Budget Rp250 Juta, Pilih Toyota Veloz GR Limited Baru atau Toyota Kijang Innova Reborn Bekas?

Enda · 10 Sep, 2021 08:30

Budget Rp250 Juta, Pilih Toyota Veloz GR Limited Baru atau Toyota Kijang Innova Reborn Bekas? 01

Toyota Veloz GR Limited Baru vs Toyota Kijang Innova Reborn Bekas

Apabila kalian sedang mencari sebuah mobil keluarga dengan kapasitas 7-seater di harga Rp250 jutaan, maka akan langsung disuguhkan banyak pilihan. Salah satunya adalah Toyota Veloz GR Limited 1.5 AT baru yang kini ditawarkan Rp256 juta. Berbeda apabila mencari mobil bekas, Toyota Kijang Innova Reborn 2.0 Q AT lansiran awal (2016) bisa jadi alternatif lain.

Mempunyai harga jual yang terbilang sepadan, Veloz GR Limited 1.5 AT baru dengan Kijang Innova Reborn 2.0 Q AT bekas seringkali membuat calon pembelinya merasa ‘galau’ ketika diharuskan untuk memilih. Agar tidak terus-terusan bimbang ketika saat ingin membeli, sebaiknya ketahui perbandingan keduanya di bawah ini.

Baca juga: Ini Bocoran Daftar Varian Toyota Avanza 2022 dan Daihatsu Xenia 2022. Ada Fitur Safety Assist!

Tampilan Eksterior Toyota Veloz GR Limited 1.5 AT Vs Toyota Kijang Innova Reborn 2.0 Q AT Bekas

Budget Rp250 Juta, Pilih Toyota Veloz GR Limited Baru atau Toyota Kijang Innova Reborn Bekas? 02

Toyota Veloz GR Limited terkesan begitu sporty dan atraktif

Melihat penampilan luar Toyota Veloz GR Limited, mobil ini memang terlihat sporty berkat ikonik GR yang dianutnya. Seperti yang bisa dilihat, pada bagian fascianya Veloz GR Limited berhasil disematkan bumper dengan bentuk yang meruncing serta dipadukannya ram berbentuk trapezoid berukuran besar dengan tambahan body kit yang lebih berkarakter dan terkesan bengis.

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Pada air dam-nya, mobil ini memiliki kisi-kisi dengan ukuran cukup besar yang terbagi menjadi dua bilah. Melihat sistem pencahayaannya, mobil ini telah menggunakan teknologi LED pada lampu utamanya yang juga seolah dibagi menjadi dua bilah.

Dimana tepat di bawah lampu utamanya tersebut terdapat lampu sein dengan halogen serta lampu kota yang mana juga berteknologi LED. Tak tertinggal, di kedua ujung bumpernya juga dibenamkan foglamp yang berguna untuk meningkatkan visibilitas pengemudi.

Bergeser ke bagian samping, Veloz GR Limited dilengkapi side skirt dengan list krom serta side moulding diatasnya, yang mana menggunakan velg berdiamter R15 185/60 serta cover spionya kini dilabur dengan warna hitam dengan penampilan semakin sporty. Untuk memudahkan penggunanya dalam melipat spion, Veloz GR Limited mendapatkan spion dengan pengaturan elektrik yang mana dilengkapi fitur retractable.

Menengok daripada sisi bagian belakangnya, mobil ini terlihat mewah berkat adanya garnish berlapisan krom yang seolah menghubungkan stoplamp di kedua sisinya. Bukan cuma itu, di bawah garnishnya tersebut terdapat tambahan aksesoris berupa cover pintu bagasi berkelir hitam yang mampu menambah kesan prestisius.

Untuk memencarkan aura sporty, Toyota turut menyematkan tambahan body kit serta diffuser pada bagian bumper belakang mobil ini.

Budget Rp250 Juta, Pilih Toyota Veloz GR Limited Baru atau Toyota Kijang Innova Reborn Bekas? 01

Toyota Kijang Innova Reborn Q AT 2016 memiliki tampilan yang gagah dan mewah sekaligus atraktif

Sebagai Medium MPV, Toyota Kijang Innova Reborn Q lansiran 2016 punya tampilan yang mampu menonjolkan kesan gagah, modern serta dinamis. Pada bagian depan, mobil ini telah disematkan lampu LED Projector dengan bentuk tajam yang menganut fitur Auto leveling (Head Lamp).

Ditengahnya terdapat grill krom besar model trapezoid yang terbadi menjadi dua bilah dengan garis horizontal. Untuk memberikan visibilitas yang baik, di ujung bumpernya terdapat fog lamp yang berhimpitan secara langsung dengan lampu seinnya.

Menilik bagian samping, Toyota Kijang Innova Reborn Q ditempelkan moulding pintu yang berlapisan krom. Pada pilar A nya juga terdapat spion elektrik dengan retractable sewarna dengan bodi ditambah welcome light. Bicara lingkar rodanya, Toyota berhasil menyematkan velg Alloy wheel 2-spoke 205/65R16 pada varian ini.

Bergeser ke bagian belakang Innova Q AT bensin lansiran 2016, kalian dapat menjumpai Rear License Garnish di bagian tengahnya yang terintegrasi dengan lampu Rear Combination berdesain boomerang yang menampilkan kesan tajam dan dinamis.

Masuk Dalam Medium MPV, Dimensi Toyota Kijang Innova Reborn Lebih Besar dari Toyota Veloz GR Limited. Menurut data di atas kertas, Toyota Kijang Innova Reborn mempunyai panjang 4.735 mm, lebar 1.830 mm dan tinggi 1.795 mm. Sedangkan Toyota Veloz GR Limited secara ukuran memiliki panjang 4.200 mm, lebar 1.660 mm dan tinggi 1.695 mm.

Memiliki dimensi yang lebih besar dari Veloz GR Limited, tentunya Kijang Innova Reborn bekas akan terasa sangat nyaman ketika digunakan berpergian ke luar kota.

Baca juga: Rp80 Jutaan, Pilih Toyota Kijang Innova 2005 atau Toyota Kijang Kapsul 2003?

Adu Fitur Unggulan Toyota Veloz GR Limited 1.5 AT dengan Toyota Kijang Innova Reborn 2.0 Q AT Bekas

Budget Rp250 Juta, Pilih Toyota Veloz GR Limited Baru atau Toyota Kijang Innova Reborn Bekas? 02

Tampilan interior Toyota Veloz GR Limited kental akan aura sporty

Tampilan interior Veloz GR Limited kental akan aura sporty karena dibalur dengan sentuhan serba hitam. Pada sistem hiburan Veloz GR sendiri dibenamkan New Premium Touch Screen Head Unit yang mendukung format DVD, iPod/iPhone Connectivity, USB, Bluetooth dan AUX. Pengaturan AC-nya diketahui sudah menggunakan model digital yang mana dilengkapi dengan double blower di baris keduanya.

Pada lingkar kemudi Veloz GR Limited berhasil disematkan steering switch control yang berfungsi untuk menjalankan beberapa fitur pada mobil ini. Untuk memberikan kemudahan serta keamanan berkendara, kalian bisa menemukan fitur berupa start/stop engine button serta keyless pada mobil ini.

Budget Rp250 Juta, Pilih Toyota Veloz GR Limited Baru atau Toyota Kijang Innova Reborn Bekas? 03

Interior Toyota Kijang Innova Reborn Q AT terasa nyaman dan mewah

Mengetahui apa saja yang ada di Toyota Kijang Innova Reborn Q AT, mobil ini juga mampu menyuguhkan aura ]nyaman serta kemewahan berkat nuansa Black Sporty yang dipadukan aksen silver serta wood panel.

Pada center cluster Innova Reborn Q varian mesin bensinnya ini, kalian akan menemukan panel Advanced Entertainment System layar sentuh berukuran 7 inci yang mendukung format USB, AUX, Bluetooth, Voice Command, Air Gesture serta SD Card. Head unit yang digunakan juga sudah mendapat jaringan Internet, DLNA, Miracast, HDMI dan Mirrorlink.  

Demi memberikan kemudahan pengendara, pada setir 4 spoken with leather + silver + woden ornament yang digunakan sudah mendapatkan steering switch control yang berfungsi untuk menjalakan beberapa fitur pada mobil ini. Sebagai informasi, setir mobil ini sudah menganut fitur Tilt dan Telescopic Steering yang memiliki fungsi untuk merubah posisi setir sesuai postur tubuh pengendara.

Perlu kalian ketahui juga, pengaturan AC dari Kijang Innova Reborn Q AT sudah menggunakan tampilan digital Automatic cooler (F+R). Sistem pendingin udaranya ini sudah menganut teknologi kekinian, dimana setiap barisnya terdapat louver ac yang diletakan di bagian atapnya.

Untuk menyuguhkan nuansa berkendara yang nyaman, varian ini tersematkan Center+Rear personal+Indirect (LED) serta Blue Ilumination light. Sebagai informasi tambahan, Kijang Innova Reborn Q AT mendapat tombol berupa start/stop engine button serta keyless entry.

Fitur Keselamatan Toyota Kijang Innova Reborn Q AT Lebih Lengkap dari Toyota Veloz GR Limited 1.5 AT?

Budget Rp250 Juta, Pilih Toyota Veloz GR Limited Baru atau Toyota Kijang Innova Reborn Bekas? 04

Fitur keselamatan Toyota Veloz GR Limited tak selengkap Toyota Kijang Innova Reborn Q 

Mengenai fitur keselamatan, Toyota Veloz GR Limited behasil ditanami Dual Airbags, ABS (Anti-Lock Braking System), ISOFIX, 3-Points Seatbelt, Side Impact Beam dan Front Passenger Seat belt Warning.

Sebagai bentuk perlindungan lebih kepada penggunannya, mobil ini juga mendapat tambahan 2 titik sensor parkir, kamera parkir serta Immobilizer dan alarm.

Walaupun Toyota Kijang Innova Reborn Q AT bensin memiliki umur yang lebih mapan, nyatanya mobil ini memiliki fitur yang lebih lengkap. Seperti yang bisa kalian ketahui, varian ini berhasil diaplikasikan fitur keselamatan berupa Airbags dual front, Airbags driver knee, ISOFIX, Anti-lock Braking System (ABS) Electronic Brakeforce Distribution (EBD) 3-Points Seatbelt, Side Impact Beam dan Front Passenger Seat belt Warning. Bicara soal fitur keamanannya, mobil ini dilengkapi immobilizer dan alarm.

Jantung Pacu Toyota Kijang Innova Reborn Q AT Jauh Lebih Bertenaga Dari Toyota Veloz GR Limited 1.5 AT

Budget Rp250 Juta, Pilih Toyota Veloz GR Limited Baru atau Toyota Kijang Innova Reborn Bekas? 05

Mesin 1TR-FE pada Toyota Kijang Innova bensin

Bicara jantung pacu pada Toyota Kijang Innova Reborn 2.0 Q AT, mobil ini memperoleh mesin bensin yanag mana secara data dipersenjatai dengan mesin berkodekan 1TR-FE 4-silinder, 16 valve DOHC Dual VVT-i 1.998 cc. Mesin ini diketahui mampu merilis tenaga 139 PS @5.600 rpm di angka torsi 183 Nm @4.000 rpm. Untuk transmisi otomatisnya, Kijang Innova Reborn ini menggunakan 6 Speed A/T with Sport Sequential Switchmatic.

Mengetahui varian teratas Toyota Veloz GR Limited, 1.5 AT ditawarkan mesin 2NR-VE 4-silinder segaris, 16 Valve DOHC Dual VVT-i 1.496 cc yang dapat memuntahkan tenaga hingga 104 PS @6.000 rpm dengan torsi maksimal 136 Nm @4.200 rpm yang diatur menggunakan transmisi otomatis 4-percepatan sebelum ditranslasi ke sistem penggerak roda belakang (RWD).

Kesimpulan

Toyota Veloz GR Limited 1.5 AT baru dengan Toyota Kijang Innova Reborn Q AT bekas lansiran 2016 saat ini dibandrol dengan harga yang relatif sama. Hal ini tentunya akan membuat beberapa konsumen merasa galau ketika diharuskan untuk memilih.

Dengan uang Rp250 jutaan untuk mobil keluarga 7-seater dari kedua model yang kami bahas di atas, menurut kami Kijang Innova Reborn Q AT bekas lebih cocok dipilih dibandingkan Toyota Veloz GR Limited 1.5 AT jika mengincar kenyamanan, fitur lengkap serta performa berkendara.

Sebelum memutuskan untuk membeli Toyota Kijang Innova Reborn Q AT bekas lansiran 2016, tentunya kalian harus memperhatikan dan mengecek secara lebih detail agar mendapatkan unit yang sehat dan siap diajak untuk berpergian.

Berbeda jika kalian mengincar tampilan sporty serta menginginkan sebuah mobil baru yang ringan perawatan, Toyota Veloz GR Limited 1.5 AT bisa jadi pilihan tepat.

Baca juga: Segini Biaya Servis Toyota Veloz GR Limited Sampai 100.000 Km

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Enda

Reporter

Seorang pengagum otomotif sejak kecil, yang suka mengoprek kendaraan di akhir pekan, membuat penulis semakin cinta pada dunia otomotif. Yang pada akhirnya hoby tersebut membawanya ke dalam dunia pekerjaanya sebagai penulis hingga saat ini.

Komentar

20% lebih tinggi dari harga jual rata-rata

Toyota Avanza Veloz 1.3 MT

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Pemeriksaan mobil dan pelayanan transaksi hanya tersedia di Pulau Jawa

Mobil Terbaru