BMW Concept XM, Desain Grille Makin Aneh Tapi Performa Makin Meyakinkan

Ilham · 2 Des, 2021 12:00

BMW Concept XM, Desain Grille Makin Aneh Tapi Performa Makin Meyakinkan 01

Grille besar BMW Concept XM langsung jadi sorotan

Akhir-akhir ini, pabrikan mobil premium asal Jerman, BMW sempat dikritik habis-habisan oleh penggemarnya karena desain grille 'ginjal' mereka yang dibuat makin besar di versi terbaru BMW X7 dan BMW M4. Desainnya membuat tampilan mobil jadi aneh. Kejadian yang sama bakal terulang di mobil konsep terbaru mereka, BMW Concept XM ini.

Yup, mobil yang dirilis melalui ajang Art Basel 2021, divisi motorsport BMW, yakni BMW M GmbH mempresentasikan BMW Concept XM. Istimewanya, BMW Concept XM disebut sebagai mobil paling bertenaga yang akan diproduksi oleh BMW M. Tapi jelas bukan itu yang jadi sorotan.

Baca Juga: BMW iX 2022 dan BMW iX3 2022 Meluncur di Thailand, Bakal ke Indonesia Juga?

Grille BMW Yang Makin Membesar

Pandangan mata penggemar otomotif dunia tentu langsung tertuju pada desain grille-nya yang makin besar. Bahkan ukurannya lebih besar dibanding 'lubang hidung' SUV gambot mereka, BMW X7.
Semakin unik, jika tak ingin disebut aneh, sekeliling sisi grille tersebut dihiasi lampu LED yang seolah ingin memperlihatkan bentuk tersebut meski dalam kondisi gelap sekalipun.

BMW Concept XM, Desain Grille Makin Aneh Tapi Performa Makin Meyakinkan 01

Ada logo M di grille besarnya

Lucunya pihak BMW menyebut jika desain front-end ini progresif dan disiapkan untuk model kelas mewah BMW tersebut. Untuk mengisi bagian grille tersebut terdapat kisi-kisi udara berwarna hitam dengan logo 'Double Bars' sebagai ciri M.

Diluar bentuk grille yang aneh, BMW Concept XM menampilkan sosok yang terbilang futuristik. Diantaranya melalui lampu depan yang sipit dengan sudut tajam. Bagian bodinya pun terlihat memiliki lekuk serba kaku. Kesan kaku juga terlihat di over fender dan bentuk jendelanya.

Sedangkan di bagian belakang, kesan futuristik tampak pada rear lamp LED yang berlekuk mulai dari kedua sisi hingga ke bagian pintu. Panel bumper dilengkapi diffuser dengan empat buah muffler tip berbentuk trapesium.

Baca Juga: BMW X3 M 2022 dan BMW X4 M 2022 Pakai Mesin Baru, Lebih Kencang dari M3 dan M4

Tanggapan BMW Soal Grille Besar

Terkait dengan banyaknya kritik hingga meme mengenai grille besar mereka, Domagoj Dukec selaku Kepala Desain BMW menyebut jika desain BMW Concept XM adalah representasi sejati BMW M di segmen kendaraan mewah.

BMW Concept XM, Desain Grille Makin Aneh Tapi Performa Makin Meyakinkan 02

BMW sebut grille tersebut berciri

"(Desain) ini memiliki identitas yang unik dan mewujudkan gaya hidup ekspresif yang tidak dimiliki model lain di jajaran BMW," katanya.

Di awal tahun 2021 ini, Domagoj Dukec pernah berbicara mengenai hal ini. "Saya tak terlalu kaget. Saya sudah ada di bisnis ini lebih dari 20 tahun. Dalam desain, semua bisa beropini. Itu normal. Jika mau membuat sesuatu yang luar biasa, itu haruslah sesuatu yang berbeda," katanya dikutip dari Top Gear.

Baca Juga: Titisan BMW M, Varian Baru BMW X3 xDrive30i M Sport Punya Mesin Paling Perkasa

Punya Tenaga Besar Garapan BMW M

Dengan segala keunikannya, BMW Concept XM direncanakan untuk masuk tahap produksi pada akhir 2022 di pabrik BMW Group, Spartanburg, Amerika Serikat. Proyek ini pun tak bisa disebut main-main.

Pasalnya BMW XM akan jadi produksi khusus dari BMW M setelah 50 tahun lalu melahirkan produk legendaris BMW M1. Selain itu, SUV ini akan jadi model elektrifikasi pertama yang dilengkapi dengan peranti performa tinggi dari BMW M.

BMW Concept XM, Desain Grille Makin Aneh Tapi Performa Makin Meyakinkan 03

BMW XM bakal punya tenaga besar

Untuk itu tertanam M Hybrid Drive System yang mengombinasikan mesin V8 twin turbo 4.4 liter dengan motor elektrik performa tinggi. Hasilnya ada limpahan daya hingga 760 PS dengan torsi 1.000 Nm pada mobil tersebut.

Meski belum masuk tahap produksi, namun prediksi harga jual BMW XM akan mencapai lebih dari US$100.000 atau Rp1,4 miliar.

Komentar

20% lebih tinggi dari harga jual rata-rata

2021 BMW X7 xDrive40i Opulence

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Pemeriksaan mobil dan pelayanan transaksi hanya tersedia di Pulau Jawa

Mobil Terbaru