget Rp150 Jutaan? Ini Jawabannya! 01

Suzuki Ertiga diesel hybrid punya dimensi yang lebih besar dibandingkan Daihatsu Sigra

Meski sama-sama menawarkan jok berkapasitas 7-seater, Suzuki Ertiga diesel hybrid ini akan terasa lebih nyaman ketika digunakan berpergian bersama keluarga. Hal ini dikarenakan secara dimensi, Suzuki Ertiga diesel hybrid memiliki panjang 4.265 mm, lebar 1.695 mm dan tinggi 1.685 mm.

Bila dibandingkan dengan Daihatsu Sigra 1.2 R AT, sudah jelas bahwa Ertiga diesel punya tubuh yang jauh lebih besar. Melihat spesifikasi data yang dimiliki, tercatat bahwa Sigra sendiri mempunyai panjang 4.070 mm, lebar 1.650 mm dan tinggi 1.600 mm.

Selain punya dimensi yang lebih besar, Suzuki Ertiga diesel juga berhasil disematkan jok beberbahan fabric dengan busa yang lebih tebal. Bukan cuma itu saja, di baris keduanya sudah terdapat AC double blower yang mampu menghembuskan udara sejuk hingga baris paling belakangnya.

Bingung Pilih Suzuki Ertiga Diesel Hybrid Bekas atau Daihatsu Sigra 1.2 R AT Baru di Budget Rp150 Jutaan? Ini Jawabannya! 02

Interior Daihatsu Sigra 1.2 R AT

Bicara mengenai Daihatsu Sigra 1.2 R AT, mobil keluarga yang masuk dalam segmen LCGC ini hanya mengandalkan kipas blower di baris keduanya yang berfungsi menghisap udara sejuk di baris pertamanya. Melihat pada joknya, busa yang digunakan pun tidak terlalu tebal, sehingga membuat setiap orang yang ada didalamnya akan merasa cepat lelah ketika berpergian jauh.

Teknologi Daihatsu Sigra 1.2 R AT Jauh Tertinggal Dibandingkan Suzuki Ertiga Diesel Hybrid

Bingung Pilih Suzuki Ertiga Diesel Hybrid Bekas atau Daihatsu Sigra 1.2 R AT Baru di Budget Rp150 Jutaan? Ini Jawabannya! 03

Teknologi SHVS pada Suzuki Ertiga diesel hybrid

Seperti yang diketahui bahwa keberadaan Suzuki Ertiga diesel hybrid di Indonesia ini hanya seumur jagung. Padahal teknologi pada mesin diesel yang disematkannya terbilang canggih dengan menganut Smart Hybrid Vehicle by Suzuki (SHVS).

Berbeda dengan teknologi hybrid seperti yang ada di mobil hybrid umumnya, SHVS ini gabungan antara mesin diesel, aki berkapasitas 70 Ampere dan tenkologi Integrated Started Generator (ISG). Fungsi dari teknologi SHVS ini, saat berkendara secara normal mesin akan dengan sekaligus mengisi baterai (Aki) yang dibantu oleh teknologi ISG.

Teknologi ini memiliki dua fungsi berbeda. Pertama sebagai generator untuk menangkap dan menyimpan energi ke baterai saat kendaraan dalam fase deselerasi (perlambatan), dan kedua sebagai motor yang akan memberikan tambahan daya ke mesin saat akselerasi.

Mesin Diesel Hybrid Pada Suzuki Ertiga Lebih Bertenaga dan Irit Bahan Bakar

Bingung Pilih Suzuki Ertiga Diesel Hybrid Bekas atau Daihatsu Sigra 1.2 R AT Baru di Budget Rp150 Jutaan? Ini Jawabannya! 04

Mesin Multijet 1.3L DOHC dengan teknologi DDiS (Diesel Direct Injection System) pada Suzuki Ertiga diesel hybrid

Dalam pengembangan mesin dieselnya, Suzuki Maruti melibatkan campur tangan Fiat dan General Motors untuk menghadirkan mesin diesel berkodekan D13A yang digunakannnya. Mesin Multijet 1.3L DOHC dengan teknologi DDiS (Diesel Direct Injection System) yang disematkan pada mobil ini mampu merilis tenaga hingga 89 PS @4.000 rpm serta torsi mencapai 200 Nm @1.750 rpm.

Berkat teknologi SHVS yang ada di mesin dieselnya, tingkat effisien bahan bakarnya semakin meningkat. Benar saja, penggunaan luar kota dalam kecepatan kosntan, mobil ini mampu menempuh jarak hingga 22,6 km/liter. Hebat bukan?

Melihat jantung pacu pada Daihatsu Sigra 1.2 R AT, varian teratas Sigra ini memperoleh mesin berkodekan 3NR-VE, DOHC Dual VVT-i berkubikasi 1.197 cc. Mengacu pada data di atas kertas, mesin yang disematkan pada mobil ini mampu melecutkan tenaga hingga 88 PS @6.000 rpm dengan torsi maksimal mencapai 107 Nm @4.200 rpm.

Bingung Pilih Suzuki Ertiga Diesel Hybrid Bekas atau Daihatsu Sigra 1.2 R AT Baru di Budget Rp150 Jutaan? Ini Jawabannya! 05

Mesin 3NR-VE, DOHC Dual VVT-i pada Daihatsu Sigra 1.2L R AT

Untuk memperoleh angka konsumsi BBM yang efisien, Daihatsu Sigra sudah dilengkapi dengan fitur Eco Driving. Ketika pengetesan dilakukan di jalur bebas hambatan dengan kecepatan yang konstan, diketahui mobil ini mampu mencatat angka penggunaan BBM jenis bensin mencapai 19,3 km/liter.

Sedikit menarik kesimpulan, Suzuki Ertiga diesel hybrid diketahui lebih efisien dalam hal konsumsi BBM dibandingkan Daihatsu Sigra 1.2L. Meski demikian, Suzuki Ertiga Diesel tidak disarankan untuk selalu mengkonsumsi BBM jenis solar dengan kualitas rendah seperti Bio Solar.

Karena memakai mesin diesel berteknologi common rail, DDiS (Diesel Direct Injection System), penggunaan Bio Solar yang dilakukan secara terus menerus dapat merusak sistem injector. Bukan cuma itu, tingkat durabilitas mesin mobil juga akan ikut menurun.

Untuk itu, penggunaan bahan bakar Ertiga diesel sebaiknya menggunakan solar jenis Dextalite ataupun Pertamina Dex dengan angka setana 51 dan 53.

Oh iya, sebagai informasi penggunaan bahan bakar untuk Daihatsu Sigra juga jangan sembarangan. Mengingat pabrikan sendiri menyarankan untuk selalu menggunakan bensin jenis Pertamax dengan angka RON 92 yang mana dapat menghasilkan pembakaran lebih sempurna.

Baca juga: Punya Bentuk Sama, Alasan Kenapa Daihatsu Sigra Lebih Baik Dipilih Dari Toyota Calya

Fitur Keselamatan Suzuki Ertiga Diesel Hybrid Tidak Kalah Lengkap dengan Daihatsu Sigra 1.2 R AT

Bingung Pilih Suzuki Ertiga Diesel Hybrid Bekas atau Daihatsu Sigra 1.2 R AT Baru di Budget Rp150 Jutaan? Ini Jawabannya! 06

Tampilan samping Suzuki Ertiga diesel hybrid

Suzuki Ertiga diesel hybrid mewariskan fitur keselamatan yang sama seperti varian GX pada Ertiga bensin. Dimana varian diesel hybridnya ini mendapatkan ABS + EBD, Dual SRS Air Bag & Leveling lamp Feature serta parking sensor.

Mengetahui fitur keselamatan yang ada pada varian teratas Sigra, mobil ini juga didukung Dual SRS Airbag, Front Seatbelt with Pretensioner & Force Limiter, TAF (Total Advance Function) Body di struktur rangkanya, ABS & EBD, Side Impact Beam, Front Corner Sensor, Rear Parking Sensor, dan New Parking Camera.

Suzuki Ertiga Diesel Hybrid Hanya Tersedia Transmisi Manual 5-percepatan

Bingung Pilih Suzuki Ertiga Diesel Hybrid Bekas atau Daihatsu Sigra 1.2 R AT Baru di Budget Rp150 Jutaan? Ini Jawabannya! 07

Suzuki Ertiga diesel hybrid hanya ditawarkan pilihan transmisi manual 5-percepatan saja

Ketika hadir di Indonesia, Suzuki Ertiga diesel hybrid hanya ditawarkan pilihan transmisi manual 5-percepatan saja. Dengan begitu, Ertiga diesel kurang cocok bagi kalian yang terbiasa menggunakan mobil matic.  

Daihatsu Sigra R AT diketahui mendapatkan transmisi otomatis konvensional 4-percepatan yang cukup nyaman dan bisa diandalkan.

Dalam pengoperasiannya, baik menaikan ataupun menurunkan gigi juga bisa dikatakan ‘smooth’ dengan menghasilkan kesan jeda yang sedikit. Untuk kalian ketahui, tingkat responsif transmisi otomatis Sigra ini juga terbilang cukup responsif sehingga sangat pantas digunakan di kota besar.

Kesimpulan

Melihat ulasan di atas, bagi kami Suzuki Ertiga diesel hybrid bekas lansiran 2017-2018 bisa menjadi salah satu alternatif bagi kalian yang sedang mencari mobil dikisaran harga Rp150 jutaan selain Daihatsu Sigra R AT. Bukan cuma irit bahan bakar, Ertiga diesel juga memiliki teknologi yang lebih canggih serta faktor kenyamanaan yang lebih baik.

Meski begitu, Ertiga diesel ini kurang cocok digunakan di dalam kota. Karenanya Suzuki Indonesia hanya menawarkan transmisi manual khusus pada varian pada mesin dieselnya.

Disisi lain, Daihatsu Sigra R AT menurut kami sangat pantas digunakan sebagai mobil keluarga apabila lebih banyak melakukan aktifitas di kota besar. Hal ini dikarenakan Sigra R AT memiliki transmisi otomatis yang cukup halus serta mudah dan murahnya perawatan.

Baca juga: Mengenal Lebih Dekat Suzuki Ertiga Diesel Hybrid, LMPV Irit Seharga Daihatsu Sigra 2020

Enda

Reporter

Seorang pengagum otomotif sejak kecil, yang suka mengoprek kendaraan di akhir pekan, membuat penulis semakin cinta pada dunia otomotif. Yang pada akhirnya hoby tersebut membawanya ke dalam dunia pekerjaanya sebagai penulis hingga saat ini.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Cek penawaran terbaik dalam 24 Jam!

Suzuki Ertiga GA MT 2022

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil