BMW Indonesia Siap Perkenalkan SUV Baru, Apakah BMW X3e Segera Meluncur?

Budi · 27 Jan, 2021 15:30

BMW Indonesia Siap Perkenalkan SUV Baru, Apakah BMW X3e Segera Meluncur? 01

Beberapa hari lalu, kami mendapatkan undangan  dari PT BMW Indonesia yang memastikan akan meluncurkan keluarga baru SUV Seri X pada hari Kamis (28/1). Hal ini mengingatkan kami bahwa BMW begitu agresif memperkenalkan produk-produk barunya pada tahun 2020 lalu, terutama melalui gelaran virtual launching.

Dan terkait dengan rencana meluncurkan produk baru di 2021, tampaknya model SUV BMW Seri X yang akan mengawali jajaran produk baru BMW tahun ini. Tak hanya satu, BMW menjanjikan bahwa akan ada tiga model SUV yang diperkenalkan pada esok hari. Hal ini tentu menimbulkan banyak pertanyaan, karena portofolio SUV atau kerap disebut Sport Activity Vehicle (SAV) oleh BMW di Indonesia sudah lengkap, mulai dari entry level BMW X1 hingga model termewahnya, BMW X7.

BMW Indonesia Siap Perkenalkan SUV Baru, Apakah BMW X3e Segera Meluncur? 02

BMW X7 seharusnya mendapatkan model CKD tahun 2021 ini 

Informasi yang diberikan oleh BMW Indonesia pada April 2020 lalu, BMW X7 akan menjadi model SUV selanjutnya yang akan dirakit di Indonesia. Namun, proses CKD SUV paling mewahnya ini terkendala oleh adanya pandemi Covid-19 tahun lalu, sehingga tertunda. Info terakhir, proses CKD BMW X7 akan dilakukan mulai awal 2021, namun dengan kondisi pandemi yang belum mereda, kami meragukan bahwa proses CKD akan segera berlangsung.

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Dari penjelasan di atas artinya bisa diperkirakan bahwa BMW X7 CKD sangat mungkin belum akan diperkenalkan dalam waktu dekat. Artinya, model SUV BMW yang diperkirakan akan meluncur adalah model-model baru yang diimpor secara CBU dari Jerman.  Ada beberapa kemungkinan model yang akan diperkenalkan salah satunya adalah BMW X3e.

Model elektrifikasi BMW X3e

Alasan terkuatnya adalah terkait dengan rencana elektrifikasi yang juga menjadi rencana utama BMW pada tahun 2021. Akhir tahun lalu pihak BMW Indonesia memang sempat menyatakan bahwa tahun 2021 ini akan ada beberapa model mobil ramah lingkungan yang diperkenalkan termasuk mobil listrik murni, Plug-in Hybrid Electric Vehicle (PHEV), dan hybrid. 

BMW Indonesia Siap Perkenalkan SUV Baru, Apakah BMW X3e Segera Meluncur? 01

BMW X3e menjadi salah satu model PHEV BMW yang sudah dijual di pasar global

Nah, jika disimak di website Samsat DKI Jakarta, pada daftar Nilai Jual Kendaraan Bermotor (NJKB) dari BMW juga tercantum dua model elektrifikasi yaitu BMW X3 xDrive30e AT. Pada data Samsat tersebut tercantum data NJKB varian BMW X3e ini sebesar Rp1,071 Miliar. Artinya bisa jadi harga BMW X3 xDrive30e  akan sebanding dengan harga BMW X5 xDrive 40i CKD saat ditawarkan kepada konsumen. 

BMW Indonesia Siap Perkenalkan SUV Baru, Apakah BMW X3e Segera Meluncur? 02

Apakah BMW X3 xDrive30e yang akan meluncur besok?

BMW X3 xDrive30e merupakan model PHEV yang memang sudah dijual oleh BMW di pasar global. BMW X3 xDrive30e Mobil ini mengusung mesin 4-silinder 2,0 liter turbo bertenaga 183 PS yang dipadukan dengan motor listrik berdaya hingga 109 PS, sehingga mampu menghasilkan tenaga puncak hingga 192 PS dan torsi 420 Nm. Seluruh daya mesinnya itu diantar ke keempat rodanya melalui transmisi Steptronic 8-speed.

BMW Indonesia Siap Perkenalkan SUV Baru, Apakah BMW X3e Segera Meluncur? 03

BMW X5M juga telah lama dinantikan oleh konsumen BMW

Lalu, apa dua model lain yang kemungkinan akan diluncurkan oleh BMW Indonesia? Kami meyakini banyak varian yang belum dibawa oleh BMW ke Tanah Air. Sebut saja varian terbaru dari BMW X1, varian performa BMW X5 M dan BMW X6 M, atau bisa jadi penyegaran tampilan dari BMW X2 dan X4 yang memang sudah cukup lama belum mendapatkan penyegaran paruh waktu. Mana yang akan hadir? Kita tunggu saja besok ya..
 

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Komentar

20% lebih tinggi dari harga jual rata-rata

2021 BMW X3 sDrive20i

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Pemeriksaan mobil dan pelayanan transaksi hanya tersedia di Pulau Jawa

Mobil Terbaru