"Di luar perkiraan kami, permintaan Omoda 5 GT saat ini meningkat dan karenanya PT CSI harus mempercepat produksi.
Namun bersamaan dengan itu tengah terjadi kenaikan harga bahan baku dan suku cadang di pasar global yang mempengaruhi biaya produksi dan kami harus melakukan penyesuaian harga untuk konsumen," ujar Qu Ji Zong, Executive Vice President PT CSI.
Meski begitu, CSI terus berkomitmen untuk memberikan pengalaman berkendara terbaik dari produk-produk berkualitas yang ditawarkan.
Hal ini diwujudkan dengan penggunaan bahan baku dan suku cadang berstandar tinggi dengan menyesuaikan standar kualitas global Chery, bagian dari komitmen utama Chery untuk menghadirkan produk yang berkualitas.
Konsumen yang ingin memiliki Omoda 5 GT sebelum mengalami penyesuaian harga, saat ini untuk varian FWD mobil ini dibandrol Rp 448,8 juta dan Rp 488,8 juta OTR Jakarta varian AWD.
Jika ada kenaikan Rp 5 juta, maka per 5 Desember 2023 nanti, harga Chery Omoda 5 GT tipe FWD akan menjadi Rp 453 jutaan dan Rp 493 jutaan.
Sebagai pembeda dengan versi FWD, varian AWD disematkan velg 19 inci yang mendapat sentuhan warna hitam yang mempertegas kesan sporty sekaligus tangguh.
Sedangkan tipe FWD untuk leingkar rodanya menggunakan velg 18 inci yang diberi sentuhan aksen warna orange.
Melihat ke bagian dalam, kedua varian mendapatkan sistem hiburan berupa head unit layar sentuh 20,5 inci ultra-clear Vision dengan Carplay dan Android Auto yang dipadukan 8 speaker garapan Sony 8, Intelligent Voice Assistant, kamera 360 derajat dan panoramic sunroof.
Menariknya, mobil ini juga dilengkapi jok kursi elektrik untuk pengemudi dan penumpang depan, serta kursi penumpang dengan ventilated seat.
Hanya saja pada tipe AWD pabrikan melengkapinya dengan wireless charging sebesar 50W, yang bisa dimanfaatkan untuk melakukan penambahan daya pada smartphone hanya dengan meletakannya.
Tak hanya menyuguhkan rasa berkendara yang impresif di wilayah perkotaan, Omoda 5 GT juga cocok digunakan melibas jalan off-road.
Untuk varian teratas atau AWD, mobil ini hadir dengan enam moda berkendara yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan dan kondisi jalan di Tanah Air.
Dimulai dari mode Normal dan ECO untuk di jalanan pada umumnya, kemudian mode Sport yang agresif yang cocok untuk di jalan tol.
Terdapat pula mode Gravel untuk jalan beraspal dan berbatu, serta mode Mud di jalan berlumpur, dan mode Off Road yang cocok di jenis jalanan lebih bertekstur.
Meski begitu varian FWD juga memiliki mode berkendara yang tak kalah menarik, seperti; Eco, Normal dan Sport yang dapat disesuakan dengan keinginan pengendara.
Guna memberikan perlindungan sekaligus keselamatan berkendara yang dibutuhkan para penggunanya, kedua varian memperoleh 6 airbags, ABS, EBD, Brake Assist System, Brake Override System, ESP (Electronic Stability Program), TCS (Traction Control), Hill-start Assist Control, dan Hill Descent Control sebagai fitur keselamatan standar.
Tak hanya itu, keduanya juga memiliki fitur keselamatan ADAS yang mencakup Autonomous Emergency Brake (AEB), Drive Away Warning (DAW), Rear Cross Traffic Alert (RTA), Integrated Cruise Assist (ICA), Traffic Jam Assist (TJA), Front Collision Warning (FCW), Blind Spot Warning (BSW), Emergency Lane Keeping (ELK), Lane Departure Prevention (LDP), Adaptive Cruise Control (ACC), Lane Departure Warning (LDW), dan terakhir Lane Keeping Assist (LKA).
Khusus varian AWD, Omoda 5 GT mendapat tambahan Driver Monitoring System yang dirancang secara intuitif untuk memberikan perhatian khusus pada kondisi pengemudi.
Mesin 1.600 Cc Turbocharger Hasilkan Tenaga dan Torsi Buas
Omoda 5 GT FWD dan AWD dibekali mesin 1.600 cc TGDI Turbocharger 4-silinder segaris yang dapat menghasilkan tenaga sebesar 197 Hp dan torsi 290 Nm.
Untuk membuatnya berjalan, mesinnya dipadukan transmisi kopling ganda (DCT) 7-Percepatan dengan menyuguhkan rasa berkendara buas dan agresif.
Seorang pengagum otomotif sejak kecil, yang suka mengoprek kendaraan di akhir pekan, membuat penulis semakin cinta pada dunia otomotif. Yang pada akhirnya hoby tersebut membawanya ke dalam dunia pekerjaanya sebagai penulis hingga saat ini.