window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Bukan Cuma Mesin dan Kaki-kaki, Pengecekan Kendaraan Sebelum Mudik Jangan Lupakan Baterai Remote Kunci

Prasetyo · 16 Apr, 2023 10:02

Bukan Cuma Mesin dan Kaki-kaki, Pengecekan Kendaraan Sebelum Mudik Jangan Lupakan Baterai Remote Kunci 01

Pengecekan kendaraan sebelum mudik lebaran adalah hal yang wajib dilakukan. Ini untuk menjamin kondisi mobil dalam keadaan siap dipakai menempuh jarak jauh.

Namun sering kali komponen pengecekan kendaraan hanya sekedar perangkat teknis. Seperti air radiator, minyak rem, oli mesin, atau komponen suspensi mobil. Padahal perangkat di kendaraan bukan cuma itu, ada hal-hal lain yang juga wajib diperhatikan tapi terkadang luput. Satu diantaranya soal remote kunci mobil.

Baca juga: 8 Bagian Mobil yang Wajib Dicek Sebelum Berangkat Mudik Lebaran

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Fungsi Remote Kunci Mobil

Bukan Cuma Mesin dan Kaki-kaki, Pengecekan Kendaraan Sebelum Mudik Jangan Lupakan Baterai Remote Kunci 01

Untuk membuka dan mengunci pintu mobil dari jarak jauh

Mobil-mobil modern umumnya sudah dibekali remote kunci. Bahkan di mobil kelas menengah ke atas ada yang sudah mendapatkan fitur keyless entry atau smart entry. Apa sih artinya?

Sesuai namanya, remote kunci berfungsi untuk membuka atau mengunci pintu mobil dari jarak jauh. Perangkat ini bekerja menggunakan frekuensi melalui transmiter. Untuk bisa mengaktifkan remote, komponen itu membutuhkan baterai listrik yang biasanya berbentuk bulat seukuran baterai jam tangan.

Bukan Cuma Mesin dan Kaki-kaki, Pengecekan Kendaraan Sebelum Mudik Jangan Lupakan Baterai Remote Kunci 02

Remote ada juga yang berfungsi sebagai smart key

Sementara fitur keyless entry atau smart entry jauh lebih advanced. Sebab untuk membuka dan mengunci pintu mobil tak perlu lagi menekan tombol yang ada di remote. Cukup dekatkan smart key pada gagang pintu, maka kunci mobil bisa otomatis terbuka. Remote model ini juga sekaligus mengaktifkan tombol Start/Stop Engine.

Baca juga: Tekanan Angin Ban Buat Mudik 2023, Apakah Lebih Aman dengan Kelebihan Angin?

Tanda Baterai Remote Mobil Habis

Komponen utama pada remote mobil adalah baterai. Namun seperti halnya perangkat lain pada sebuah kendaraan, baterai ini juga memiliki usia pakai. Dikutip dari laman Daihatsu Indonesia, Ada beberapa tanda baterai remote mobil telah habis yang perlu Anda ketahui dan masuk dalam list pengecekan kendaraan sebelum mudik.

1. Kinerja Remote Berkurang

Bukan Cuma Mesin dan Kaki-kaki, Pengecekan Kendaraan Sebelum Mudik Jangan Lupakan Baterai Remote Kunci 03

Tombol remote harus ditekan berkali-kali baru kunci pintu terbuka

Baterai remote mobil yang mau habis, dapat menyebabkan daya respons remote melemah. Paling terlihat adalah remote jadi makin sulit untuk membuka kunci atau menyalakan mesin mobil.

Kalau biasanya remote mobil dapat menjangkau sinyal hingga jarak 20 meter dalam kondisi normal, maka ketika baterai mulai lemah, remot harus di dekatkan atau bahkan ditempel, baru kunci bisa terbuka. Bahkan bisa saja tidak ada respons sama sekali dari mobil walau tombol remote sudah ditekan berulang.

2. Indikator Lampu pada Remote Mati

Bukan Cuma Mesin dan Kaki-kaki, Pengecekan Kendaraan Sebelum Mudik Jangan Lupakan Baterai Remote Kunci 04

Remote harus didekatkan ke gagang pintu

Setiap remote kunci termasuk smart key dibekali dengan indikator lampu. Ketika Anda menekan tombol maka indikator lampu tersebut akan menyala terang.

Jika indikator lampu berwarna merah atau hijau tersebut redup, maka kondisi baterai sudah mulai habis. Jika baterainya sudah benar-benar kehabisan daya listrik maka indikator lampu remote mobil akan mati total.

Baca juga: 7 Barang-Barang di Mobil yang Terlihat Sepele Padahal Wajib Dibawa Saat Mudik

3. Mobil Sama Sekali Tak Bereaksi

Bukan Cuma Mesin dan Kaki-kaki, Pengecekan Kendaraan Sebelum Mudik Jangan Lupakan Baterai Remote Kunci 05

Tombol Start/Stop jadi tidak berfungsi

Tanda paling final ketika baterai remote mobil habis adalah mobil tak menunjukkan gejala apapun. Padahal tombol remote sudah ditekan berkali-kai, dan sudah ditempel di dekat gagang pintu atau tombol start/stop engine. Ini terjadi lantaran tak ada sinyal yang bisa dikirim oleh remote ke perangkat mobil akibat tak punya pasokan daya listrik dari baterai.

Cara Mengganti Baterai Remote Mobil yang Mati

Bukan Cuma Mesin dan Kaki-kaki, Pengecekan Kendaraan Sebelum Mudik Jangan Lupakan Baterai Remote Kunci 06

Bongkar bagian belakang remote untuk melepas baterainya

Kalau sudah yakin baterai pada remote tersebut yang kehabisan daya, berikut langkah-langkah yang bisa Anda lakukan ketika hendak mengganti baterai remote mobil.

1. Siapkan Peralatan

Langkah pertama adalah menyiapkan beberapa peralatan seperti pinset atau pisau lipat, obeng plus, obeng minus. 

2. Buka Bagian Belakang Cangkang Remote

Baterai remote umumnya diposisikan pada bagian belakang. Untuk itu Anda harus membuka bagian cangkang remote tersebut. Caranya gunakan obeng untuk melepas semua baut yang tertancap di cangkang remote.

Selanjutnya, cungkil bagian cangkang remote tersebut menggunakan pisau lipat atau pinset. Lakukan secara hati-hati dan perlahan agar cangkang remote tidak baret dan tetap rapat ketika dipasang kembali.

3. Pastikan Ganti dengan Baterai yang Sesuai

Bukan Cuma Mesin dan Kaki-kaki, Pengecekan Kendaraan Sebelum Mudik Jangan Lupakan Baterai Remote Kunci 07

Baterai remote mobil biasanya berbentuk bulat seperti baterai jam tangan

Setelah cangkang remote terbuka, lepas baterai yang sudah habis tersebut dan ganti dengan baterai yang baru. Lakukan penggantian baterai sesuai spesifikasi baterai pada remote.

Jika kurang paham, Anda sebaiknya bawa baterai yang sudah mati itu ke toko elektronik untuk diganti dengan yang baru. Kalau sudah dapat baterai pengganti, pasang dengan hati-hati, dan pastikan baterai tidak terbalik ketika di pasang.

4. Pasang Kembali Cangkang Remote

Langkah selanjutnya, Anda bisa menutup remote mobil dan memasang baut sesuai dengan posisi semula. Jika sudah terpasang lakukanlah pengetesan. Apabila pintu bisa terkunci otomatis kembali melalui remote, maka proses penggantian baterai berhasil.

Mudah bukan?!

Prasetyo

Editor

Menggeluti bidang jurnalistik otomotif sejak 2009 selaras dengan hobinya dalam memodifikasi mobil. Apalagi karakteristik yang berbeda dari setiap kendaraan yang dibuat oleh masing-masing pabrikan, terus menumbuhkan minatnya di dunia otomotif hingga saat ini.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Cek penawaran terbaik dalam 24 Jam!

2021 Toyota Raize 1.0T G MT

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil