window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Bukan Cuma Sebagai Mobil Keluarga, Mitsubishi Xpander Juga Jadi Mobil Reli

Yongki Sanjaya · 4 Jun, 2020 17:00

Bukan Cuma Sebagai Mobil Keluarga, Mitsubishi Xpander Juga Jadi Mobil Reli 01


​​​​Hadir sebagai mobil keluarga, rupanya mbil Xpander juga punya potensi lain yang lebih beringas. MPV jagoan Mitsubishi di Indonesia ini juga digunakan sebagai basis untuk mobil reli. Proyek Xpander AP4 ini digagas langsung oleh Rifat Sungkar selaku Brand Ambassador Mitsubishi di Indonesia bersama PT MMKSI untuk membawa sebuah mobil keluarga ke ajang balap reli.

Pereli nasional ini sukses membuat tampilan ekstrem pada mobil keluarga Mitsubishi Xpander. Mobil Xpander AP4 ini dimodifikasi dengan standar AP4 sehingga layak untuk bisa mengikuti kejuaraan reli baik nasional maupun internasional. AP4 merupakan inovasi terbaru dalam dunia reli yang ada di kawasan Asia Pasifik.

Sosok Xpander mobil AP4 ini sempat hadir di ajang IIMS 2019 lalu. Regulasi FIA (Federation Internationale de l’Automobile) terhadap AP4 yaitu memperbolehkan jenis kendaraan terbaru yang juga digunakan dalam kebutuhan sehari-hari untuk dimodifikasi.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Bukan Cuma Sebagai Mobil Keluarga, Mitsubishi Xpander Juga Jadi Mobil Reli 01

“Semua berawal bukan cuma dari khayalan dan mimpi, tapi dengan tekad bersama. Akhirnya, mobil ini terwujud dan siap menjadi mobil MPV pertama yang akan berlaga di ajang reli,” ujar Rifat.

Lebih lanjut, regulasi MP4 ini harus menggunakan basis kendaraan harian yang diproduksi dan dijual secara massal di pasaran. Ini membuat kompetisi reli dunia saat ini menjadi lebih modern dibandingkan generasi sebelumnya.

Kehadiran mobil X pander AP4 tersebut juga mengikuti langkah Mitsubishi Pajero Sport. Rifat Sungkar sempat menggunakan SUV tangguh ini dalam gelaran Speed Offroad di Tanah Air. Selain Mitsubishi Pajero Sport,  Mitsubishi Triton yang dipiloti Rifat sukses menghasilkan pertarungan yang sengit dengan mobil tubular dan membawa pulang podium kemenangan.

Bukan Cuma Sebagai Mobil Keluarga, Mitsubishi Xpander Juga Jadi Mobil Reli 02

“Dari pertama kali mencoba Xpander di Okazaki, Jepang, saya tahu nih ada sesuatu yang beda dari mobil ini. Untuk sebuah mobil MPV, mobil X pander ini saya nilai punya handling yang mirip seperti Mitsubishi Evolution X. Saya bahkan sampai bertanya detail sama engineer Mitsubishi di Jepang,” beber Rifat.

Pereli nasional ini sukses membuat tampilan ekstrem pada mobil keluarga Mitsubishi Xpander. Rifat sengaja membangun Mitsubishi Xpander sebagai mobil MPV pertama di dunia yang akan berlaga di ajang balap reli. Ia memiliki firasat jika Xpander bukanlah mobil keluarga biasa.

Mobil Mitsubishi Xpander memiliki total 8 tipe dengan Mitsubishi Xpander GLX sebagai varian terendah. Harga Mitsubshi Xpander 2020 berkisar dari Rp 243 juta hingga Rp 275 jutaan. Harga mobil Xpander ini tidak beda jauh dengan charga expander 2019.

Pengembangan mobil Xpander fokus pada kekuatan, ketahanan termasuk impresi dan kemampuan kendara yang fenomenal. Didukung pengalaman Rifat sebagai pereli kawakan di Indonesia, tentunya diharapkan Xpander AP4 dapat meraih prestasi melebihi Pajero Sport dan Triton sebelumnya.

Yongki Sanjaya

Editor

Berpengalaman di beberapa media online. Bermula menjadi reporter otomotif di situs yang lain hingga kini menjadi Editor di Autofun Indonesia. Penghobi mobil lawas dan anak 90-an banget. FB:Yongki Sanjaya Putra

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Beli mobil lebih murah, jual mobil lebih cepat

Mitsubishi Xpander Upcoming 2023

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil