window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Bukan Cuma Buat Cantelan Baju, Ini Fungsi Penting Hand Grip di Mobil

Yongki Sanjaya · 14 Des, 2021 16:30

Bukan Cuma Buat Cantelan Baju, Ini Fungsi Penting Hand Grip di Mobil 01

Hampir di setiap mobil kita akan menjumpai hand grip atau pegangan tangan di bagian atas atau pilar A. Keberadaan hand grip di dalam ruang kabin mobil bukan hanya sekedar hiasan atau untuk gantungan baju maupun hiasan mobil. Karena jadi kelengkapan standar, kalian perlu tahu fungsi dan kapan manfaat hand grip di mobil. 

Biasanya hampir di setiap baris kursi mobil tersedia hand grip, baik itu mobil jenis sedan maupun mini bus sekalipun. Untuk mobil berukuran besar seperti SUV, hand grip memiliki fungsi untuk mempermudah dan memberi kenyamanan berpegangan saat keluar masuk mobil. 

Bukan Cuma Buat Cantelan Baju, Ini Fungsi Penting Hand Grip di Mobil 02

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Namun karena jarang terpakai, akhirnya hand grip dimanfaatkan sebagai tempat untuk menggantung pakaian seperti kemeja, jas, atau dress oleh pengendara wanita. 

Meskipun masih dibolehkan, fungsi utama hand grip bukan sebagai gantungan baju. Hand grip pada interior mobil memiliki fungsi penting yakni menjaga posisi tubuh kamu dari gaya sentrifugal saat berkendara.

Lantas apakah fungsi penting dari hand grip atau pegangan di dalam interior mobil? Mari disimak penjelasannya.

Fungsi Hand Grip di Mobil, Menjaga Posisi Duduk

Bukan Cuma Buat Cantelan Baju, Ini Fungsi Penting Hand Grip di Mobil 01

Fungsi hand grip yang pertama dan sering kalian gunakan yaitu untuk menjaga agar posisi tubuh tidak bergeser jauh. Hal ini biasanya terjadi sebagai dampak dari gaya sentrifugal saat berkendara. 

Dengan berpegangan ke hand grip, kamu bisa membantu menahan posisi duduk agar tidak bergeser. Kita akan berpegangan di hand grip ketika mobil melewati jalanan rusak. 

Kondisi mobil berguncang dan pengendara di dalamnya ikut terguncang membuat kita harus berpegangan agar tidak terlempar-lempar. Hand grip juga dapat digunakan saat kondisi jalan menurun. Berpegangan pada hand grip membantu kita agar tetap duduk tegak di kursi, karena seringkali posisi duduk kita agak merosot sebagai efek gravitasi.

Artinya, hand grip hanya ideal digunakan pada saat mobil sedang melintas di jalanan rusak, turunan dan saat melewati jalan berliku. Lagi pula, berpegangan setiap saat tentu membuat duduk juga jadi kurang rileks.

Namun begitu kamu harus tetap menggunakan seatbelt meski sudah berpegangan pada hand grip. Adanya seatbelt akan membuat posisi duduk tidak banyak bergeser walau kita tidak berpegangan pada hand grip. 

Ada Hand Grip, Mempermudah Keluar Masuk Mobil

Bukan Cuma Buat Cantelan Baju, Ini Fungsi Penting Hand Grip di Mobil 02

Hand grip ini tanpa kita sadari begitu penting fungsinya di mobil berukuran besar. Untuk jenis double cabin, SUV, atau truk, hand grip ini kita gunakan untuk berpegangan saat akan masuk mobil yang kabinnya tinggi.  

Pada MPV premium seperti Toyota Alphard, hand grip ini membuat kita bisa masuk lebih mudah dan lincah. Pada saat turun dari mobil, hand grip juga dapat kamu pegang untuk membantu tubuh tetap stabil sehingga kamu dapat turun dari mobil yang tinggi tanpa terjatuh.

Hand grip ini kadang tak tersedia pada mobil sedan atau city car karena posisi duduk yang rendah. Pertimbangannya, sedan maupun city car seringkali hanya melewati jalanan aspal perkotaan sehingga fungsi hand grip ini tak terlalu diperlukan karena sudah ada seat belt. 

Sebagian Mobil Tak Memiliki Hand Grip, Apakah Bahaya?

Bukan Cuma Buat Cantelan Baju, Ini Fungsi Penting Hand Grip di Mobil 03

Perlu kamu ketahui, hand grip sejatinya merupakan kelengkapan standar di mobil, tapi tidak semua mobil menyediakannya. Pada beberapa city car, hand grip tidak disematkan di dalam interiornya. Pabrikan tentu sudah memperhitungkan kondisi kendaraan serta mayoritas kondisi medan yang akan dilalui.

Bahkan, manufaktur kendaraan juga ada yang tidak menyediakan hand grip pada sisi pengemudi. Alasannya jelas, supaya kedua tangan pengemudi ada di setir, bukan bergelantungan pegangan hand grip.

Hand Grip Tidak Perlu Digunakan Sepanjang Waktu

Bukan Cuma Buat Cantelan Baju, Ini Fungsi Penting Hand Grip di Mobil 04

Hand grip memiliki fungsi cukup penting, tapi jelas tidak perlu digunakan sepanjang waktu perjalanan. Selain membuat tangan cepat lelah karena bergelantungan, hal ini juga mengurangi aspek safety pada penumpang.

Penggunaan hand grip memiliki risiko ketika terjadi kecelakaan. Ketika tangan refleks menumpu pada hand grip begitu tabrakan atau benturan terjadi, ada kemungkinan tangan akan cedera.

Kesimpulan

Walau terkesan sepele, ternyata setiap fitur dan perlengkapan di mobil memiliki kegunaan yang penting. Hanya saja, kadang kita sebagai pengguna tak memahami atau tak mengerti soal kegunaan fitur yang tersedia.

Seperti hand grip ini contohnya, seringkali hanya digunakan sebagai gantungan baju atau pengharum kabin. Padahal saat mobil bermanuver di kecepatan cukup tinggi, fungsi hand grip ini membuat kita bisa menahan efek gaya sentrifugal di mobil.

Bahkan pada mobil yang kabinnya tinggi seperti double cabin atau truk, hand grip sangat penting untuk pegangan saat kita akan masuk ke dalam mobil tanpa adanya hand grip, kita kesulitan saat memanjat dan turun dari mobil. 

Yongki Sanjaya

Editor

Berpengalaman di beberapa media online. Bermula menjadi reporter otomotif di situs yang lain hingga kini menjadi Editor di Autofun Indonesia. Penghobi mobil lawas dan anak 90-an banget. FB:Yongki Sanjaya Putra

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Harga tukar tambah yang adil

Honda Civic RS 2022

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil