window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

BMW Ingatkan Tak Semua Orang Bisa Mau Mobil Listrik, Kuncinya Bikin Kendaraan yang Efisien

Dito · 18 Apr, 2022 16:08

BMW Ingatkan Tak Semua Orang Bisa Mau Mobil Listrik, Kuncinya Bikin Kendaraan yang Efisien 01

  • Mobil listrik masih banyak hambatannya.
  • Antara lain harga mahal dan infrastruktur belum sepenuhnya terjamin.
  • BMW kasih kunci kendaraan yang saat ini bisa sukses diminati.

Menjadikan dunia ini ramah lingkungan bukan perkara mudah. Beberapa langkahnya yaitu dengan menghadirkan mobil listrik atau elektifikasi.

Tak heran kalau saat ini di seluruh dunia bahkan Indonesia sedang fokus pada elektrifikasi mobil. Semua merek mobil berlomba-lomba menghadirkan mobil listrik untuk ditawrakan kepada konsumen.

Namun CEO BMW, Oliver Zipse mengatakan bahwa produsen mobil harus berhati-hati dalam menyiapkan mobil listrik. Menurutnya ada beberapa merek mobil yang terburu-buru dan membuat kesalahan dalam menghadirkan mobil listrik.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Baca juga : Honda Gelontorkan Rp916 Triliun Demi Rilis 30 Mobil Listrik Hingga 2030, Termasuk HR-V

BMW Ingatkan Tak Semua Orang Bisa Mau Mobil Listrik, Kuncinya Bikin Kendaraan yang Efisien 01

BMW cukup agresif memproduksi mobil listrik

“Mendorong produksi massal mobil listrik harus lebih berhati-hati. Karena hal ini membuat kita (pabrikan) ketergantungan pada sedikit negara yang memiliki bahan dasar dalam pembuatan baterai,” ujarnya dikutip dari Reuters, Senin (18/04/2022).

Harga dan Infrastruktur Jadi Pertimbangan

Maksud dari Zipse ialah produksi komponen mobil listrik sebagian besar berasa dari China. Dirinya menyarankan agar pabrikan tidak terlalu bergantung pada bahan tersebut dan mampu menciptakan sendiri.

BMW Ingatkan Tak Semua Orang Bisa Mau Mobil Listrik, Kuncinya Bikin Kendaraan yang Efisien 02

Hampir semua segmen, BMW punya varian elektriknya

Selain itu harga mobil listrik juga masih terlalu mahal. Belum lagi infrastruktur yang belum memadai di beberapa negara.

Baca juga : Mau Beli Mobil Listrik Tapi Takut Kalau Kena Banjir? Coba Bandingin Dulu Sama Mobil Konvensional

Zipse berpendapat ketika seseorang membutuhkan mobil baru tapi tidak bisa membeli mobil listrik karena alasan tertentu, misal harga mahal dan infrastruktur. Apakah orang tersebut harus mengendarai mobil lamanya yang sudah tidak layak jalan?

BMW Ingatkan Tak Semua Orang Bisa Mau Mobil Listrik, Kuncinya Bikin Kendaraan yang Efisien 03

Baterai pada mobil listrik

CEO BMW ini juga berpendapat bahwa mobil bertenaga bahan bakar minyak (BBM) saat ini masih menjadi kunci keuntungan. Selain itu pabrikan juga harus lebih efisien dalam produksi mobil seperti menggunakan bahan daur ulang. Sehingga diharapkan bisa menekan biaya yang dibebankan kepada konsumen agar harga mobil lebih terjangkau.

Toyota Indonesia Siap Produksi Kendaraan Elektrifikasi

Lantas bagaimana dengan Indonesia? Toyota sebagai pabrikan teratas menyatakan siap memulai produksi mobil hybrid. PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) berencana memproduksi Hybrid Electric Vehicle (HEV) di Karawang Plant.

BMW Ingatkan Tak Semua Orang Bisa Mau Mobil Listrik, Kuncinya Bikin Kendaraan yang Efisien 04

Kijang Innova listrik

Bob Azam, Direktur Corporate Affairs TMMIN mengatakan kendaraan listrik yang diproduksi di Indonesia nanti tidak hanya untuk pasar domestik, tapi juga akan diekspor ke beberapa negara.

Dukungan Pemerintah Menuju Elektrifikasi

Sementara untuk mobil listrik atau Battery Electric Vehicle (BEV) beberapa waktu lalu Toyota sudah menghadirkan Innova BEV pada ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) 2022. Kehadirannya viral di media sosial.

Namun menurut Bob ada banyak aspek yang harus diperhatikan sebelum dijual ke konsumen. Seperti aspek teknis dari sisi baterai, lalu juga pengaruh suhu tiap negara yang berbeda-beda.

BMW Ingatkan Tak Semua Orang Bisa Mau Mobil Listrik, Kuncinya Bikin Kendaraan yang Efisien 05

Innova listrik akan diproduksi di Indonesia

“Kita masih melakukan studi pasarnya seperti apa,” ujarnya dalam acara Toyota Ngabuburit secara Virtual.

Elektrifikasi di Indonesia memang sedang didorong oleh pemerintah dengan berbagai kebijakan fiskal maupun non-fiskal. Seperti bebas aturan ganjil genap, aturan PPnBM (Pajak Penjualan atas Barang Mewah) khusus kendaraan listrik hingga pemerintah daerah seperti Pemprov DKI Jakarta membebaskan bea balk nama kendaraan bermotor (BBN-KB).

Baca juga : Avanza dan Xpander Wajib Siaga, Suzuki Ertiga Hybrid 2022 untuk Indonesia Rilis Bulan Ini?

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Harga tukar tambah yang adil

BMW I3s Electric

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil
Electric Cars Indonesia