window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Bugatti Divo Siap Dikirim Ke 40 Orang Pembeli, Begini Proses Panjang Uji Cobanya

Anissa · 6 Nov, 2020 15:30

Bugatti Divo Siap Dikirim Ke 40 Orang Pembeli, Begini Proses Panjang Uji Cobanya 01

Bugatti Divo merupakan salah satu merek supercar yang sangat populer di kalangan pecinta otomotif. Bugatti Divo ini memang diproduksi dengan jumlah yang sangat terbatas, yakni 40 unit saja. Mobil ini sendiri dibanderol dengan harga USD 5,9 juta atau setara dengan sekitar Rp86 miliaran.

Setelah melakukan proses pengujian dan validasi selama beberapa tahun lamanya, Bugatti Divo ini akhirnya siap dikirimkan kepada 40 orang pembelinya. Walaupun banderol harganya mungkin membuat Sebagian orang geleng-geleng kepala, tetapi Stephan Winkelmann selaku Presiden Bugatti meyakinkan kepada para konsumennya bahwa mobil Bugatti Divo ini sangat layak untuk dijadikan salah satu koleksi mereka.

Bugatti Divo Dibuat Untuk Rayakan Ulang Tahun Ke-110

Bugatti Divo ini memang diproduksi secara terbatas, lantaran mobil ini dibuat khusus dalam rangka memperingati ulang tahun Bugatti yang ke-110. Mobil ini sendiri menggunakan basis dari Bugatti Chiron, sehingga tidak heran jika ada sedikit kemiripan dari kedua mobil ini.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Bugatti Divo Siap Dikirim Ke 40 Orang Pembeli, Begini Proses Panjang Uji Cobanya 01

Tetapi jangan salah, selain basisnya, Bugatti Divo dan Bugatti Chiron ini merupakan dua model mobil yang sangat berbeda. Bugatti Divo berhasil dikembangkan dengan adanya peningkatan dari sisi aerodinamika mobil. Hal ini membuat Bugatti Divo bisa menghasilkan downforce 90 kg lebih baik dibanding Bugatti Chiron.

Selain itu, Bugatti Divo ini juga dilengkapi dengan lampu belakang yang memiliki fitur lebih kompleks. Pada Bugatti Divo, disematkan 44 sirip menyala untuk memberikan efek khusus. Headlamp-nya pun tak kalah canggih dengan bentuk sipit berukuran 1,4 inci dan dilengkapi Daytime Running Light yang meluas ke panel samping.

Lalu bagaimana dengan sektor jantung mekanisnya? Soal yang satu ini juga jangan diragukan lagi. Di bawah kap mesin Bugatti Divo, tersimpan mesin W16 yang juga digunakan pada Bugatti Chiron. Mesin ini memiliki kapasitas 8.0 liter dan dilengkapi dengan empat buah turbo.

Bugatti Divo Siap Dikirim Ke 40 Orang Pembeli, Begini Proses Panjang Uji Cobanya 02

Konfigurasi yang menakjubkan ini bisa menghasilkan tenaga dan torsi raksasa. Tenaga yang dihasilkan ialah sebesar 1.479 HP pada putaran mesin 6.700 rpm, sedangkan untuk torsinya sendiri mencapai 1.600 Nm pada putaran 2.000-6.000 rpm.

Melihat tenaga dan torsinya saja, sudah bisa kita pastikan bahwa mobil ini andal dibawa berkendara dalam kecepatan yang sangat tinggi. Tentu, Bugatti Divo memiliki kemampuan akselerasi yang luar biasa. Bugatti Divo ini bisa berlari dari keadaan statis hingga kecepatan 100 km/jam hanya dalam waktu 2,4 detiik saja. Sedangkan untuk kecepatan maksimalnya sendiri mencapai angka 380 km/jam.

Jaminan Kualitas Bugatti Divo

Tidak hanya menyematkan performa yang luar biasa pada Bugatti Divo, pihak Bugatti juga memastikan kualitas keseluruhan Bugatti Divo ini sudah sempurna. Hal ini dilakukan dengan melakukan serangkaian pengecekan akhir sebelum mobil ini sampai ke tangan para konsumennya.

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, hanya ada 40 orang konsumen Bugatti yang dapat memiliki Bugatti Divo yang dibanderol dengan harga selangit ini. Dan karena itu pula, pihak Bugatti memberikan perhatian ekstra pada setiap unit mobil ini agar para konsumennya puas dengan unit Bugatti Divo yang mereka dapatkan.

Bugatti Divo Siap Dikirim Ke 40 Orang Pembeli, Begini Proses Panjang Uji Cobanya 03

Christophe Piochon selaku Anggota Dewan untuk Produksi dan Logistik di Bugatti, sekaligus Molsheim Site Manager, sempat memberikan keterangan bahwa setiap unit Bugatti Divo ini melewati pengujian dan pemeriksaan yang sangat intensif sebelum mobil tersebut dikirimkan. Hal ini juga menunjukkan bahwa kualitas dari setiap unit Bugatti Divo ini sudah terjamin.

Piochon juga menuturkan bahwa kualitas dan proses pengerjaan adalah dua pilar penting dalam sejarah Bugatti selama lebih dari 110 tahun. Para pendiri perusahaan Ettore Bugatti sebagai pencipta Bugatti Divo ini pun berpendapat bahwa produk tidak boleh hanya sempurna dari segi teknisnya, tetapi juga harus sempurna dari sudut pandang estetika. Maka itu, tidak heran jika desain Bugatti Divo ini sangat menawan.

Setiap unit Bugatti Divo ini diuji oleh empat karyawan yang sudah terlatih dari Atelier, serta dua orang dari departemen jaminan kualitas. Steve Jenny selaku orang yang bertanggung jawab untuk mengeluarkan persetujuan dinamis untuk hypercar sejak tahun 2005 ini bahkan memperhatikan hingga detail yang terkecil.

Bugatti Divo Siap Dikirim Ke 40 Orang Pembeli, Begini Proses Panjang Uji Cobanya 04

Sebagai ahli penjaminan kualitas, ia bahkan telah memeriksa 95 persen dari mobil-mobil Bugatti yang telah dirakit dengan tangan di Molsheim dengan sangat teliti hingga saat ini. Ia juga telah mengendarai Bugatti Veyron, Bugatti Chiron dan tentu saja Bugatti Divo untuk menjamin kualitasnya.

Pertama-tama, untuk Bugatti Divo maupun mobil Bugatti lainnya, Steve Jenny akan memeriksa apakah kendaraan ini sesuai dengan homologasi untuk wilayah pengirimannya. Ia juga tidak lupa akan melakukan pemeriksaan terhadap konfigurasi Bugatti Divo yang dipilih pelanggan untuk memastikan apakah semua keinginan dan pilihan pelanggan sudah dilakukan dengan benar.

Kemudian pada langkah berikutnya, para pemeriksa kualitas menguji semua fungsi yang dioperasikan secara elektrik seperti tampilan kontrol, power window, navigasi, sistem suara, dan sistem pendingin udara. Jika pemeriksaan yang ini sudah selesai, barulah Steve Jenny akan menyalakan mesin Bugatti Divo dan mengendarainya dengan perlahan keluar dari Atelier.

Bugatti Divo Siap Dikirim Ke 40 Orang Pembeli, Begini Proses Panjang Uji Cobanya 05

Test drive Bugatti Divo ini ternyata membutuhkan waktu yang tidak sedikit. Bugatti Divo ini membutuhkan waktu hingga lima jam dan menempuh jarak sekitar 300 kilometer dengan melewati rute Alsace, ke jalur pegunungan Vosges dan mencakup peregangan di jalan umum dan jalan raya. Jalan berbelok dan berbukit di pegunungan Vosges memang dianggap sangat ideal untuk menguji coba Bugatti Divo ini. Di sini, Steve Jenny bisa melihat dan mengecek kemudi, perilaku menikung, titik bergilir dan hill start.

Lalu untuk uji akselerasi dan kecepatan tinggi sendiri, setiap unit Bugatti Divo akan dikendarai di landasan tertutup yang berlokasi di bandara Colmar. Di landasan ini, Bugatti Divo akan menjalani berbagai tes fungsional yang membutuhkan kecepatan lebih dari 250 km/jam.

Selama pengujian di landasan tertutup ini, Steve Jenny harus memastikan bahwa Bugatti Divo ini tidak memiliki masalah dan aman untuk dikendarai. Ia juga memeriksa kembali semua fungsi yang dimiliki Bugatti Divo ini untuk memastikan semua fungsinya tetap bekerja dengan baik walaupun dikendarai pada kecepatan tinggi.

Bugatti Divo Siap Dikirim Ke 40 Orang Pembeli, Begini Proses Panjang Uji Cobanya 06

Setelah tahap pengetesan tersebut selesai, para teknisi akan dengan teliti menghilangkan perlindungan tubuh yang semula ditempelkan pada Bugatti Divo untuk perlindungan pada tahap pengetesan. Setelah itu, barulah para seniman cat menyelesaikan pengecatan eksterior selama dua hari lamanya. Empat karyawan ahli yang sudah ditunjuk kemudian akan memeriksa hasil finishing permukaan mobil setelah dicat selama lebih dari enam jam untuk memastikan kualitasnya.

Apa hal ini berarti semua pengujian Bugatti Divo sudah selesai? Eits, siapa bilang. Setelah proses ini, Christophe Piochon masih akan menghabiskan waktu sekitar satu jam lamanya untuk memeriksa setiap mobil untuk memastikan apakah model tersebut sudah siap dikirim kepada para konsumen atau belum.

Bugatti Divo Siap Dikirim Ke 40 Orang Pembeli, Begini Proses Panjang Uji Cobanya 07

Piochon sendiri mengaku bahwa pihak Bugatti menghabiskan begitu banyak waktu dan tenaga untuk memastikan bahwa hanya mobil Bugatti Divo yang mendekati kesempurnaanlah yang bisa meninggalkan Atelier. Melalui mobil Bugatti Divo ini, Bugatti berusaha untuk menghidupkan kembali tradisi dengan menciptakan karya seni dalam bentuk produk otomotif.

Anissa

Baik mobil maupun kebudayaan, perkembangan keduanya bergantung pada hal yang sama: pemikiran manusia.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Beli mobil lebih murah, jual mobil lebih cepat

Honda Civic RS 2022

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil