window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Budget Rp300 Jutaan, Mending Honda CR-V Bekas 2017 Atau BR-V Baru?

Yongki Sanjaya · 17 Mei, 2022 13:30

Budget Rp300 Jutaan, Mending Honda CR-V Bekas 2017 Atau BR-V Baru? 01

Honda BR-V sukses memikat konsumen Tanah Air dengan desainnya yang fresh serta fitur yang makin canggih. Namun hal ini harus dikompensasi dengan harga baru BR-V yang semakin mahal, yaitu Rp346.600.000 untuk tipe Prestige dengan Honda Sensing dan Rp327.600.000 untuk tipe Prestige biasa.

Dengan budget segitu, kita juga ditawarkan opsi lain sesama merek Honda yaitu CR-V bekas gen 4 keluaran 2017. Bedanya, CR-V ini konfigurasinya masih 5-seater sedangkan BR-V adalah SUV 7-seater. Kalaupun ada CR-V gen-5, unit yang tersedia ialah tipe terbawah yaitu 2.0 non turbo.

Baik BR-V baru ataupun CR-V bekas punya kelebihan masing masing, sehingga memberikan opsi yang berbeda bagi konsumen yang berburu SUV urban di kisaran harga tersebut. Bedanya dimana? Yuk simak artikel berikut ini. 

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Honda CR-V Gen-4 Bekas, SUV 5-seater yang Berkelas

Budget Rp300 Jutaan, Mending Honda CR-V Bekas 2017 Atau BR-V Baru? 01

Sebagai mantan market leader, Honda CR-V gen-4 alias CR-V Naga ini masih cukup berkelas fitur maupun penampilannya walau kini statusnya bekas. Mobil ini diciptakan berdasarkan platform ACE (Advance Compability Engineering). 

HPM  meluncurkannya pada 2012 dalam empat varian pilihan, masing masing 2.0 M/T, 2.0 A/T, 2.4L A/T, serta versi tertingginya New CR-V 2.4 Prestige. Kemudian pada Januari 2015 lalu, HPM kembali menghadirkan model facelift. 

Honda CRV mempunyai dimensi panjang 4.545 mm, lebar 1.820 mm dan tinggi 1.685 mm serta wheelbase 2.620 mm. Jarak antara bagian bawah mobil dengan permukaan tanah sebesar 170 mm yang dirasa cukup untuk medan off road ringan. 

Kesan premium ditunjukkan melalui aksen krom di eksterior, pada bagian grill, handle pintu dan jendela. bilah-bilah grill yang tebal menjadi cikal bakal bahasa desain Honda sekarang, Solid Wing Face.

Fitur di Honda CR-V RM, Modern dan Belum Ketinggalan Zama

Budget Rp300 Jutaan, Mending Honda CR-V Bekas 2017 Atau BR-V Baru? 02

Sebagai SUV medium kelas atas, tentu fitur dan teknologi yang diusung Honda CR-V RM ini cukup modern pada masanya. Untuk tipe Prestige, didukung sepasang lampu utama berteknologi HID dan lampu proyektor yang mendapat tambahan washer. 

Masuk ke interior, CR-V generasi keempat ini masih mengadopsi model ruang kabin khas Honda yang lapang dan lega. Ruang kaki dan ruang kepala begitu luas baik di baris depan maupun baris belakang.  

Fitur-fitur yang diberikan berupa engine start/stop button, keyless entry, paddle shift, eco mode, serta cruise control. Bahkan, untuk versi facelift, varian tertingginya yaitu Prestige mendapatkan sunroof dan Nanoe-G. Hill-start Assist juga ditambahkan sebagai fitur keselamatan tambahan.

Kelengkapan Fitur di Honda CR-V RM:

- 7" Touchscreen Head Unit Navigation with USB, HDMI, and AUX-in + GPS

- Instrument Meter's MID + Center Cluster's i-MID

- Steering Wheel Audio Control

- Steering Wheel MID Control

- Tilt & Telescopic Steering

- Cruise Control

- Paddle Shift

- Start/Stop Engine Button

- Eco Mode + Eco Assist/Indicator

- Analog Day/Night Center Mirror

- Digital AC with Dual Zone and Rear Airvent

- Nanoe-G (Facelift, Prestige)

- Leather Seats

- Electric Seats with Lumbar Support for Driver

- Sunroof (Facelift, Prestige)

- Keyless Entry

- Rearview Camera

- Dual Airbags

- ABS

- EBD

- Brake Assist

- Vehicle Stability Assist (VSA)

- Hill Start Assist (HSA)

- Engine Immobilizer

- Alarm System

Mesin 2.4 Liter Non Turbo, Jaminan Tenaga Besar

Budget Rp300 Jutaan, Mending Honda CR-V Bekas 2017 Atau BR-V Baru? 03

Untuk range harga Rp300-350 juta, tersedia pilihan CR-V 2.4 liter non turbo. Mesinnya dapat menghasilkan tenaga maksimal sebesar 187 Hp/ 7000 Rpm dan torsi yang dihasilkan mencapai 226 Nm/ 4400 Rpm dengan menggunakan transmisi otomatis  5 percepatan.

Honda BR-V Prestige with Honda Sensing, Low SUV dengan Paket Fitur Lengkap

Budget Rp300 Jutaan, Mending Honda CR-V Bekas 2017 Atau BR-V Baru? 04

Bila mencari SUV Rp300 jutaan yang fiturnya paling oke, maka Honda BR-V memberi jawaban yang tepat. Secara teknologi, Honda BR-V ini paling unggul di antara low SUV lain karena sudah memiliki fitur keselamatan Honda Sensing. Berikut ini deretan fitur yang dimiliki Honda BR-V Prestige dengan Honda Sensing:

  • Lead Car Departure Notification System (LCDN)
  • Collision Mitigation Brake System (CMBS)
  • Lane Keeping Assist System (LKAS)
  • Road Departure Mitigation (RDM)
  • Adaptive Cruise Control (ACC)
  • Auto-High Beam

All New Honda BR-V dirancang untuk memadukan desain dan ketangguhan dari sebuah SUV, kenyamanan kabin dan fungsionalitas dari sebuah MPV, serta performa berkendara menyenangkan dan efisiensi bahan bakar yang menjadi ciri khas mobil Honda.

Fitur Modern di Honda BR-V, Manjakan Penggunanya

Budget Rp300 Jutaan, Mending Honda CR-V Bekas 2017 Atau BR-V Baru? 05

Sebagai tipe tertinggi, Honda BR-V Prestige Honda Sensing memiliki fitur-fitur baru termasuk Auto Foldable Side Door Mirror with LED Turning Signal, 17” Alloy Wheel, 2nd Row Armrest Console, dan 3rd Row Accessories Power Outlet serta  Front Passenger Seatbelt Reminder. 

Fitur multimedia didukung head unit layar sentuh 7” yang telah dilengkapi berbagai fungsi antara lain Smartphone Connection dan juga dilengkapi Hands-Free Telephone untuk kenyamanan pengemudi. Interiornya memakai kursi dengan lapisan berbahan kulit, termasuk pada sandaran tangan dan sisi pintu serta panel dashboard.

Tambahan fitur lainnya yang hadir pada BR-V antara lain Remote Engine Start yang berfungsi untuk menghidupkan mesin kendaraan dan AC secara otomatis sebelum masuk ke dalam kendaraan. Fitur lainnya, seperti Walk-Away Auto Lock berfungsi untuk mengunci pintu secara otomatis saat pengemudi telah berjalan minimal 2 meter atau lebih dari mobil. 
Mesin Baru di All New Honda BR-V, Serupa Milik City Hatchback. 

Mesin Baru di Honda BR-V, Tenaganya Cukup Baik

Budget Rp300 Jutaan, Mending Honda CR-V Bekas 2017 Atau BR-V Baru? 06

Bicara soal dapur pacu, Honda BR-V generasi kedua ini memakai jenis mesin dan transmisi serupa Honda City Hatchback. 
mesin 1.5L DOHC i-VTEC yang telah diperbaharui untuk menghasilkan tenaga maksimum 121 PS pada 6.600 rpm dan torsi maksimum 145 Nm pada 4.300 rpm. 

Pilihan transmisinya untuk tipe termahal ini didukung sistem transmisi CVT yang baru, menghasilkan efisiensi bahan bakar lebih baik dan performa yang lebih bertenaga.

Kesimpulan 

Bila kalian mencari low SUV yang kapasitasnya cukup proporsional untuk bepergian bersama keluarga, maka Honda BR-V generasi kedua lebih ideal untuk dipilih. Konfigurasi 7-seater didukung dengan fitur yang cukup lengkap, bahkan telah memiliki Honda Sensing.

Namun bila kalian mencari unit yang lebih prestisius, maka Honda CR-V gen-4 bisa jadi pilihan. Fiturnya pun belum ketinggalan zaman, dan desainnya kalem serta elegan. 

Yongki Sanjaya

Editor

Berpengalaman di beberapa media online. Bermula menjadi reporter otomotif di situs yang lain hingga kini menjadi Editor di Autofun Indonesia. Penghobi mobil lawas dan anak 90-an banget. FB:Yongki Sanjaya Putra

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Beli mobil lebih murah, jual mobil lebih cepat

2022 Honda BR-V 1.5 S M/T

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil