window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Buat Aktivitas Harian, Apakah Daihatsu Rocky 1.2 ADS Lebih Praktis Dari Xenia 1.3 R AT?

Yongki Sanjaya · 22 Jun, 2021 16:30

Buat Aktivitas Harian, Apakah Daihatsu Rocky 1.2 ADS Lebih Praktis Dari Xenia 1.3 R AT? 01

Pilihan mobil murah semakin beragam setelah PT Astra Daihatsu Motor merilis Daihatsu Rocky 1.2 liter pekan lalu. Compact crossover bikinan Daihatsu ini dijual dengan harga PPnBM 0 persen mulai dari Rp178,9 juta sampai dengan Rp215 juta untuk tipe Rocky 1.2 ADS. 

Bila dikomparasi, ternyata harga Rocky tersebut sedikit lebih mahal daripada Xenia tipe 13 R AT DLX yang masuk varian teratas mesin 1.300 cc. MPV ini dijual dengan harga Rp214,1 juta alias cuma selisih Rp900 ribu dengan Rocky 1.2 ADS. 

Memang dari segmentasi kurang berimbang karena Rocky adalah compact crossover 5-seater sedangkan Xenia adalah MPV 7-seater. Namun dari sisi harga, keduanya menawarkan banderol yang berdekatan. Dengan begini konsumen bisa galau, saat menentukan pilihan untuk kendaraan sehari-hari.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Buat Aktivitas Harian, Apakah Daihatsu Rocky 1.2 ADS Lebih Praktis Dari Xenia 1.3 R AT? 01

Dengan harga segitu, kita bisa dapat Daihatsu Xenia yang fiturnya cukup lengkap. Sementara untuk Rocky walaupun bukan tipe tertinggi namun fiturnya juga oke.

Secara garis besar, Rocky 1.2 ADS ini telah didukung sound system buatan tim RND Daihatsu. Kemudian untuk Xenia 1.3 R Deluxe memiliki kelengkapan yang sama persis dengan 1.5 R Deluxe hanya saja ada beberapa perbedaan. 

Sebelum memilih antara Rocky dan Xenia, sebaiknya ketahui terlebih dahulu fitur dan keunggulan masing-masing. 

Daihatsu Xenia 1.3 R AT DLX, Pilihan MPV Murah Bergaya Mewah

Buat Aktivitas Harian, Apakah Daihatsu Rocky 1.2 ADS Lebih Praktis Dari Xenia 1.3 R AT? 02

Foto: Daihatsu Bogor

Kalau kamu ingin punya mobil keluarga yang harganya relatif murah dengan fitur yang lumayan wah, maka Xenia 1.3 R AT DLX jadi pilihan ideal. Pada tipe R dilengkapi aerokit di bumper depan belakang termasuk side skirt. 

Tidak cuma dilengkapi body kit, tipe R sudah dipermanis krom pada grille dan bingkai untuk fog lamp. Lampu sein juga telah terintegrasi di spion yang membuat visibilitas bagi pengendara lain cukup jelas terlihat. 

Kelengkapan lainnya cukup berkelas meliputi ampu utama LED, lampu kabut, side body moulding, mud guard, velg alloy 14 inci, antena shark fin, intermittent wiper, spoiler dengan LED high mount stop lamp (HSML), dan panel krom pada pintu bagasi dan muffler cutter.

Interior Berkelas Xenia 1.3 R DLX, Bikin Betah

Buat Aktivitas Harian, Apakah Daihatsu Rocky 1.2 ADS Lebih Praktis Dari Xenia 1.3 R AT? 03

Interior tipe R juga mengaplikasikan skema dual tone pada dashboard dan trim. Lalu urusan multimedia hiburan termasuk spesial mulai tipe R ini. Head unit layar sentuh bisa terhubung dengan Bluetooth dan USB. 

Output suara semakin menarik karena tweeter dari speaker utama di baris depan dan belakang. Hasilnya, memberi keluaran audio yang lebih kaya. Kenyamanan berkendara juga dirasakn oleh pengemudi karena adanya audio steering switch memberi kepraktisan akses.

 

Baca juga:

10 Indikator Fitur di Meter Cluster Daihatsu Rocky yang Wajib Diketahui, Kalau Nyala Berarti Ada Masalah

Sekarang Lebih Baik Beli Daihatsu Rocky Daripada Toyota Raize! Ini Alasannya

Berapa Sih Harga Kredit Daihatsu Rocky? Berikut Skema Cicilan Untuk Semua Variannya

Untuk tipe ini kelengkapan standarnya antara lain AC digital, AC double blower, card holder, power outlet baris 1 dan 2, pelipatan 40:60 pada baris kedua dan 50:50 kursi baris ketiga. 

Sun visor telah dilengkapi cermin untuk penumpang depan, lalu ada kantong di punggung kursi driver dan penumpang. Fitur lainnya yang ada di Xenia R yaitu pengaturan tilt dan tombol audio pada kemudi, spion retractable dan bonus jaring kargo untuk bagasi. Daihatsu membekali fitur MID dan ECO indikator mulai dari Xenia R.

Fitur Keselamatan di Xenia 1.3 R AT DLX, Seberapa Lengkap Sih?

Buat Aktivitas Harian, Apakah Daihatsu Rocky 1.2 ADS Lebih Praktis Dari Xenia 1.3 R AT? 04

Bicara mobil keluarga dengan harga yang cukup ekonomis, Xenia 1.3 R AT DLX ini cukup lengkap fiturnya. Mobil ini dilengkapi dual SRS airbag, driver safety belt warning, door warning, sabuk pengaman dengan pretensioner dan force limiter, side impact beam, power window jam protection, child safety lock. 

Fitur menarik lainnya yang jadi standar ialah auto door lock sensor kecepatan dan sensor parkir belakang. Untuk memudahkan pengemudi, tersedia fitur fungsional kamera parkir mundur, sensor depan dan immobilizer.

Daihatsu Rocky 1.2 ADS, Compact Crossover Kaya Fitur Hiburan

Buat Aktivitas Harian, Apakah Daihatsu Rocky 1.2 ADS Lebih Praktis Dari Xenia 1.3 R AT? 05

Foto: Youtube LugNutz Auto Junkie

Daihatsu Rocky 1.2 hadir dengan tiga varian, yaitu M, X dan ADS. Tipe terakhir adalah tipe tertinggi, dengan upgrade hasil garapan dari tim RND Daihatsu Indonesia. 

Bila pada Rocky 1.0 Turbo Daihatsu fokus memberikan fitur keselamatan di tipe tertinggi, pada varian teratas 1.200 cc PT ADM meningkatkan sisi hiburan dan penampilan di tipe 1.2 ADS. 

Sebagai pendatang baru, Rocky 1.2 ADS dinilai sebagai mobil yang value for money. Mobil ini punya berbagai fitur menarik yang membuat harganya jadi terjangkau. Sebut saja head lamp LED, Black Front Grille, Fog Lamp, velg alloy 16 inci, Electric Adjustment Outer Mirror with Auto Retract Rear Wiper with Reverse Link, Black Backdoor Garnish.

Buat Aktivitas Harian, Apakah Daihatsu Rocky 1.2 ADS Lebih Praktis Dari Xenia 1.3 R AT? 06

Foto: Youtube LugNutz Auto Junkie

Kamu juga akan mendapatkan fitur USB Connector, 2 Rear Speaker, Painted Steering Wheel, Silver A/C Panel, Chrome Inside Door Handle, Painted Front Console, Full Digital Meter Cluster dan Welcome Lamp. Untuk kenyamanan pengemudi ditunjang Steering Switch, Keyless, Start Stop Button, Alarm dan Back Sonar.

Untuk membedakan dari tipe X, maka Rocky 1.2 ADS mendapat skid plate depan belakang, side skirt, dan subwofer. Fitur keselamatan di Rocky 1.2 liter juga cukup lengkap karena mendapatkan Dual Front Airbag, Side Impact Beam, Front Disc Brake, Rear Drum Brake, ABS, EBD, 3 Point ELR Seatbelt All Seatbelt Warning, Child Safety lock, VSC (khusus CVT) dan HSA (khusus CVT). 

Sayangnya, ada beberapa kesamaan fitur antara tipe ADS sebagai tipe tertinggi dengan tipe M sebagai tipe terbawah selain fitur keselamatannya. Fitur multimedia mengandalkan head unit  7 inci Display Audio Support Apple Carplay & Android Auto.

Fitur standar Rocky lainnya yang telah ada dari tipe M yaitu Electric Power Steering, Tilt Steering, Power Mode (khusus transmisi CVT), Speed Sensing Front Wiper, Power Window, Speed Sensing Auto Door Lock, Immobilizer, 2 Front Speakers. Untuk tipe X dan ADS mendapatkan fitur keyless dengan tampilan panel instrumen speedometer berupa layar LCD 

Beda Kapasitas Penumpang, Daihatsu Rocky Kurang Mumpuni Jarak Jauh?

Buat Aktivitas Harian, Apakah Daihatsu Rocky 1.2 ADS Lebih Praktis Dari Xenia 1.3 R AT? 07

Xenia sejak awal dirancang sebagai mobil keluarga yang serba bisa. Pengalaman selama belasan tahun membuat mobil ini telah terbukti kemampuannya untuk perjalanan antar kota. Rocky sebagai pendatang baru dengan ukuran lebih kecil dan mesin lebih kecil belum terbukti untuk perjalanan jarak jauh. 

Namun bila bicara kepraktisan di dalam kota, ukuran Rocky yang compact sudah pasti lebih unggul. Mobil ini lebih mudah bermanuver di jalan kampung yang agak sempit ketimbang Xenia yang cukup besar. Bagasi belakang juga cukup besar bila hanya digunakan untuk belanja bulanan ke pasar swalayan. 

Soal fitur, Daihatsu Rocky 1.2 ADS memang oke dan kekinian. Tidak banyak perbedaan fitur dibandingkan Xenia 1.3 R AT DLX dengan harga serupa. 

Daihatsu Xenia 1.3 R AT Menang Murah, Rocky 1.2 ADS Menang Praktis

Buat Aktivitas Harian, Apakah Daihatsu Rocky 1.2 ADS Lebih Praktis Dari Xenia 1.3 R AT? 08

Bila kamu mencari sisi ekonomis soal harga, maka Xenia jelas unggul karena kita bisa dapat mobil berukuran besar di harga segitu. Selisih harga cuma Rp900 ribu lebih murah, kita bisa angkut 7 penumpang sekali jalan bila pilih Xenia. 

Rocky 1.2 ADS ini memang segmentasinya lebih kepada anak muda dan pengguna di perkotaan. Harga yang ditawarkan sedikit di atas Xenia dan ukurannya juga lebih mungil. Dengan fitur cukup lengkap dan dimensi compact, Rocky sudah sangat cukup untuk kendaraan harian yang praktis. 

Jadi, pilihlah dengan bijak sesuai kebutuhan dan selera. 
 

Yongki Sanjaya

Editor

Berpengalaman di beberapa media online. Bermula menjadi reporter otomotif di situs yang lain hingga kini menjadi Editor di Autofun Indonesia. Penghobi mobil lawas dan anak 90-an banget. FB:Yongki Sanjaya Putra

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Harga tukar tambah yang adil

2022 Daihatsu Xenia 1.3 M MT

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil