Bodi Lebih Kecil Tapi Interior Honda City Hatchback RS Lebih Lapang dari Versi Sedan, Kok Bisa?

Prasetyo · 15 Des, 2021 12:08

Bodi Lebih Kecil Tapi Interior Honda City Hatchback RS Lebih Lapang dari Versi Sedan, Kok Bisa? 01

Honda kini memiliki dua varian City. Ada Honda City Hatchback RS, dan ada Honda City sedan. Tentu saja keduanya masuk segmentasi pasar yang berbeda. Tapi ternyata ada yang unik dari Honda City Hatchback vs City sedan. Kenapa ya?

Secara harga, varian sedan memiliki banderol yang lebih mahal dibanding harga Honda City Hatchback RS. Hadir cuma dalam satu varian, All New City sedan terpaut lebih mahal Rp53 juta dibanding City Hatchback RS CVT.

Harga Honda City di Indonesia
Tipe Harga
City Hatchback RS MT Rp292.000.000
City Hatchback RS CVT Rp302.000.000
All New City Sedan Rp355.000.000

Tapi dibanding kompetitornya seperti Toyota Yaris, harga Honda City Hatchback masih lebih mahal. Demikian pula dengan harga Toyota Vios yang masih lebih murah Rp72 jutaan dari harga All New Honda City sedan.

Nah punya spesifikasi teknis yang nyaris serupa, ternyata,City Hatchback malah memiliki ruang kabin lebih lapang dibanding versi sedannya. Padahal dimensi hatchback jelas lebih pendek ketimbang mobil tipe sedan. Kok bisa ya?

Baca juga : All New Honda City dan Honda Civic 2022 Resmi Meluncur, Ini Ubahannya

Honda City Hatchback vs City Sedan Cuma Beda Panjang

Perbandingan Dimensi
  City Hatchback RS City Sedan
Panjang 4.349 mm 4.553 mm
Lebar 1.748 mm 1.748 mm
Tinggi 1.470 mm 1.467 mm
Jarak sumbu roda 2.600 mm 2.600 mm

Dari tabel terlihat jelas kalau antara model hatchback dan sedan terlihat mengalami perbedaan cuma di segi panjang bodi. Karena ada buntut buat bagasi belakang, City sedan lebih panjang bodinya 204 mm dibanding yang tipe hatchback. Tapi tinggi tubuhnya lebih pendek 3 mm ketimbang hatchback.

Yang menarik adalah dari jarak sumbu roda. Walau keduanya punya rentang serupa, ternyata keduanya memlilki kelapangan kabin yang berbeda.

Honda City Hatchback Punya Pengaturan Kursi ULTRA, Sedan tidak

Bodi Lebih Kecil Tapi Interior Honda City Hatchback RS Lebih Lapang dari Versi Sedan, Kok Bisa? 01

Jok City Hatchback bisa dikonfigurasikan empat mode

Lapangnya ruang interior City Hatchback diduga kuat karena keberadaan sistem lipat kursi di mobil ini. Dinamai mekanisme pelipat ULTRA, keempat jok City Hatchback dapat diatur untuk bisa menampung barang bawaan ukuran besar sekalipun. 

Karena sistem ini pula tinggi bodi versi hatchback naik 3 mm dibanding sedan. Itu lantaran di City sedan, sistem pelipat ULTRA tersebut tidak ada. Tapi apa efeknya? Jelas pada kapasitas ruang bagasi.

Bodi Lebih Kecil Tapi Interior Honda City Hatchback RS Lebih Lapang dari Versi Sedan, Kok Bisa? 02

Bisa angkut pohon tanpa masalah

Dari pengukuran rekan kami Wapcar Malaysia, untuk City sedan cuma memiliki kapasitas bagasi 519 liter. Sementara di City Hatchback 289 liter. Tapi ini ketika posisi jok baris kedua tegak. Pada saat bangku belakang dilipat rata, kapasitas bagasi melonjak drastis jadi 841 liter.

Baca juga : Fitur Pintar Ultra Seat Pada Honda City Hatchback RS 2021, Warisan Berharga Honda Jazz

Honda City Hatchback Hapus Citra Mobil Hatchback Itu Sempit

Bodi Lebih Kecil Tapi Interior Honda City Hatchback RS Lebih Lapang dari Versi Sedan, Kok Bisa? 03

Bagasi belakangnya kalah lapang dari tipe hatchback

Dari pengukuran ini ternyata terbukti kalau Anda membayangkan mobil hatchback yang sempit dengan bagasi mungil, maka itu tidak terjadi dengan City hatcback. Rei Sakamoto, Large Project Leader Honda City pun menjelaskan hal ini.

Menurutnya sejak awal City Hatchback memang digagas untuk menggantikan Hond Jazz. Satu bagian terpenting adalah memiliki ruang kabin yang menyamai atau lebih baik dari Jazz. Ini karena Jazz memiliki keunggulan dalam hal kepraktisannya.

Bodi Lebih Kecil Tapi Interior Honda City Hatchback RS Lebih Lapang dari Versi Sedan, Kok Bisa? 04

Posisi tangki bahan bakar Honda Jazz juga di tengah

Karenanya City Hatchback pun didesain pakai tangki bahan bakar di bagian tengah tepatnya di bawah jok depan. Hal tersebut terbukti bisa memberikan ruang belakang lebih lapang. Tapi perhatiannya lantas bagaimana membuat tangki tahan terhadap benturan. Tapi Honda pun sukses dengan rekayasa ini, yang sayangnya tidak diterapkan pada City sedan.

Baca juga : Ini Alasan Honda Jazz RS 2020 Masih Layak Dipilih Dibandingkan Honda City Hatchback RS 2021

Prasetyo

Editor

Menggeluti bidang jurnalistik otomotif sejak 2009 selaras dengan hobinya dalam memodifikasi mobil. Apalagi karakteristik yang berbeda dari setiap kendaraan yang dibuat oleh masing-masing pabrikan, terus menumbuhkan minatnya di dunia otomotif hingga saat ini.

Komentar

20% lebih tinggi dari harga jual rata-rata

2021 Honda City Hatchback RS 1.5 M/T

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Pemeriksaan mobil dan pelayanan transaksi hanya tersedia di Pulau Jawa

Mobil Terbaru