window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Bukan Cuma Minibus Listrik, Damri Juga Uji Coba Bus Listrik dari Korea Selatan!

Adit · 28 Nov, 2021 11:00

Bukan Cuma Minibus Listrik, Damri Juga Uji Coba Bus Listrik dari Korea Selatan! 01

Damri rupanya tidak hanya menguji coba minibus listrik DFSK Gelora E. Perusahaan transportasi milik negara itu ternyata juga menambah armada barunya dengan bus listrik yang beroperasi di Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten. 

Langkah ini termasuk ke dalam perayaan hari jadi Perum Damri ke-75. Dirjen Perhubungan Darat Budi Setiyadi turut mengapresiasi apa yang dilakukan Damri. Hal tersebut sejalan dengan program pemerintah dalam rangka popularisasi kendaraan listrik untuk transportasi jalan. 

Bukan Cuma Minibus Listrik, Damri Juga Uji Coba Bus Listrik dari Korea Selatan! 02

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Baca Juga: Dulu Sempat Populer, Ini Alasan Bus Bermesin Depan Sekarang Kalah Pamor Dari Bus Mesin Belakang

"Kemenhub akan menerbitkan beberapa regulasi yakni penggunaan kendaraan listrik sebagai operasional Kementerian Perhubungan, mendorong angkutan umum seperti Transjakarta dan Damri untuk menggunakan bus listrik," demikian kutipan keterangan resmi Dirjen Perhubungan. 

Spesifikasi Bus Listrik Damri, Datang Langsung dari Korea Selatan

Bus tersebut memiliki kelir putih khas Damri. Kemudian pada semua sisinya juga disematkan logo khas perusahaan. Paling mencolok adalah desain keseluruhan bus yang punya kaca besar dari depan dan samping, lalu dibangun menggunakan dek rendah. 

Diketahui bus listrik tersebut bukan besutan MAB milik Moeldoko, atau serupa yang dijadikan armada Transjakarta. Melainkan merupakan produk dari perusahaan kendaraan transportasi dan niaga, Edison Motors asal Korea Selatan. Tampak pada bagian samping depan bus, bertuliskan e-FIBIRD, yang merupakan salah satu produk unggulannya. 

Bukan Cuma Minibus Listrik, Damri Juga Uji Coba Bus Listrik dari Korea Selatan! 01

Mengacu data teknis, bus memiliki ukuran panjang total 11,050 meter, lebar 3,495 meter, dan tinggi 3,480 meter. Lalu ukuran sumbu rodanya 5.400 meter. Adapun kaki-kakinya menggunakan suspensi udara lebar supaya menjanjikan kenyamanan ekstra. 

Bila melihat bagian atap bus listrik tersebut jangan heran ada jendolan berlebih. Ternyata bagian itu sebagai tempat meletakkan baterainya. Dan hebatnya lagi, selain bisa dicas biasa, baterainya itu bisa di-swap menggunakan mekanisme copot dan pasang pakai robotik. Belum diketahui apakah Damri turut membawa teknologi tersebut atau tidak. 

Bukan Cuma Minibus Listrik, Damri Juga Uji Coba Bus Listrik dari Korea Selatan! 02

Baca Juga: Mengenal Bus Mercedes-Benz OH 1521, Si Setir Tampah, Torsi Melimpah

Dari spesifikasinya, baterai bus berkapasitas 51 kWh, 626,6 Volt. Bukan cuma satu, tapi dua baterai, sehingga kapasitas totalnya 102 kWh. Tenaga yang mampu diproduksi mencapai 220 kW atau 299 PS. Kemudian torsinya 1.127 Nm dan kemampuan jarak tempuh 76 kilometer. 

Ada satu produk bus listrik e-Fibird lain yang baru. Yang satu ini boleh dibilang versi penyempurnaan dari sebelumnya. Karena menggunakan baterai yang lebih besar hingga 272 kWh. Menjanjikan tenaga 435 PS dan torsi 2.200 Nm. Daya jelajahnya juga makin jauh sekitar 378 kilometer. 

Bukan Cuma Minibus Listrik, Damri Juga Uji Coba Bus Listrik dari Korea Selatan! 03

Hanya saja secara dimensi sedikit lebih kecil dengan panjang 10,990 meter, lebar 2,495 meter, dan tinggi 3,390 meter. Namun wheelbase bus sama-sama 5,400 meter. Baterainya juga diletakkan di atap bus. 

Kemudian keseluruhan jantung mekanis bus listrik ini ditempatkan pada bagian belakang bawah bus. Itulah mengapa tetap ada gundukan atau jok paling belakang diposisikan tinggi, karena di bawahnya merupakan ruang motor listrik beserta kompresor AC-nya yang bekerja. 

Baca Juga: Tenaga Lebih Besar, Apa Keunggulan Lain Bus Volvo B11R Dibanding Scania K410IB?

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Harga tukar tambah yang adil

Daihatsu Rocky hybrid 2022

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil
Electric Cars Indonesia