window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Bukan Cuma Berubah dari RWD Jadi FWD, Ini Kelebihan dan Kekurangan Toyota Avanza 2022

Nussa · 1 Feb, 2022 09:05

Bukan Cuma Berubah dari RWD Jadi FWD, Ini Kelebihan dan Kekurangan Toyota Avanza 2022 01

Toyota Avanza 2022 banyak dicibir karena kini berubah jadi FWD
  • Toyota Avanza terbaru mengalami perubahan total.
  • Desain hingga platform yang digunakan semuanya baru.
  • Tapi Toyota Avanza 2022 tak lagi RWD tapi berubah jadi FWD

Ketika Toyota mengeluarkan Avanza pertama kali pada tahun 2003, mobil ini langsung menjadi favorit masyarakat di kelas Multi Purpose Vehicle (MPV). Bahkan, mobil ini sukses mencatatkan penjualan tertinggi selama 7 tahun berturut-turut, mulai dari tahun 2006 hingga tahun 2012.

Toyota Avanza pun tak hanya dipasarkan di Indonesia, tapi juga diekspor ke beberapa negara lainnya, seperti negara-negara di kawasan Asia Tenggara, Timur Tengah, hingga Amerika Selatan. Mungkin tidak banyak yang tahu juga dari mana nama Avanza didapatkan. Toyota mengambilnya dari bahasa Italia "Avanzato" yang artinya peningkatan.

Kilas Balik Sejarah Toyota Avanza di Indonesia

Bukan Cuma Berubah dari RWD Jadi FWD, Ini Kelebihan dan Kekurangan Toyota Avanza 2022 02

Toyota Avanza generasi pertama facelift pertama

Generasi pertama Toyota Avanza diperkenalkan pada 2003. Saat itu, dapur pacunya masih dibekali dengan mesin 1.300 cc dengan kode K3-DE dan hanya tersedia transmisi manual 5 percepatan. Lalu, generasi kedua lahir pada 2011.

Mesinnya masih berkapasitas 1.300 cc, tapi kodenya berganti menjadi 1NR-FE. Meski kapasitas mesin sama, tapi tenaganya mengalami peningkatan. Tapi, pada generasi kedua tersedia varian Veloz dengan mesin 1.500 cc dengan kode 2NR-FE.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Tentunya, ubahannya tak hanya pada sektor mesin saja. Desain eksterior dan interior pun mengalami perubahan. Termasuk dengan fitur-fitur yang disematkan semakin banyak dan semakin canggih.

Toyota Avanza 2022 yang Berubah Total

Bukan Cuma Berubah dari RWD Jadi FWD, Ini Kelebihan dan Kekurangan Toyota Avanza 2022 01

Toyota Avanza 2022 masih dibekali dengan mesin yang sama

Generasi terbaru dari Toyota Avanza baru saja diluncurkan pada ajang pameran otomotif Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2021. Banyak kelebihan yang diberikan oleh Toyota pada Avanza yang baru ini.

Tapi, penting juga bagi konsumen untuk mengetahui apa saja kekurangannya. Berikut kelebihan dan kekurangan Toyota Avanza 2022 :

Baca juga : Mari Kenalan dengan Batra, Mobil Konsep Sebelum Toyota Avanza - Daihatsu Xenia Lahir

Kelebihan Toyota Avanza

1. Dimensi yang Kompak

Toyota Avanza memiliki bodi yang cukup besar. Tapi, masih bisa dikategorikan sebagai mobil keluarga berukuran kompak. Menurut data spesifikasinya, mobil ini memiliki panjang 4.395 mm, lebar 1.730 mm, dan tinggi 1.700 mm.

Dengan dimensi yang kompak itu, maka banyak yang menilai Toyota Avanza sangat cocok dijadikan sebagai mobil keluarga atau pun sendiri, untuk kendaraan harian, khususnya yang tinggal di daerah perkotaan.

2. Desain Eksterior Lebih Bergaya

Bukan Cuma Berubah dari RWD Jadi FWD, Ini Kelebihan dan Kekurangan Toyota Avanza 2022 02

Desainnya makin keren dibanding generasi sebelumnya

Tampilan Toyota Avanza yang terbaru semakin modern dengan lekuk bodi yang tajam dan agresif. Desainnya menganut konsep New Bold Front Bumper Design dengan New Sharp LED Headlamp. Pada varian tertinggi, terlihat desain fog lamp atau lampu kabut yang baru.

Penyegaran tidak hanya dilakukan pada eksterior, tapi juga interiornya. Di bagian samping, sudah disematkan New Auto Retractable Mirror. Dibagian belakang, terdapat ubahan juga dengan adanya New Fascinating LED Rear Combination with Backdoor Lamp.

Bukan Cuma Berubah dari RWD Jadi FWD, Ini Kelebihan dan Kekurangan Toyota Avanza 2022 03

Bagian belakangnya juga berubah total

Selain bodi, pelek juga punya tampilan yang lebih segar dan hadir dengan dua jenis. Desain peleknya menggunakan konsep New Dashing Two Tone Alloy Wheel dengan ukuran 16 inci untuk tipe 1.5 G. Sedangkan untuk New Dashing Alloy Wheel Design, ukurannya 15 inci untuk tipe lainnya. Untuk warnanya sendiri,

Toyota Avanza punya pilihan warna yang menarik, mulai dari Purplish Silver, Gray Metallic, Black Metallic, Silver Mica Metallic, dan White.

3. Interior Lebih Nyaman dan Luas

Bukan Cuma Berubah dari RWD Jadi FWD, Ini Kelebihan dan Kekurangan Toyota Avanza 2022 04

Dashoard Toyota Avanza terbaru

Toyota Avanza 2022 memiliki interior atau kabin yang cukup lapang. Kenyamanan tersebut didapat berkat wheelbase atau jarak sumbu roda yang cukup panjang, yakni 2.750 mm. Kenyamanan pada kabin juga ditunjang dengan New Comfortable 7 Seater dengan desain yang lebih modern.

Selain itu, Toyota juga mengklaim telah membuat kabinnya lebih kedap. Sehingga, suara berisik atau bising dari luar tidak sampai terdengar jelas dari dalam.

Baca juga : Ketahui Bedanya ABS, EBD, BA, HSA dan VSA Pada Toyota Avanza 2022

4. Fitur Lebih Canggih

Bukan Cuma Berubah dari RWD Jadi FWD, Ini Kelebihan dan Kekurangan Toyota Avanza 2022 05

Avanza 2022 jauh lebih canggih berkat Toyota Safety Sense (TSS)

Sudah hampir lebih dari dua dekade Toyota Avanza dipasarkan di Indonesia. Secara teknologi, fiturnya tentu sudah lebih canggih dibandingkan dengan generasi pertama atau generasi kedua. Toyota menyematkan banyak fitur baru, seperti New 4'2 TT MID, New Illuminating Start/Stop Button, dan New Tilt & Telescopic Steering with Audio & Mit Switch.

Untuk fitur hiburan, Toyota Avanza generasi terbaru juga sudah memiliki fitur multimedia, yakni New Dynamic Head Unit Display, dengan ukuran 9 inci. Fitur tersebut sudah dilengkapi dengan New USB Port dan Power Slot.

Salah satu keunggulan yang paling menarik adalah kehadiran teknologi Toyota Safety Sense (TSS) pada varian tertinggi. Teknologi ini yang menghadirkan beragam fitur keselamatan berkendara paling mutakhir dari Toyota.

TSS sendiri merupakan rangkaian fitur keselamatan dan keamanan dengan teknologi tinggi, mulai dari Pre-Collision System, Front Departure Alert, Lane Departure Assist, Pedal Misoperation Control, Rear Crossing Traffic Alert, Blind Spot Monitoring, hingga T-Intouch.

Kekurangan Toyota Avanza

1. Desain Dasbor Terlalu Sederhana

Bukan Cuma Berubah dari RWD Jadi FWD, Ini Kelebihan dan Kekurangan Toyota Avanza 2022 06

Toyota Avanza 2022 masih memiliki lebih banyak keunggulan dibandingkan kekurangan

Meskipun desain interiornya diubah lebih modern, tapi khusus pada bagian dasbor, banyak yang menilai terlalu standar alias kurang menarik. Desain eksterior sudah modern, tapi dasbornya terlalu sederhana.

2. Mesin Tidak Berubah

Toyota Avanza generasi terbaru hanya desainnya saja yang baru dan fiturnya yang semakin canggih. Tapi, sektor dapur pacu atau mesinnya masih belum mengalami pembaruan. Mesinnya masih sama seperti Toyota Avanza generasi sebelumnya.

Mobil ini dibekali dengan mesin 4 silinder segaris, 16 katup, DOHC, dengan teknologi Dual VVT-i. Kapasitas mesin yang disediakan juga sama, yakni 1.3 L dengan tenaga 96 hp dan 1.5 L yang menyimpan tenaga 104 hp.

Kesimpulan

Toyota Avanza generasi terbaru dibekali dengan banyak kelebihan. Tapi, tetap tidak lepas dengan yang namanya kekurangan. Dimensinya yang kompak dengan kabin yang lapang membuat mobil ini banyak disukai para konsumen yang sudah berkeluarga. Apalagi, desain interiornya juga lebih segar dan fitur yang disematkan juga semakin canggih.

Sayangnya, ada beberapa bagian yang membuat interiornya jadi kurang maksimal. Begitu pula dengan sektor mesin yang diharapkan banyak konsumen setia Avanza dapat mengalami peningkatan.

Baca juga : Test Drive Toyota Veloz Q CVT TSS: Model Termewah Nan Canggih, Tapi Kenapa Tidak Senyaman Avanza?

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Harga tukar tambah yang adil

2022 Toyota Avanza 1.3 E M/T

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil