window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Bosan Dengan Mobil Sport? Porsche Bikin MPV Mewah Saingi Lexus LM

Prasetyo · 3 Agu, 2021 16:04

Bosan Dengan Mobil Sport? Porsche Bikin MPV Mewah Saingi Lexus LM 01

Porsche yang kita kenal selama ini adalah produsen mobil-mobil sport. Misalnya saja melalui 911 Series, sampai Taycan yang bergenre mobil listrik (Electric Vehicle). Semuanya punya nuansa sport yang kental.

Bahkan melalui Macan, Porsche juga membentuk model SUV berdesain stylish tapi juga punya darah sporty. Tapi entah mengapa, belum lama ini beredar kabar jika Porsche semakin serius merancang sebuah MPV mewah yang pakai nama Porsche Vision Renndienst.

MPV Mewah Porsche Vision Renndienst -1

Pertama kali dimunculkan November 2020

Apakah ini karena pasar mobil sport dunia lagi sepi makanya Porsche akan beralih ke segmen MPV mewah?

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Baca juga : Porsche Panamera 2021 Facelift, Ubahan Estetika dan Teknologi Baru

MPV Mewah Full Elektrik

Porsche Vision Renndienst memang masih berupa mobil konsep. Awalnya mobil ini perdana muncul di November 2020. Namun rupanya, Porsche makin serius dengan desain full electric van masa depannya itu.

MPV Mewah Porsche Vision Renndienst -2

Penampilan terbarunya

Diterjemahkan sebagai "Layanan Balap", Renndienst merupakan satu dari 15 hasil studi desain yang pernah dibuat Porsche. Kini Porsche pun merilis lebih detil mengenai Vision Renndienst termasuk bentuk interiornya.

Dengan perkembangan teknologi otomotif yang pesat, Porsche meyakini jika penting untuk membuat model seperti itu di masa depan yang berorientasi dengan User Xperience (UX). Namun mengapa dan bagaimana MPV mewah ini dibangun, masih belum ada informasi detil dari Porsche.

MPV Mewah Porsche Vision Renndienst -3

MPV 5 penumpang

"Pada Taycan kami telah menunjukkan seberapa jauh kami berpikir ke depan. Sekarang kami sedang melihat kemungkinan inovasi keseluruhan berikutnya. Untuk itulah kami berpikir dari dalam ke luar," ucap Ivo van Hulten, Director of User Experience Design Porsche.

Terinspirasi Mobil K.I.T.T

Porsche Vision Renndienst Concept diungkapan oleh van Hulten sebagai kendaraan asimetris. Bentuk keseluruhan mobil seperti kapsul, tapi bagian depan meningatkan kita pada MPV futuristik keluaran Vokswagen (VW). Sebelah kiri bodi tertutup lebih dari setengah keseluruhan tubuhnya. Sedangkan di sisi kanan malah dibekali jendela yang banyak dan lebih lebar.

MPV Mewah Porsche Vision Renndienst -4

Jok pengemudi bisa diputar 180 derajat

Bagian dalamnya juga unik. Bahkan menurut van Hulten jika mereka terinspirasi dari mobil K.I.T.T yang ada di film Knight Rider. Dengan bukaan pintu di sebelah kanan dengan model geser namun dapat terbuka sangat lebar, mobil ini bisa diisi hingga 5 penumpang.

Pengemudinya menggunakan jok yang posisinya ada di bagain tengah. Setirnya juga diletakkan di tengah-tengah dasbor lengkap dengan panel instrumen berbentuk bundar. Jok pengemudi bisa diputar 180 derajat.

MPV Mewah Porsche Vision Renndienst -5

Ada dua monitor buat penumpang belakang

Sementara penumpang baris kedua disuguhi dua monitor berbeda yang diletakkan di sisi kiri dan kanan dasbor. Kedua monitor ini mampu mengoperasikan sistem yang berbeda secara bersamaan sehingga memberikan ruang individual bagi setiap penumpang.

Porsche Sudah Bosan dengan Mobil Sport?

Sebuah MPV mewah memang tidak familiar dengan brand Porsche. Namun menurut van Hulten, desain seperti ini akan mengalir di masa depan pada jajaran kendaraan Porsche. Mungkin filosofi seperti ini pula yang mendasari perusahaan akhirnya berkecimpung di segmen SUV. Bukan sekedar menyodorkan mobil-mobil sport dua tempat duduk lagi.

MPV Mewah Porsche Vision Renndienst -6

Pintu dan jendela cuma ada di sisi kanan

Apakah itu berarti nantinya Porsche bakal punya MPV mewah yang akan bersaing dengan Lexus LMToyota Alphard atau Honda Odyssey?

Baca juga : Porsche Cayenne Turbo GT 2022, Simpan Tenaga Dahsyat Khas Sportcar dalam Tubuh SUV

Prasetyo

Editor

Menggeluti bidang jurnalistik otomotif sejak 2009 selaras dengan hobinya dalam memodifikasi mobil. Apalagi karakteristik yang berbeda dari setiap kendaraan yang dibuat oleh masing-masing pabrikan, terus menumbuhkan minatnya di dunia otomotif hingga saat ini.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Cek penawaran terbaik dalam 24 Jam!

Toyota Alphard 2.5 X A/T

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil