window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Bisa Jadi Duta Wisata Indonesia, Bamsoet Ingin Mobil Campervan Punya Standar Baku

Prasetyo · 5 Apr, 2023 10:06

Bisa Jadi Duta Wisata Indonesia, Bamsoet Ingin Mobil Campervan Punya Standar Baku 01

Makin maraknya mobil yang dimodifikasi Campervan disambut baik oleh Ketua Umum Ikatan Motor Indonesia (IMI) Bambang Soesatyo. Pria yang akrab disapa Bamsoet itu bahkan mengajak komunitas Campervan Indonesia (CVI) untuk memberikan sumbangsihnya kepada Indonesia.

Namun begitu Bamsoet ingin agar mobil Campervan memiliki standardisasi khusus. Sehingga proses pembuatannya bisa seragam yang pada akhirnya ini menjadi acuan para perusahaan karoseri untuk membuat Campervan yang aman dan nyaman.

Bisa Jadi Duta Wisata Indonesia, Bamsoet Ingin Mobil Campervan Punya Standar Baku 02

Harus ada standar baku pembuatan Campervan

"Campervan harus memiliki acuan yang jelas dalam memenuhi surat keputusan rancang bangun (SKRBB) dan uji tipe dari Kementerian Perhubungan. Dengan demikian mobil Campervan yang diproduksi oleh berbagai karoseri bisa semakin aman dan nyaman digunakan di jalan raya," kata Bamsoet dalam keterangan tertulisnya.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Baca juga: Bamsoet: Anak Muda Indonesia Makin Banyak yang Suka Mobil Premium dan Klasik

Penggemar Mobil Campervan Bisa Bantu Sektor Pariwisata

Masih menurut Bamsoet, berkembangnya industri Campervan bisa jadi penunjang pariwisata nasional. Apalagi setelah resmi bergabung dengan IMI, maka ini bekerja sama juga denagn berbagai pihak seperti PT Kereta Api Logistik (KALOG), Angkasa Pura Hotel (APH), Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI), perusahaan asuransi dan rumah sakit.

Bisa Jadi Duta Wisata Indonesia, Bamsoet Ingin Mobil Campervan Punya Standar Baku 01

Campervan bisa jadi MotoHome di Sirkuit Mandalika

Campervan Indonesia (CVI) selanjutnya juga akan terlibat dalam menyukseskan MotoGP yang akan diselenggarakan di Pertamina Mandalika International Street Circuit di Lombok, NTB pada 13-15 Oktober 2023. Antara lain dengan menyiapkan MotorHome yang bisa dipakai oleh turis untuk menginap maupun untuk para crew dan pembalap untuk beristirahat di kala jeda balap.

"Kehadiran MotorHome dalam ajang MotoGP akan semakin memperkuat posisi Mandalika dan Lombok sebagai destinasi sport automotive tourism unggulan, bukan hanya di Indonesia melainkan juga dunia. Karena selain tersedia hotel berbintang hingga homestay, di kawasan Mandalika juga tersedia lahan Campervan hingga Camping Ground," jelas Bamsoet. 

Baca juga: Modifikasi Suzuki XL7 Campervan, Lengkap Pakai Tenda dan Peralatan Masak

Bisa Jadi Duta Wisata Indonesia, Bamsoet Ingin Mobil Campervan Punya Standar Baku 02

Indonesia bisa meniru New Zealand

Selain itu, para penggemar Campervan juga diminta memiliki peran aktif dalam mendukung pariwisata Indonesia. Khususnya penyediaan Campervan bagi para turis yang ingin berkeliling wilayah Indonesia. Seperti New Zealand yang sudah sukses menduniakan wisata Campervan.

"Indonesia punya destinasi wisata yang tidak kalah indahnya dibanding New Zealand, yang bisa didukung melalui wisata Campervan. Selain Bali dan NTB, juga bisa di Lembah Gunung Merbabu Jawa Barat, Cikole dan Ranca Upas di Bandung,  atau di beberapa titik di area Gunung Bromo Jawa Timur," pungkas Bamsoet.

Baca juga : Bikin Melongo! Ini 6 Mobil Klasik Termahal di Indonesia

@autofun.indonesia Gaya robocop dengan nuansa interior super mewah, asik gak nih? #reviewmobil #mobilbaru #hyundaistaria #lombardi ♬ 10 minutes! Fashionable and bright jazz piano(1127989) - nyansuke

Prasetyo

Editor

Menggeluti bidang jurnalistik otomotif sejak 2009 selaras dengan hobinya dalam memodifikasi mobil. Apalagi karakteristik yang berbeda dari setiap kendaraan yang dibuat oleh masing-masing pabrikan, terus menumbuhkan minatnya di dunia otomotif hingga saat ini.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Beli mobil lebih murah, jual mobil lebih cepat

Honda Brio Satya S M/T 2022

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil