window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Bukan Cuma Buat Istirahat, 5 Rest Area di Jalan Tol Trans Jawa Ini Juga Instagramable

Ilham · 30 Mei, 2022 17:30

Bukan Cuma Buat Istirahat, 5 Rest Area di Jalan Tol Trans Jawa Ini Juga Instagramable 01

  • Beberapa rest area jalan tol kini bukan lagi sekadar tempat beristirahat.
  • Bisa buat spot foto Instagramable.
  • Fasilitasnya juga makin komplet termasuk adanya toko oleh-oleh smapai hotel.

Rest area jalan tol kerap diandalkan untuk melayani berbagai kebutuhan para pelintas jalur tersebut. Mulai dari sekadar istirahat, buang air hingga makan dan beribadah bisa dilakukan disana.

Karena melayani bermacam fungsi itulah rest area di jalan tol kerap dilengkapi bermacam fasilitas. Tak hanya untuk kebutuhan primer pengguna jalan tol, di beberapa rest area bahkan juga menawarkan pemandangan indah atau unik.

Sehingga rest area kerap menjadi lokasi yang 'Instagramable' untuk diabadikan. Lalu, rest area mana saja yang bisa jadi 'lokasi wisata' dadakan sembari beristirahat? Berikut daftar rekomendasi rest area yang cocok untuk disambangi saat melintasi tol Trans Jawa.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Baca Juga: Awas Kena Tilang, Ganjil Genap Juga Berlaku di 28 Gerbang Tol Jakarta

1. Rest Area KM 97 Tol Cipularang

Jika menginginkan tempat istirahat yang luas, bersih dan komplet di tol Cipularang khususnya lajur Bandung ke Jakarta, maka rest area KM 97 patut disambangi. Dengan mengusung pelayanan tipe A, rest area ini memiliki sederet fasilitas yang komplet.

Bukan Cuma Buat Istirahat, 5 Rest Area di Jalan Tol Trans Jawa Ini Juga Instagramable 01

Banyak bus wisata mampir ke rest area KM 97

Mulai dari toilet, minimarket, masjid, SPBU hingga toko oleh-oleh khas Jawa Barat hadir di sini. Buat yang mau makan atau sekadar nongkrong melepas penat pun, di rest area KM 97 ini menghadirkan beragam restoran yang bisa dipilih. Seperti franchise makanan cepat saji atau yang khas Sunda tersedia.

2. Rest Area KM 22 Tol Semarang-Solo, Ungaran

Jika Anda bepergian dari arah Semarang ke Solo melalui tol Ungaran, maka berhenti sejenak di rest area KM 22 tol Semarang-Solo, atau KM 429 di tol Trans Jawa. Sebab ada banyak fasilitas yang ditawarkan.

Bukan Cuma Buat Istirahat, 5 Rest Area di Jalan Tol Trans Jawa Ini Juga Instagramable 02

Masjid ikonik di Rest Area Jalan Tol KM22

Semisal adanya ragam kuliner dan toko oleh-oleh. Lalu fasilitas masjid dan parkir mobil yang cukup luas. Kemudian ada juga layanan SPBU. Dan yang tak kalah keren, ada pemandangan indah dengan background Gunung Ungaran dan ditambah dengan hawa yang sejuk. Bisa buat foto-foto.

Baca juga : Inilah Jalan Tol Terpendek di Indonesia, Panjangnya Cuma 2,6 Km, Tarifnya Rp5.500!

3. Rest Area KM 260B Brebes, Jawa Tengah

Memanfaatkan bekas area dan gedung pabrik gula membuat rest area KM 260B di Brebes terbilang ikonik. Bukan cuma sekadar beristirahat. Banyak juga pengunjung yang memanfaatkan lokasi tersebut untuk berfoto.

Bukan Cuma Buat Istirahat, 5 Rest Area di Jalan Tol Trans Jawa Ini Juga Instagramable 03

Bangunan bekas pabrik gula

Apalagi banyak spot yang terbilang vintage dan unik. Mulai dari bangunannya hingga pohon beringin besar yang terdapat di dalamnya. Oiya, di dalam rest area ini juga terdapat bermacam cafe lokal yang menjual kopi dari wilayah sekitar.

Selain itu, terdapat pula SPBU jika Anda butuh mengisi bahan bakar sebelum melanjutkan perjalanan ke arah Jakarta.

4. Rest Area KM 456A dan 456B Jalan Tol Semarang-Solo, Salatiga

Jembatan penyambung atau sky bridge antara sisi kanan dan kiri (arah Semarang-Solo dan sebaliknya) jadi ikon menarik di tempat peristirahatan KM 456A dan 456B tol Trans Jawa ini. Sky bridge ini juga jadi yang pertama hadir di Indonesia.

Bukan Cuma Buat Istirahat, 5 Rest Area di Jalan Tol Trans Jawa Ini Juga Instagramable 04

Ada sky bridge

Tak jarang jika sky bridge tersebut menjadi spot foto bagi para pengunjung. Lokasi tempat berjuluk Resta Pendopo ini ada di Salatiga, Jawa Tengah membuat hawa di sekitarnya cukup adem.

Fasilitas yang ditawarkan pun komplet. Sebut saja parkiran yang luas, adanya masjid dengan kapasitas 200 jamaah hingga 40 UMKM yang menjadi tenant di rest area tersebut.

5. Rest Area KM 487A dan 487B Tol Semarang-Solo, Boyolali

Di KM 487A dan 487B jalan tol Trans Jawa, hadir rest area berjuluk Bale Nglaras Boyolali. Memang tempatnya tak terlalu luas, yakni 1,3 hektar saja.

Bukan Cuma Buat Istirahat, 5 Rest Area di Jalan Tol Trans Jawa Ini Juga Instagramable 05

Ada ikon patung sapi

Namun tempat ini cocok untuk lokasi beristirahat bagi Anda yang tengah berjalan dari Semarang ke Solo dan sebaliknya. Sebab meski tanpa SPBU, tapi sederet kuliner dan hawa sejuknya cukup untuk mengurangi lelah saat melakukan perjalanan jauh.

Baca juga : Polisi Klaim Sejak Ada Tilang Elektronik di Jalan Tol, Pengemudi Jadi Takut Ngebut

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Cek penawaran terbaik dalam 24 Jam!

Honda Brio Satya S M/T 2022

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil