Budget Rp270 Jutaan, Mending Pilih Honda BR-V S MT atau Toyota Rush G MT?

Enda · 11 Jan, 2022 15:30

Toyota Rush G MT Vs Honda BR-V S MT

Toyota Rush G MT vs Honda BR-V S MT

Di segmen Low SUV 7-seater, Honda BR-V S MT yang merupakan varian paling murahnya per Januari 2022 ditawarkan Rp278.900.000. Sedangkan rival terdekatnya dengan logo tiga oval, Toyota Rush G MT sebagai tipe terbawahnya diniagakan Rp275.350.000 OTR Jakarta.

Memiliki selisih harga baru Rp3.550.000, keduanya terbilang kompetitif. Hal ini secara tidak langsung juga bisa membuat calon konsumennya merasa galau jika diharuskan memilih.

Jika bicara tampilan, menurut penilaian kami Honda BR-V kini terkesan semakin dewasa. Desain yang diterimanya terlihat lebih agresif dan macho. Begitupun juga Toyota Rush, secara bentuk mobil ini juga tak kalah keren dari pesaingnya tersebut. Hanya saja ekspresi yang diterima Rush kini sudah terasa ngebosenin. Mengingat PT Toyota Astra Motor (TAM) meluncurkan Rush generasi kedua pada 2017, dan pihaknya hanya melakukan sekali penyegaran secara minor.

Punya tampilan yang semakin berkarakter serta harga sedikit lebih mahal, apakah varian termurah All New Honda BR-V bisa ungguli tipe paling bawah Toyota Rush dari segi spesifikasi?

Baca juga: Catat Nih Harga Mobil Honda Per Januari 2022, Brio Lebih Mahal dari Avanza, CR-V Naik Hampir Rp100 Juta

Dimensi All New Honda BR-V Vs Toyota Rush, Siapa Lebih Besar?

Toyota Rush G MT Vs Honda BR-V S MT

Dimensi Honda BR-V S MT lebih besar dari Toyota Rush G MT

Bicara soal dimensi, All New Honda BR-V memiliki panjang 4.490 mm, lebar 1.780 mm, dan tinggi 1.685 mm serta jarak antara kabin dengan permukaan tanah 220 mm. Sementara Toyota Rush memiliki panjang 4.435 mm, lebar 1.695 mm dan tinggi 1.706 mm. Untuk ground clearancenya sendiri 220 mm.

Setelah mengetahui ukuran keduanya, dapat disimpulkan bahwa All New Honda BR-V mempunyai ukuran lebih besar dibandingkan Toyota Rush. Dengan begitu ruang kabin yang diterima Low SUV belogokan ‘H’ tegak tersebut tentunya juga lebih besar.

Adu Dimensi Toyota Rush Vs Honda BR-V 
Keterangan Toyota Rush Honda BR-V 
Panjang 4.435 mm 4.456 mm
Lebar 1.695 mm 1.735 mm
Tinggi 1.706 mm 1.666 mm
Ground clearance 220 mm 220 mm

Fitur Toyota Rush G MT Lebih Lengkap dari Honda BR-V S MT?

Toyota Rush G MT Vs Honda BR-V S MT

Tampilan dashboard Honda BR-V

Bicara soal fitur, tipe S All New Honda BR-V didukung sistem audio layar sentuh 7” yang telah dilengkapi smartphone connection, 2 speaker, dan power outlet di baris pertama.

Selain itu, varian ini juga menawarkan berbagai fitur seperti Mechanical Trunk Lock, Intermitten & Washer Wiper, Power Retractable Mirror, ECO Indicator, serta Digital A/C. Untuk fitur keselamatannya sendiri telah mencakup Hill Start Assist (HSA), Vehicle Stability Assist (VSA), parking sensor, G-CON + ACE with side impact beam, dual front SRS airbags, side airbags, driver seatbelt reminder, ABS + EBD, ISOFIX + Tether, immobilizer, alarm system, pretensioner with load limiter seatbelt.

Baca juga: All New Honda BR-V Ada Tipe E di Varian Menengah, Ini Perbedaan dengan Varian S

Toyota Rush G MT Vs Honda BR-V S MT

Tampilan kokpit Toyota Rush G

Mengetahui fitur pada Toyota Rush G MT, mobil ini berhasil disematkan head unit layar sentuh 7 inci dengan koneksi internet yang bisa mengakses weblink dan sudah mendukung navigasi Waze. Guna memudahkan penggunannya, mobil ini juga telah dilengkapi smart start/stop engine button, keyless entry, auto A/C with digital display dan tentunya juga double blower yang bisa menyalurkan udara sejuk hingga baris paling belakangnya.

Mengenai fitur keselamatannya, mobil ini berhasil diaplikasikan dual SRS airbag + empat buah airbag di bagian sampingnya dan secara keseluruhan terdapat enam buah kantung udara, Anti-lock Braking System (ABS), Electronic Brake Distribution (EBD), Vehicle Stability Control (VSC), Hill Start Assist (HSA) dan Emergency Brake Signal (EBS).

Lainnya, LSUV garapan pabrikan tiga oval ini mendapat tambahan kamera parkir mundur, emergency stop/brake signal serta indikator penggunaan safety belt bagi pengemudi dan seluruh penumpang. Untuk fitur keamanannya sendiri sudah dilengkapi Integrated key with alarm, dengan key free system.

Honda BR-V S MT Punya Tenaga Paling Besar Dibanding Toyota Rush G MT

Toyota Rush G MT Vs Honda BR-V S MT

Honda BR-V dibenamkan mesin 1.5L baru dengan menghasilkan tenaga lebih besar dari Toyota Rush 

All New Honda BR-V kini menggunakan jantung pacu terbaru yang sama persis disematkan pada City Hatcback. Secara data, mesin berkodekan L15ZF 1.5L yang dibenamkan pada generasi kedua BR-V ini sudah mendukung teknologi DOHC (Double Overhead Camshaft) i-VTEC dengan standar emisi standar EURO 4.

Menurut spesifikasi, jantung pacu yang diletakan secara melintang tersebut mampu melecutkan tenaga sebesar 121 PS @6.600 rpm dan torsi maksimum 145 Nm @4.300 rpm. Kemudian tenaga yang dihasilkan dikawikan dengan transmisi manual 5-percepatan sebelum ditranslasi ke penggerak roda depan (FWD).

Lalu bagaimana dengan Toyota Rush G MT? Seperti yang diketahui mobil ini ditawarkan mesin dengan kode 2NR-VE 4 Cylinder In Line, 16 Valves, DOHC, Dual VVT-i 1.496 cc. Secara data, mesin yang sama persis digunakan pada beberapa lini produk Toyota dan Daihatsu ini mampu merilis tenaga hingga 104 PS @6.000 rpm serta torsi maksimal 136 Nm @4.200 rpm. Putaran mesin yang dihasilkan kemudian diatur kecepatannya menggunakan transmisi manual 5-percepatan sebelum dialirkan ke dua buah roda dibelakangnya.

Kesimpulan

Dibandrol lebih mahal Rp3.550.000, Honda BR-V S MT ternyata tidak lebih baik dari Toyota Rush G MT setelah melakukan perbandingan di atas. Karenanya yang paling krusial menurut kami tipe paling murah BR-V tersebut belum dilengkapi dengan double blower untuk menyalurkan udara sejuk hingga baris paling belakang.

Tak hanya itu, secara tampilan Low SUV andalan Honda tersebut juga terlihat begitu polos dan sederhana. Seperti yang bisa dilihat, pada bagian lingkar rodanya sendiri masih mengandalkan velg kaleng berukuran 16 inci yang ditutup dengan wheel dop.

Meski demikian, Honda BR-V S MT telah memperoleh grill berlapiskan krom yang terbagi menjadi beberapa bilah dengan bentuk seolah menghubungkan lampu utama di kedua sisinya.

Sama seperti Rush G MT, BR-V S MT berhasil tersematkan lampu utama dengan teknolgi LED Headlamp yang mana juga dilengkapi dengan lampu LED Daytime Running Light. Guna meningkatkan visibilitas pengemudi, pada bumpernya Rush G MT berhasil disematkan foglamp di kedua sisinya, sedangkan varian BR-V S MT dibiarkan kosong.

Untuk kalian yang tinggal di daerah dengan kondisi jalan menanjak, menurun serta berkontur, Toyota Rush G MT lebih cocok untuk kalian pilih. Beda halnya jika kalian tinggal di perkotaan ataupun daerah dengan permukaan jalan yang rata, Honda BR-V patut kalian pertimbangkan. Selain lebih irit BBM, Honda BR-V S MT juga lebih bertenaga sekaligus responsif dibandingkan pesaing terdekatnya tersebut.

Baca juga: Lupakan Sejenak All New Honda BR-V, Ini Perbedaan Toyota Rush GR Sport dengan Daihatsu Terios IDS

Enda

Reporter

Seorang pengagum otomotif sejak kecil, yang suka mengoprek kendaraan di akhir pekan, membuat penulis semakin cinta pada dunia otomotif. Yang pada akhirnya hoby tersebut membawanya ke dalam dunia pekerjaanya sebagai penulis hingga saat ini.

Komentar

20% lebih tinggi dari harga jual rata-rata

Honda BRV S 6MT

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Pemeriksaan mobil dan pelayanan transaksi hanya tersedia di Pulau Jawa

Mobil Terbaru