Bocoran: Nissan Serena Generasi Ke-6 Akan Debut Oktober 2021, Desainnya Mirip Elgrand

Dhoni · 10 Mar, 2021 14:00

Nissan Serena generasi ke-6 sebagai versi teranyar akan segera hadir pada paruh kedua 2021. Generasi terakhir merupakan Nissan Serena generasi ke-5 yang diluncurkan tahun 2016 dan telah mendapatkan facelift pada 2019. Kehadiran Nissan Serena 2021 ingin memperkuat pasarnya di segmen High MPV melawan Toyota Voxy 2021.

Bocoran: Nissan Serena Generasi Ke-6 Akan Debut Oktober 2021, Desainnya Mirip Elgrand 01

Nissan Serena 2021

Baca juga: Perbandingan Spesifikasi Toyota Voxy vs Nissan Serena, Duel MPV Mewah

Nissan Serena merupakan pelopor mobil keluarga segmen menengah ke atas di Indonesia. Mobil ini telah lebih dulu hadir sebelum era Alphard yang jadi simbol mobilnya orang kaya raya. 

Nissan Serena 2021 telah mengalami perubahan jadwal launching, dengan perkiraan waktu peluncuran pada Oktober 2021. Sesuai dengan rendering, Nissan Serena 2021 terlihat mirip dengan sang kakak – Nissan Elgrand yang penampilannya menjadi lebih menawan.

Nissan Serena, Nissan Elgrand Versi Kecil 

Perubahan pada Nissan Serena 2021 yang membuatnya mirip seperti Nissan Elgrand yaitu bagian grill yang berukuran besar. Gril tersebut disandingkan dengan sepasang lampu utama model susun berbentuk ramping. Kemungkinan salah satu lampu susun tersebut merupakan Day Running Light (DRL).

Bocoran: Nissan Serena Generasi Ke-6 Akan Debut Oktober 2021, Desainnya Mirip Elgrand 02

Nissan Elgrand menjadi acuan Nissan Serena 2021

Secara keseluruhan, hasil rendering pada Nissan Serena 2021 seperti tetap mempertahankan ciri khasnya sebagai mobil keluarga premium. Tampilan Nissan Serena 2021 hadir dengan desain menarik perhatian, namun tetap sangat menawan.

Mengandalkan Mesin 2.0 Liter dan Versi Hybrid

Kemungkinan besar, mesin yang terpasang pada Nissan Serena S-Hybrid akan kembali digunakan di Nissan Serena generasi ke-6 ini. Mesin dengan kode MR20DD 4 silinder, 2.0 liter yang digunakan pada S-Hybrid dan mesin e-Power HR12DE 3 silinder 1.2 liter.

Bocoran: Nissan Serena Generasi Ke-6 Akan Debut Oktober 2021, Desainnya Mirip Elgrand 03

Mesin Nissan Serena 2021

Sesuai bocoran pihak Nissan, versi Nissan Serena 2021 dengan mesin e-Power akan mengalami peningkatan tenaga menjadi 140 PS, dari sebelumnya hanya 136 PS.

Bocoran: Nissan Serena Generasi Ke-6 Akan Debut Oktober 2021, Desainnya Mirip Elgrand 04

Sedangkan Nissan Serena yang hadir di Indonesia masih dalam versi generasi kelima, menggunakan mesin dengan kode MR20 2.0 liter 4-silinder CVTC. Kemampuan mesin ini dapat mengeluarkan tenaga mencapai 150 PS dengan torsi maksimum 200 Nm.

Fitur ProPilot 2.0 Jadi Andalan Nissan Serena 2021

Selain beragam fitur andalan yang telah tersemat pada Nissan Serena generasi kelima, kemungkinan besar pada Nissan Serena 2021 akan mendapatkan fitur Otonom ProPilot 2.0. Sebuah sistem penggerak otonom yang dianggap sebagai revolusioner saat itu sehingga Nissan Serena disebut menjadi kendaraan Jepang pertama yang menggunakan fitur tersebut.

Nissan Serena 2021 Tanpa Sunroof?

Untuk saat ini Nissan Serena yang hadir di Indonesia belum memiliki fitur sunroof, yang ada cuma panoramic roof. Sementara itu, belum dapat dipastikan Nissan Serena 2021 untuk versi Indonesia akan menyediakan sunroof atau tidak.

Seandainya Nissan Serena 2021 tidak terdapat sunroof, rasanya Toyota Voxy dengan panoramic sunroof akan kembali berjaya. Di Indonesia, sunroof dianggap menjadi fitur mewah pada sebuah mobil.

Bocoran: Nissan Serena Generasi Ke-6 Akan Debut Oktober 2021, Desainnya Mirip Elgrand 05

Nissan Serena dengan Dual Back Door

Fitur lainnya yang kemungkinan tetap dipertahankan pada Nissan Serena 2021 akan tetap menghadirkan dual back door. Dengan fitur ini, pintu belakang Nisssan Serena dapat terbuka dalam dua pilihan (setengah pintu dan keseluruhan).

Fitur Unggulan Nissan Serena 2021

Pada generasi kelima, Nissan Serena telah menghadirkan fitur touchless sliding door yang berada di bagian pintu penumpang baris kedua. Dengan fitur tersebut, penumpang dapat membuka pintu dengan hanya satu gerakan berkat tersedianya foot sensor.

Bocoran: Nissan Serena Generasi Ke-6 Akan Debut Oktober 2021, Desainnya Mirip Elgrand 06

Nissan Serena dengan fitur touchless sliding door

Khusus pada Serena Highway Star, tersedia fitur AVM (Around View Monitor) System. Dengan memanfaatkan kamera, pengemudi dapat mengetahui kondisi blind spot di bagian belakang dan depan. Fitur ini diperoleh dari Nissan Elgrand.

Kesimpulan

Untuk saat ini, Nissan Serena hadir versi CBU ke Indonesia dan merupakan satu-satunya High MPV yang berkelir Two-Tone. Tersedia dalam pilihan varian, yakni High Way Star seharga Rp 465 juta dan X yang dibanderol Rp 448 juta.

Dengan berbagai keunggulan yang diperkirakaan hadir pada Nissan Serena 2021, diharapkan mampu menguasai segmen High MPV yang kini jadi milik Toyota Voxy.

Untuk perkiraan waktu kehadiran Nissan Serena 2021 di Indonesia, rasanya baru akan tiba pada 2022. Itu pun jika pihak Nissan Indonesia tertarik menghadirkan karena saat ini seperti sedang fokus dalam memasarkan mobil di segmen SUV compact.

Komentar