Bocoran Spesifikasi Hyundai Santa Fe 2021 Pakai Mesin Baru, Lebih Keren Dari Honda CR-V?

Indra Fathan · 19 Mar, 2021 13:00

Bocoran Spesifikasi Hyundai Santa Fe 2021 Pakai Mesin Baru, Lebih Keren Dari Honda CR-V? 01

Setelah Kona Electric facelift, Hyundai Motors Indonesia (HMID) selaku APM Hyundai di Indonesia tengah mempersiapkan salah satu produk terbarunya yaitu Santa Fe facelift yang dikabarkan akan meluncur pada bulan April mendatang.

Nah, dengan waktu peluncuran yang semakin dekat, informasi detail seputar mobil ini juga mulai bermunculan. Salah seorang sales Hyundai di Jakarta menyebut bahwa Santa Fe facelift akan dijual dalam 3 tipe yaitu Style, Prime, dan Signature serta 2 pilihan mesin yaitu diesel 2.200 cc dan bensin 2.500 cc.

Bocoran Spesifikasi Hyundai Santa Fe 2021 Pakai Mesin Baru, Lebih Keren Dari Honda CR-V? 02

Kedua mesin yang digunakan Santa Fe facelift semuanya tergolong baru. Meski kapasitas mesin dieselnya tetap sama, namun tenaga dan torsinya meningkat jadi 202 PS dan torsi 440 Nm, kemudian mesin bensinnya berkapasitas 2.500 cc memiliki tenaga 180 PS dan torsi 232 Nm. Selain itu, kedua mesin ini juga dipadukan dengan transmisi berbeda; mesin diesel dengan transmisi 8-speed DCT dan mesin bensin dengan transmisi 6-speed AT.

Berlanjut ke bagian eksterior, Santa Fe versi facelift ini mendapat ubahan cukup besar di tampangnya. Kini Santa Fe hadir dengan gril yang terlihat membesar hingga seakan membentuk "lesung pipi" di lampu utamanya, serta kehadiran lampu mirip bentuk "T" yang diposisikan sebagai DRL. Pelek yang digunakan berukuran 18 inci, tergolong kecil untuk sebuah SUV yang punya ukuran cukup besar.

Bocoran Spesifikasi Hyundai Santa Fe 2021 Pakai Mesin Baru, Lebih Keren Dari Honda CR-V? 03

Masuk bagian interior, sekarang sudah dilengkapi panel instrumen digital dengan ukuran 12,3 inci serta head unit layar sentuh berukuran 8 inci. Selain itu, mobil ini juga dipasang wireless charging bagi smartphone yang sudah memiliki fitur ini dan konsol tengahnya kini dibuat mengambang serta transmisi berjenis Shift by Wire. Untuk menambah kesan mewah, interior mobil ini juga dihiasi dengan ambient mood lighting dan panoramic sunroof di plafon.

Namun, penambahan fitur terbanyak ada di keselamatannya, karena selain enam buah airbag, ABS, dan kontrol stabilitas, Santa Fe facelift punya segudang fitur berjenis "safety assist" seperti Foward Collision Avoidance Assist, Blind Spot View Monitor, Lane Keeping Assist, Rear Cross Traffic Collision Avoidance Assist, Blind Spot Collision Avoidance Assist, Lane Following Assist, lalu juga ada Surround View Monitor, Tire Pressure Monitoring System (TPMS), Parking Distance Warning, Safe Exit Assist, dan Rear Occupant Alert.

Bocoran Spesifikasi Hyundai Santa Fe 2021 Pakai Mesin Baru, Lebih Keren Dari Honda CR-V? 04

Dari informasi yang beredar, harga Santa Fe facelift 2021 dikabarkan akan dijual dengan rentang harga 550 - 730 jutaan rupiah, jika dibandingkan dengan versi sekarang yang rentang harganya 540 - 640 jutaan rupiah, terlihat bahwa kenaikan harganya tergolong cukup tinggi hingga 90 jutaan rupiah.

Komentar