Bukan Buat Offroad, Suzuki Jimny 2021 Ini Malah Diubah Jadi Warung Kopi Keliling

Prasetyo · 4 Sep, 2021 09:00

Suzuki Jimny Beans 2021

Suzuki Jimny 2021 merupakan model ikonik yang diperebutkan di seluruh dunia. Bukan karena jumlah produksinya yang terbatas, namun akibat peminatnya yang begitu tak terbendung. Suzuki pun sampai kewalahan memenuhi permintaan Jimny dari seluruh dunia.

Selain modelnya yang cukup unik, ternyata Suzuki Jimny bukan hanya banyak disulap jadi kendaraan offroad. Beberapa orang merombak wujud SUV compact ini jadi sesuatu yang benar-benar berbeda. Misalnya menjadi kedai kopi berjalan.

Suzuki Jimny Lite Berubah Jadi Kedai Kopi

Suzuki Jimny Beans 2021 -1

Basisnya Jimny Lite LCV

Jika di Jepang atau di Indonesia banyak Jimny berubah jadi kendaraan pehobi offroad, maka lain dengan yang ada di Eropa. Kehadiran Suzuki Jimny Lite yang masuk kategori LCV (Light Commercial Vehicle) membuat banyak yang memilih mobil ini untuk kebutuhan komersil.

Contohnya yang terjadi di Inggris, ketika ada pihak yang membangun sebuah "Jimny Beans". Menggunakan basis Jimny Light, mobil ini disulap jadi kedai kopi berjalan yang mangkal di beberapa titik keramaian kaula muda di tengah kota.

Suzuki Jimny Beans 2021 -2

Siap layani para pecinta kopi jalanan

Jimny Lite yang hanya punya kapaitas dua tempat duduk, bagian belakangnya dipenuhi ruang untuk meracik kopi sekaligus mesin pembuat kopi dan mesin pencuci peralatan. Adalah tim dari kedai kopi Coffee Latino yang mencetuskan ide ini.

Baca juga : Suzuki Jimny Jadi Lebih Imut, Masih Rela Kotor-Kotoran Diajak Off Road?

Ada Tempat Penampungan Air Bersih dan Baterai Cadangan

Bukan sekedar peralatan pembuat kopi, namun hampir semua hal yang seharusnya ad adi sebuah kedai kopi profesional ada di mobil ini. Dan karena Jimny Beans ini harus berputar di sekeliling Inggris maka dibutuhkan pula tempat pencucian cangkir serta peralatan pembuat kopi tersebut.

Suzuki Jimny Beans 2021 -3

Jimny Lite dipasarkan khusus di Eropa

Supaya kebersihan dan rasa otentik kopi tetap terjamin untuk mempertahankan kualitas kepada pelanggannya. Untuk itulah Jimny ini juga dibuatkan tangki air cadangan berkapasitas 57 liter. Bukan sekedar bak penampunagn air, dipasang juga sistem filtrasi 3M supaya semua air yang digunakan terjamin kebersihannya. Selanjutnya dibuat juga saluran pembuangan air khusus untuk menjamin uap knalpot tidak sampai masuk ke bak penampungan air.

Gak cuma sampai disitu, Suzuki Jimny kedai kopi berjalan ini juga dibekali dua baterai 125A berkapasitas tinggi. Gunanya untuk mengoperasikan peralatan pembuat kopi sehingga mobil tak perlu dihidupkan selama proses jual beli berlangsung. Tindakan ini pun turut menurunkan kadar emisi gas buang kendaraan tersebut.

Ditawarkan Bagi yang Berminat

Suzuki Jimny Bean 2021 -4

Kedai kopi gaul di Inggris

Secara fisik, Suzuki Jimny 2021 ini seluruh bodinya dicat kelir Chiffon Ivory Metalic. Bagian kap mesin, pintu, dan bodi belakang menggunakan logo Jimny Beans. Sementara atapnya juga ditambah roof rack untuk kebutuhan mengangkut barang lainnya saat memang diperlukan.

Bahkan jika memang butuh, mobil ini dapat dipasang awning tambahan yang bisa dibuka demi kenyamanan para pelanggan berteduh sembari menunggu kopi pesanan mereka siap dinikmati.

Suzuki Jimny Beans 2021 -5

Bisa jadi inspirasi bisnis nih!

Untuk area pembuatan kopi seluruhnya menggunakan bahan aluminium. Mesin kopinya sendiri dibuat oleh Fracino Coffee Machine, serta ada tambahan lemari es 12V buatan Waeco dan dilengkapi pula sistem pemanas air terpisah untuk membuat teh.

Untuk mesinnya tetap sama yakni berkapasitas 1.5-liter 4 silinder bertenaga 102 PS dengan torsi 130 Nm. Rencanaya Jimny Beans ini juga akan ditampilkan dalam pameran Southampton International Boat Show pada 10-20 September 2021 mendatang. Jika ada yang berminat, pihak Coffee Latino bersedia membuat dengan cara custom sesuai nama kedai kopi pemesannya.

Baca juga : Suzuki Punya Jimny yang Harganya Lebih Murah, Pakai Velg Kaleng dan Transmisi Manual

Prasetyo

Editor

Menggeluti bidang jurnalistik otomotif sejak 2009 selaras dengan hobinya dalam memodifikasi mobil. Apalagi karakteristik yang berbeda dari setiap kendaraan yang dibuat oleh masing-masing pabrikan, terus menumbuhkan minatnya di dunia otomotif hingga saat ini.

Komentar

20% lebih tinggi dari harga jual rata-rata

Suzuki Jimny MT

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Pemeriksaan mobil dan pelayanan transaksi hanya tersedia di Pulau Jawa

Mobil Terbaru