window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Bisakah Honda City Merajai Segmen Sedan B-Class di Indonesia?

Anissa · 19 Okt, 2020 09:35

Bisakah Honda City Merajai Segmen Sedan B-Class di Indonesia? 01

Berita tentang peluncuran All New Honda City 2020 di Thailand dan Malaysia sedang hangat menjadi perbincangan. Honda City memang sudah lama tidak mendapatkan penyegaran. Di Indonesia sendiri, hingga saat ini Honda City yang masih ada memang masihlah merupakan Honda City generasi lama. 

Tetapi bagaimana jika All New Honda City 2020 ini sampai masuk ke Indonesia? Seperti yang kita tahu, jika mobil ini sampai masuk ke Indonesia, mobil ini akan berhadapan dengan banyak model sedan B-Class, dan salah satu yang paling utama ialah Toyota Corolla Altis. Apakah mobil ini nantinya bisa merajai segmen sedan B-Class di Indonesia?

Jawabannya: Bisa. Kali ini kita akan bahas mengapa Honda City 2020 memiliki kesempatan yang besar untuk merajai segmen tersebut apabila masuk ke Indonesia. Langsung saja simak informasi selengkapnya berikut ini.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

1. Memiliki Mesin Bensin Turbo Generasi Terbaru

Honda City 2020 dibekali dengan mesin bensin 3 silinder, 12 valve dengan kapasitas 988 cc atau setara dengan sekitar 1,0 liter. Mesin bensinnya ini menggunakan Vtech dan Dual VTC variable valve system, serta dilengkapi dengan turbocharger.

Bisakah Honda City Merajai Segmen Sedan B-Class di Indonesia? 01

Konfigurasi mesin yang satu ini dinilai bisa memaksimalkan tenaga keluaran yang dihasilkan. Tidak heran jika mobil ini bisa menghasilkan tenaga sebesar 123 PS pada putaran mesin 5.500 rpm dengan torsi maksimal yang mencapai 173 Nm pada putaran mesin 2.000-4.500 rpm.

Untuk sistem transmisinya sendiri, mobil ini menggunakan transmisi CVT. Penggunaan transmisi ini dinilai bisa mengurangi emisi bahan bakar sebanyak 99 gram untuk setiap kilometer yang ditempuh. Tidak hanya itu, penggunaan transmisi ini juga dinilai bisa meningkatkan efisiensi bahan bakar dan memberikan pengendaraan yang lebih halus.

Bicara soal efisiensi bahan bakarnya, mobil ini juga memiliki efisiensi bahan bakar yang cukup baik. Honda City 2020 ini bisa menempuh jarak sejauh 28 km dengan satu liter bensin, berdasarkan test drive yang sudah dilakukan di Thailand. 

2. Bodi Mobilnya Lebih Besar Dari Versi Lama

Desain bodi Honda City generasi terbaru memiliki dimensi yang lebih besar dibandingkan dengan model lamanya. Tidak hanya itu, pada generasi terbaru Honda City ini, Honda juga menyematkan beberapa teknologi terbaru demi mengikuti perkembangan zaman yang semakin maju.

Bisakah Honda City Merajai Segmen Sedan B-Class di Indonesia? 02

Model barunya ini memiliki panjang 4.553 mm, lebar 1.748 mm, serta tinggi 1.467 mm. Sedangkan untuk wheelbase atau jarak sumbu rodanya sendiri memiliki ukuran 2.589 mm. Ground clearance-nya tidak terlalu tinggi, hanya 135 mm, menegaskan statusnya sebagai mobil sedan andalan Honda. 

Panjang bodinya bertambah 113 milimeter, dan lebarnya bertambah 53 mm. Sementara itu, tinggi bodinya sendiri justru berkurang 10 mm dan wheelbase-nya juga berkurang 11 mm. Tetapi hal ini sama sekali tidak berpengaruh pada dimensi kabinnya sehingga penumpang bisa tetap berkendara dengan nyaman dan leluasa.

3. Desain Eksterior Menawan

Tidak hanya menambah dan mengurangi ukuran bodinya, Honda City 2020 ini juga memiliki desain eksterior yang terlihat jauh lebih sporty. Honda juga menyematkan beberapa aksesori tambahan untuk semakin menegaskan kesan sporty. 

Bisakah Honda City Merajai Segmen Sedan B-Class di Indonesia? 03

Hal ini bisa terlihat jelas, khususnya pada tipe RS yang hadir dengan desain yang ramping, dilengkapi dengan velg alloy 16 inci, headlights baru, Daytime Running Light, lampu kabut depan, serta taillights LED. Selain itu, grille dengan warna gloss black, bumper depan, dan rear spoiler bergaya RS juga menambah kesan sporty pada mobil ini.

Mobil ini juga hadir standar dengan side mirror berwarna hitam dengan built-in turn signal lights alias lampu sein. Side mirror atau kaca spion ini juga sudah bisa diatur dan dilipat secara elektrik. 

4. Fitur Di Dalam Kabin Lengkap

Ketika kita masuk ke dalam kabin Honda City 2020 ini, akan langsung terlihat bahwa kabinnya ini didominasi dengan warna hitam yang menjadikannya terasa maskulin. Mobil ini hadir dengan berbagai fitur pendukung kenyamanan, seperti Automatic AC System, digital display screen, smart key system, Engine Start/Stop Button, dan masih banyak lagi. Selain itu, ada pula remote key yang bisa digunakan untuk membuka pintu bagasi. 

Bisakah Honda City Merajai Segmen Sedan B-Class di Indonesia? 04

Area dashboard-nya terkesan mewah dengan balutan kulit pada bagian setir. Setirnya pun sudah dilengkapi dengan fitur steering gear shift control system dan bisa disesuaikan ke empat arah berbeda. 

Kursi-kursinya pun tidak luput dari balutan kulit yang dikombinasi dengan material suede untuk memberikan kenyamanan lebih. Khusus untuk varian RS, kursinya diberi aksen jahitan benang berwarna merah. Interior door handle-nya pun diberi aksen chrome yang memberikan kesan berkelas.

5. Fitur Mumpuni

Bukan hanya efisien bahan bakar dan memiliki desain yang menawan, mobil Honda City 2020 ini juga unggul dalam hal fitur. Untuk fitur keselamatannya, mobil ini dilengkapi dengan Anti lock Braking System, Brake Force Distribution System, serta Automatic Emergency Light. 

Lalu untuk keselamatan pasifnya, mobil ini memiliki banyak airbags yang tersebar di segala sisi mobil. Ada 2 front airbags, 2 side and curtain airbags, serta seatbelts untuk semua penumpang. Mobil ini juga sudah dilengkapi dengan pengaturan kursi ISOFIX untuk keamanan penumpang anak-anak. Demi menjaga keamanan mobil, fitur burglar alarm system dan safety key system juga disematkan pada mobil ini.

Bisakah Honda City Merajai Segmen Sedan B-Class di Indonesia? 05

Soal fitur hiburannya, mobil ini mengandalkan head unit layar sentuh berukuran 8 inci yang mendukung sistem Apple CarPlay dan Android Auto untuk menghubungkan smartphone kita dan memutar musik dari smartphone tersebut. Ada pula fitur Honda Connect System yang bisa digunakan untuk mengoperasika mobil, mengunci mobil, menyalakan mesin, dan masih banyak lagi fitur yang lainnya.

Kesimpulan

Dengan mesin yang dilengkapi turbo dan bertransmisi CVT, Honda City 2020 ini memang sangat efisien bahan bakar sehingga bisa menjadi mobil yang patut dipertimbangkan. Tidak hanya itu, desain interior dan eksterior yang menawan, serta fitur canggih yang melimpah, membuat mobil ini tidak diragukan lagi akan dapat merajai segmen sedan B-Class jika masuk ke Indonesia nantinya. 

Anissa

Baik mobil maupun kebudayaan, perkembangan keduanya bergantung pada hal yang sama: pemikiran manusia.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Beli mobil lebih mudah dan tak perlu nunggu lama

Honda City Sedan 2022

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil