Bosen Ngomongin Toyota Raize dan Daihatsu Rocky, Ini Pilihan SUV Rp200 Jutaan Lainnya!

Dito · 24 Jun, 2021 10:30

Bosen Ngomongin Toyota Raize dan Daihatsu Rocky, Ini Pilihan SUV Rp200 Jutaan Lainnya! 01

Hadirnya Toyota Raize dan Daihatsu Rocky di Indonesia meramaikan pasar SUV dengan harga terjangkau. Kini konsumen mendapat makin banyak pilihan SUV di harga Rp200 jutaan.

Pilihannya pun tidak hanya dari merek Daihatsu dan Toyota. Dalam rangkuman Autofun Indonesia, ada DFSK, Honda, Nissan dan Suzuki yang mempunyai produk SUV berbanderol Rp200 jutaan.

Lantas apa saja mobil SUV Rp200 jutaan yang bisa dipilih?

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Daihatsu Rocky

Daihatsu Rocky

Daihatsu Rocky meramaikan pasar otomotif mobil SUV harga Rp 200 jutaan

Diperkenalkan pada April 2021 lalu, Daihatsu Rocky menjadi salah satu mobil yang mencuri perhatian dunia otomotif tahun ini. Desain eksterior yang agresif dan tegas menjadi salah satu faktor daya tarik.

Faktor lainnya ialah mesin baru yang diusung yakni 1.000 cc Turbo dengan kode 1KR-VET. Teknologi turbo dengan tenaga besar namun irit bahan bakar memang sedang menjadi tren saat ini.

Baca juga : Banyak Pilihan, Nih Daftar Lengkap Varian dan Harga Daihatsu Rocky 1.0 Turbo dan 1.2 Liter

Meski begitu belum lama ini Daihatsu juga memperkenalkan tipe Daihatsu Rocky varian mesin 1.200 cc N/A dengan harga yang lebih terjangkau. Bahkan harga termurahnya dibanderol dibawah Rp200 juta.

Namun untuk varian tertinggi tetap diangka Rp200 jutaan. Sementara Daihatsu Rocky 1.0 L Turbo harga termurahnya mencapai Rp224,1 juta dengan tenaga yang lebih besar dan tetap irit bahan bakar.

Daihatsu Terios

Daihatsu Terios

Daihatsu Terios mempunyai keunggulan kapasitas 7 penumpang

Bila membutuhkan mobil SUV dengan kapasitas penumpang lebih banyak, maka Toyota Raize dan Daihatsu Rocky bukanlah pilihan tepat. Ada Daihatsu Terios yang mampu menampung hingga 7 penumpang.

Ada 7 varian yang bisa dipilih konsumen dengan harga mulai dari Rp214 jutaan hingga Rp269 jutaan. Tentunya setiap varian punya perbedaan baik dari segi tampilan eskterior dan interior maupun fitur yang diberikan.

Baca juga : Banderol Harga Mirip, Pilih Kepraktisan ala Daihatsu Terios atau Kemewahan Toyota Veloz?

Selain kapasitas penumpang yang lebih banyak, Daihatsu Terios juga unggul dalam hal tenaga mesin. Berkapasitas 1.496 cc, Daihatsu Terios punya tenaga maksimum hingga 104 PS pada 6.000 rpm.

Walaupun dalam hal akselerasi, torsi puncaknya tidak sebaik dari mesin turbo milik Toyota Raize dan Daihatsu Rocky. Torsi puncak dari Daihatsu Terios sendiri mencapai 139 Nm di 4.200 rpm.

Kiprahnya yang sudah lebih lama di industri otomotif Tanah Air menjadi kelebihan. Sehingga dalam hal spare parts bisa diandalkan ketika ada masalah.

DFSK Glory 560

Bosen Ngomongin Toyota Raize dan Daihatsu Rocky, Ini Pilihan SUV Rp200 Jutaan Lainnya! 03

Tidak hanya merek Jepang, SUV harga Rp200 jutaan juga ada pilihan dari negeri China. Ada 5 varian yang ditawarkan kepada konsumen dengan kisaran harga mulai dari Rp202,5 juta hingga Rp252,5 juta untuk varian tertingginya.

Salah satu keunggulan dari DFSK Glory 560 adalah layar sentuh pada head unit berukuran 8 inci. Ada banyak fitur berguna pada layar sentuh besar tersebut.

Mulai dari navigasi GPS, Radio, konektivitas bluetooth, mirroring smartphone hingga untuk kamera belakang untuk memudahkan parkir. Khusus untuk mirroring bisa digunakan baik untuk smartphone android maupun iOS.

Baca juga : Promo Penjualan DFSK Glory 560, Apakah Lebih Murah Dibanding Harga BaruToyota Rush dan Daihatsu Terios?

Hal menarik lainnya yang bisa menjadi pertimbangan untuk melirik mobil sebagai SUV Rp 200 jutaan adalah mesinnya. Menggunakan mesin 1.5L Turbo membuatnya punya performa tinggi.

Tercatat tenaga maksimum yang dihasilkan mencapai 150 PS pada 5.600 rpm. Sedangkan torsi puncaknya 230 Nm di putaran 1.800 hingga 4.000 rpm.

Ada dua pilihan transmisi tergantung dari varian yang dipilih. Transmisi manual 6-percepatan yang tak dimiliki Toyota Raize dan Daihatsu Rocky, atau CVT yang membuat laju kendaraan lebih halus dan nyaman.

Honda BR-V

Honda BR-V

Honda BR-V mempunyai basis yang sama dengan Honda Mobilio

Meski sudah berusia cukup lama dan belum ada generasi baru, Honda BR-V masih layak dipertimbangkan sebagai pilihan SUV Rp 200 jutaan. Tersedia 4 varian, harga yang dibanderol mulai dari Rp247,3 juta hingga Rp288,8 juta untuk varian tertinggi.

Mobil yang mempunyai basis sama dengan Honda Mobilio ini mempunyai kelebihan dari kapasitas 7 penumpang. Bila sering membawa banyak anggota keluar pergi keluar kota, Honda BR-V bisa menjadi opsi menarik.

Baca juga : Harga Beda Rp30 Jutaan dan Basis Sama, Mending Beli Honda Mobilio atau Honda BR-V?

Ada banyak kelebihan, seperti kenyamanan berkendara dengan handling yang fun to drive. Ditambah fitur One Push Ignition System yang memudahkan menyalakan mesin dipadu tombol start stop engine.

Fitur keselamatan pada Honda BR-V juga cukup lengkap. Seperti pengereman ABS + EBD serta Vehicle Start Assist (VSA) untuk menjaga stabilitas kendaraan.

Ada juga fitur HSA (Hill Start Assist) yang memudahkan akselerasi ketika sedang melalui jalan menanjak.

Kabinnya juga tergolong lega dengan panjang mencapai 4.456 mm dan lebar 1.735 mm. Sementara tinggi 1.666 mm pada Honda BR-V memberi ruang kepala yang nyaman.

Nissan Magnite

Bosen Ngomongin Toyota Raize dan Daihatsu Rocky, Ini Pilihan SUV Rp200 Jutaan Lainnya! 05

Akhir tahun lalu Nissan Magnite resmi diluncurkan di Indonesia. Produk terbaru dari Nissan ini masuk dalam kategori mobil SUV Rp200 jutaan, dan sejatinya merupakan rival terdekat Toyota Raize dan Daihatsu Rocky.

Ada 3 varian yang bisa dipilih dengan banderol terjangkau. Varian termurah yakni Nissan Magnite harganya Rp208,8 juta bertransmisi manual.

Sementara untuk varian tertinggi yakni Nissan Magnite Premiun dengan harga Rp238,8 juta. Transmisi yang digunakan ialah CVT.

Baca juga : Toyota Raize dan Daihatsu Rocky vs Nissan Magnite dan KIA Sonet, Pertarungan Anime vs Bollywood

Sama seperti Toyota Raize dan Daihatsu Rocky, Nissan Magnite dibekali mesin 1.000 cc Turbo untuk pasar Indonesia. Berkode HRA0, mesin ini mampu mengeluarkan tenaga maksimum 100 PS di 5.000 rpm dengan torsi puncak 160 Nm pada putaran 2.800-3.600 rpm.

Dimensinya yang compact juga menjadi daya tarik untuk pengemudi pemula yang ingin mobil berkarakter SUV. Sehingga ketika parkir lebih percaya diri tanpa perlu khawatir terserempet mobil lain atau pembatas.

Suzuki XL7

Suzuki XL7

Suzuki XL7 punya fitur berlimpah dan kabin mencapai 7 orang

Pasar mobil SUV dengan kapasitas 7 penumpang mempunyai daya tarik besar. Konsumen Indonesia yang ingin kapasitas penumpang banyak namun ground clearance tinggi bisa menjadi solusi.

Salah satu mobil SUV Rp 200 jutaan berkapasitas 7 penumpang ialah Suzuki XL7. Mirip seperti Honda BR-V yang mengambil basis Mobilio, Suzuki XL7 mengambil basis Ertiga.

Harga yang dibanderol mulai dari Rp 236,5 juta untuk varian terendah hingga Rp 273,5 juta di varian tertinggi.

Baca juga : FAQ: Fakta Menarik Suzuki XL7 2021, Mobil Penumpang Terlaris Suzuki

Salah satu kelebihan dari Suzuki XL7 adalah fitur yang berlimpah. Seperti fitur keselamatan Electronic Brake Distribution (EBD) yang mencegah mobil terjadi oversteer atau understeer.

Sementara fitur ABS membuat pengereman lebih optimal dan tidak ragu untuk mengendalikan mobil. Begitu juga fitur ESP (Electronic Stability Program) yang mencegah mobil oversteer dan understeer ketika menikung.

Fitur lainnya yang tidak kalah menarik adalah Smart e-Mirror. Fitur ini merupakan kaca spion digital dengan dua kamera. Kamera satu di depan yang ditaruh dibalik kaca spion tengah dan kamera lainnya di belakang dekat plat nomor.

Kelebihan dari fitur yang tak dimiliki Toyota Raize dan Daihatsu Rocky ini bisa menjadi bukti rekaman ketika terjadi kecelakaan baik pada mobil maupun lingkungan sekitar.

Tentunya fitur ini juga membantu pengemudi ketika melakukan parkir. Terlebih ketika mendapat parkir paralel yang cukup sulit sehingga membantu untuk tidak menyenggol mobil.

Toyota Rush

Toyota Rush

Toyota Rush produk kembar dengan Daihatsu selain Rocky dan Raize

Kembaran dari Daihatsu Terios ini tidak jauh berbeda satu sama lain. Baik dari desain eksterior, interior maupun fitur.

Meski punya tampilan dan spesifikasi mirip, harga yang dijual berbeda. Toyota Rush dibanderol lebih mahal yakni Rp 249,6 juta untuk entry level, sedangkan varian tertinggi mencapai Rp 270,4 juta.

Fitur hiburan yang disajikan tergolong lengkap. Seperti audio 8 speaker dengan konektivitas Bluetooth ke smartphone.

Baca juga : Pakai Mesin Serupa, Ini Rahasia Tarikan Toyota Avanza Veloz Lebih Nendang Dibanding Toyota Rush!

Bantingan suspensi Toyota Rush pada generasi terbarunya ini juga lebih nyaman. Hal ini karena hadirnya fitur VSC (vehicle stability control) sekaligus mencegah mobil melintir.

Fitur keselamatan lainnya juga cukup lengkap seperti rem ABS dan EBD. Begitu juga dengan fitur Hill Start Assist (HSA) yang membuat mobil tetap aman ketika di tanjakan dan tetap pada jalurnya.

Pada varian tertinggi Toyota Rush juga sudah dilengkapi sumber pengisian daya gawai. Tidak hanya di depan untuk pengemudi dan penumpang depan tapi juga tersedia di setiap baris.

Toyota Raize

Toyota Raize

Fitur berlimpah pada Toyota Raize menjadi keunggulan

Kehadiran Toyota Raize dan Daihatsu Rocky menjadi opsi menarik untuk pecinta merek Jepang ini dalam memilih mobil SUV Rp 200 jutaan.

Bila ingin ukuran yang lebih compact dan cukup dengan kapasitas 5 penumpang, maka Toyota Raize menjadi pilihan ideal.

Terlebih produk terbaru ini sudah dilengkapi TSS (Toyota Safety Sense). Fitur ini berguna untuk pengemudi agar berkendara lebih aman selama perjalanan.

Baca juga : Wajib Tahu, Berikut Daftar Semua Varian dan Harga Terbaru Toyota Raize 1.0L Turbo dan 1.2L

Ada beberapa fitur yang mempunyai fungsi berbeda-beda. Seperti pre-collision system, rear cross traffic alert, lane departure alert with steering control, blind spot monitor, adaptive cruise control dan pedal misoperation control.

Setiap fitur tersebut bekerja dengan cara yang berbeda-beda. Paling canggih adalah fitur lane departure alert yang mengingatkan pengemudi ketika keluar lajur.

Tidak hanya memberi peringatan bunyi tapi juga melakukan koreksi arah setir. Hal ini berguna ketika pengemudi mengantuk atau lupa menyalakan sein ketika hendak berpindah lajur.

Selain desain eksterior, ada hal lain yang membuat Toyota Raize terlihat gagah. Penggunaan velg besar dengan ukuran 17 inci bisa menarik perhatian.

Jadi, mana pilihan SUV Rp 200 jutaan favoritmu selain Toyota Raize dan Daihatsu Rocky?

Baca juga : Daihatsu Rocky 1.2 Liter vs 1.0 Turbo, Kemampuan Mesin Tak Kalah Dari Versi Turbonya

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Komentar

20% lebih tinggi dari harga jual rata-rata

2021 Daihatsu Rocky 1.0 R TC MT

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Pemeriksaan mobil dan pelayanan transaksi hanya tersedia di Pulau Jawa

Mobil Terbaru