Buat Yang Masih 'Mendang-Mending', Pilih Mana? Toyota Veloz 2022 vs Toyota Kijang Innova 2.0 2019, Harganya Kini Setara

Ilham · 9 Nov, 2021 16:00

Buat Yang Masih 'Mendang-Mending', Pilih Mana? Toyota Veloz 2022 vs Toyota Kijang Innova 2.0 2019, Harganya Kini Setara 01

Toyota Kijang Innova bekas bisa jadi alternatif pilihan di rentang harga yang sama dengan Toyota Veloz 2022

Kehadiran Toyota Veloz 2022 dengan bocoran harga yang mencapai nyaris Rp300 juta untuk varian tertinggi Toyota Veloz 1.5 Q CVT TSS (Premium Color) sempat menjadi sorotan. Pasalnya, dengan banderol yang disebut-sebut mencapai Rp292,8 juta, angka ini jadi hal yang bagi 'tim mendang-mending' akan melakukan berbagai perbandingan dari bermacam sisi.

Apalagi di rentang harga tersebut, cocok jika disandingkan dengan Toyota Kijang Innova lansiran 2019, khususnya varian yang cukup tinggi, yakni tipe 2.0 V AT bermesin bensin. Terpantau dari beberapa situs jual-beli online, tercantum harga jual Toyota Kijang Innova keluaran 2019 dari tipe 2.0 V AT dijual pada rentang harga Rp280-295 jutaan.

Harga jual tersebut memang tergantung kondisi, warna bodi, jarak tempuh dan lokasi penjualan. Ini membuat komparasi keduanya jadi menarik. Untuk itu, kami coba nilai dari beberapa parameter berikut.

Baca Juga: Toyota Veloz 2022 Akan Adopsi EPB, Jadi Lebih Canggih Dibanding Xpander dan Ertiga

Fitur Toyota Veloz 2022 Lebih Melimpah?

Hadir sebagai varian tertinggi, Toyota Veloz 1.5 Q CVT TSS tampaknya ingin membawa level Avanza series menjadi lebih tinggi. Bukan hanya sekadar mobil keluarga yang terjangkau dengan fitur minimalis layaknya saat hadir perdana di Indonesia pada tahun 2004 silam.

Sederet fitur anyar dibenamkan dalam mobil tujuh penumpang ini. Bahkan tak sedikit juga peranti canggih yang sebelumnya hadir di SUV kembar, Toyota Raize dan Daihatsu Rocky ikut dipasang. Seperti terlihat pada panel instrumen digitalnya.

Buat Yang Masih 'Mendang-Mending', Pilih Mana? Toyota Veloz 2022 vs Toyota Kijang Innova 2.0 2019, Harganya Kini Setara 01

Toyota Veloz 2022 punya tampilan segar

Lalu ada wireless charging, electric parking brake dengan auto hold dan AC digital yang persis dengan Toyota Raize GR Sport. Juga grip di door trim dan ambient light. Bahkan khusus Toyota Veloz 1.5 Q CVT TSS tertanam pula kamera 360 derajat.

Masih kurang? Toyota Veloz 1.5 Q CVT TSS juga dilengkapi paket keselamatan canggih berjuluk Toyota Safety Sense (TSS). Fitur ini memungkinkan mobil untuk memberikan peringatan dini kepada pengemudi.

Buat Yang Masih 'Mendang-Mending', Pilih Mana? Toyota Veloz 2022 vs Toyota Kijang Innova 2.0 2019, Harganya Kini Setara 02

Rem parkir Toyota Veloz sudah elektrik

Peringatan yang diberikan oleh sistem TSS bisa berupa petunjuk di layar panel instrumen, maupun bunyi agar pengemudi sadar akan bahaya. Kemudian ada Lane Departure Alert yang memindai garis marka jalan. Melalui sensor, pengemudi akan diberi peringatan bila tidak sengaja keluar dari jalurnya.

Masih dari rangkaian TSS, terdapat pula Automatic High-beam pada Toyota Veloz 1.5 Q CVT TSS. Fitur ini akan bekerja pada malam hari bila sensor membaca bahwa di depan minim cahaya.

Sementara Toyota Kijang Innova V AT 2.0 meski hadir dari varian yang lebih tinggi dari versi G, tapi belum sanggup menyamai limpahan fitur di Toyota Veloz 1.5 Q CVT TSS. Sebut saja Hill Start Assist, kamera mundur, lalu sistem entertainment bagi penumpang belakang.

Sedangkan sistem keselamatannya ditunjang dengan dual SRS airbag dan knee airbag (lutut). Kemudian, ada fitur Vehicle Stability Control (VCS) untuk menghindari gejala under steer. Serta peranti pengereman dengan ABS dan EBD. Singkatnya, soal fitur MPV legendaris ini memang ketinggalan dari sang adik yang baru lahir itu.

Baca Juga: Inden Toyota Avanza 2022 Dibuka, Tanda Jadi Cukup Rp 5 Juta, Nggak Sreg Uang Kembali

Toyota Kijang Innova Punya Kabin Juara

Sudah menjadi kuncian jika kenyamanan kabin Toyota Kijang Innova dikenal nyaman dan lega. Toyota Kijang Innova V AT 2.0 dilengkapi dengan jok berbahan fabric dengan warna coklat yang kontras dengan nuansa hitam di kabin.

Selain itu, pengaturan lipatan jok juga fleksibel membuat kabin Toyota Kijang Innova V AT 2.0 lebih lega. Baik untuk penumpang mau pun saat mengangkut barang.

Buat Yang Masih 'Mendang-Mending', Pilih Mana? Toyota Veloz 2022 vs Toyota Kijang Innova 2.0 2019, Harganya Kini Setara 03

Lipatan jok belakang Toyota Kijang Innova fleksibel

Untuk Toyota Veloz 1.5 Q CVT TSS memang sudah dilengkapi jok kombinasi kulit dan fabric (kain). Tapi dari sisi kelegaan, terlihat kalah. Meski begitu, Toyota mengklaim jika kabin Toyota Veloz 2022 ini punya kabin lebih lega dengan jok model sofa panjang lewat lipatan rata di jok baris tengah.

Menariknya, Toyota Veloz 1.5 Q CVT TSS kini juga turut menghadirkan lampu kabin berjuluk Premium Illumination Light Ambiance. Lampu tersebut dikenalkan perdana pada model Toyota Kijang Innova Reborn pada 2016 silam.

Mesin Toyota Veloz 2022 Lebih Kecil, Tapi Pakai CVT

Kabarnya Toyota Veloz 2022 akan pakai mesin berkode 2NR-VE berkapasitas 1.5 liter dengan teknologi Dual VVT-i. Mesin tersebut kini menggerakan roda depan, atau FWD yang artinya berbeda dibanding generasi sebelumnya yang berpenggerak roda belakang (RWD). Sementara transmisinya sudah memakai otomatik CVT yang kini digandrungi banyak pabrikan dunia.

Beralih ke Toyota Kijang Innova V AT 2.0, dibekali mesin bensin 2.0 liter 1TR-FE VVT-i yang legendaris. Mesin bertenaga 136 PS tersebut diandalkan untuk menggerakan roda belakang yang ditunjang dengan transmisi otomatik konvensional. 

Baca Juga: Toyota Veloz 2022 vs Mitsubishi Xpander Facelift, Sama-sama Rilis di GIIAS Mana yang Paling Menarik?

Kesimpulan

Dengan harga yang relatif setara, sisi fungsionalitas Toyota Kijang Innova terlihat lebih unggul. Mulai dari performa mesin hingga luas kabinnya. Belum lagi emblem Toyota Kijang Innova yang tentu punya nilai lebih tinggi ketimbang Toyota Veloz di masyarakat.

Jika memperhatikan hal ini, tanpa terpengaruh julidnya tetangga akan status mobil bekas, maka Toyota Kijang Innova V 2019 rasanya masih layak untuk dilirik. Apalagi rata-rata pemakaian mobil tersebut masih di bawah 100.000 km, sehingga usia komponen masih terbilang panjang.

Buat Yang Masih 'Mendang-Mending', Pilih Mana? Toyota Veloz 2022 vs Toyota Kijang Innova 2.0 2019, Harganya Kini Setara 04

Baru berusia kurang dari tiga tahun membuat kondisi Toyota Innova bekas masih cukup segar

Di sisi lain, dengan statusnya sebagai mobil baru Toyota Veloz menyuguhkan sederet fitur kekinian yang lebih melimpah. Apalagi secara perawatan, statusnya sebagai mobil baru akan menghadirkan peace of mind lebih baik. Apalagi pengguna tak perlu memikirkan pergantian spare part, karena usia pakai yang masih panjang.

Lalu bagi konsumen yang membeli secara kredit juga memiliki kelebihan di segi asuransi all risk yang kerap menjadi paket penjualannya. Selain itu, kerusakan pun masih bisa dicover oleh garansi resmi dari PT Toyota Astra Motor (TAM). Jadi, buat kalian yang masih jadi tim 'mendang-mending', apa yang kalian akan pilih?

Komentar

20% lebih tinggi dari harga jual rata-rata

2020 Toyota Kijang Innova 2.0 G M/T

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Pemeriksaan mobil dan pelayanan transaksi hanya tersedia di Pulau Jawa

Mobil Terbaru